PREFERENSI KONSUMEN USIA 15-44 TAHUN TERHADAP VARIAN RASA, WARNA, BENTUK KEMASAN, DAN UKURAN KEMASAN YOGHURT DRINK DI KOTA SEMARANG

BIRGITTA, KIKI VANIA (2023) PREFERENSI KONSUMEN USIA 15-44 TAHUN TERHADAP VARIAN RASA, WARNA, BENTUK KEMASAN, DAN UKURAN KEMASAN YOGHURT DRINK DI KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text
18.I1.0065-KIKI VANIA BIRGITTA-COVER_a.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
18.I1.0065-KIKI VANIA BIRGITTA-BAB I_a.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text
18.I1.0065-KIKI VANIA BIRGITTA-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img]
Preview
Text
18.I1.0065-KIKI VANIA BIRGITTA-BAB III_a.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18.I1.0065-KIKI VANIA BIRGITTA-BAB IV_a.pdf

Download (912kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18.I1.0065-KIKI VANIA BIRGITTA-BAB V_a.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18.I1.0065-KIKI VANIA BIRGITTA-BAB VI_a.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18.I1.0065-KIKI VANIA BIRGITTA-DAPUS_a.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18.I1.0065-KIKI VANIA BIRGITTA-LAMP_a.pdf

Download (971kB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan masyarakat harus melakukan pola hidup sehat dengan cara memperhatikan pola makan yang sehat dan bergizi. Salah satu cara mempertahankan pola makan sehat yaitu dengan mengonsumsi produk minuman sehat seperti yoghurt. Yoghurt merupakan olahan pangan fungsional karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kekebalan tubuh, dan menurunkan kadar kolestrol tubuh. Produk yoghurt di pasaran memiliki peluang untuk dilakukan pengembangan misalnya dari segi rasa, warna, ukuran serta bentuk kemasan. Penelitian mengenai preferensi konsumen terhadap produk yoghurt dilakukan untuk mengetahui varian rasa baru yang potensial untuk dikembangkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui preferensi konsumen usia 15-44 tahun terhadap varian rasa, warna, bentuk, dan ukuran kemasan di Kota Semarang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan kuisioner yang disebarkan melalui media sosial yang ditujukan kepada orang yang berdomisili di Kota Semarang dengan berbagai macam kelompok usia. Hasil yang didapatkan yaitu masyarakat di Kota Semarang paling banyak memilih varian rasa yoghurt drink blueberry dengan warna ungu muda dengan ukuran 250 mL dan bentuk kemasan botol. Frekuensi konsumsi yoghurt drink masyarakat Kota Semarang paling banyak yaitu dalam kurun waktu 1-3x seminggu dengan lokasi pembelian terbanyak di minimarket (Indomaret, Alfamart). Atribut yang paling banyak digemari oleh masyarakat Kota Semarang yaitu rasa dan tingkat keasaman agak asam. Untuk rasa dan warna yoghurt drink yang sudah ada di pasaran, kelompok usia 15-29 tahun paling banyak memilih varian rasa blueberry dengan warna ungu muda, sedangkan kelompok usia 30-44 tahun paling banyak memilih varian rasa strawberry dengan warna merah muda. Ukuran kemasan dan bentuk kemasan yoghurt drink yang sudah ada di pasaran yang dipilih oleh kelompok usia 15-29 tahun dan 30-44 tahun yaitu ukuran 250 mL dengan bentuk botol. Untuk rasa, warna, ukuran kemasan, dan bentuk kemasan yoghurt drink yang belum ada di pasaran, kelompok usia 15-29 tahun dan 30-44 tahun memilih rasa durian yang berwarna kuning pastel dengan ukuran 350 mL dan bentuk kemasan cup (2 rasa). Faktor personal seperti usia dapat mempengaruhi konsumen dalam membeli produk. Varian rasa dan warna baru yang berpotensi untuk dikembangkan yaitu durian dengan warna kuning pastel dan buah naga dengan warna merah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Beverage Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 31 Mar 2023 02:21
Last Modified: 31 Mar 2023 02:21
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31297

Actions (login required)

View Item View Item