HUBUNGAN ANTARA STRES AKADEMIK DENGAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA MAHASISWA

Pratiwi, Cornelia Vionita (2022) HUBUNGAN ANTARA STRES AKADEMIK DENGAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA MAHASISWA. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.E1.0143-Cornelia Vionita Pratiwi-COVER_a.pdf

Download (621kB)
[img] Text
17.E1.0143-Cornelia Vionita Pratiwi-BAB I_a.pdf

Download (249kB)
[img] Text
17.E1.0143-Cornelia Vionita Pratiwi-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
17.E1.0143-Cornelia Vionita Pratiwi-BAB III_a.pdf

Download (248kB)
[img] Text
17.E1.0143-Cornelia Vionita Pratiwi-BAB IV_a.pdf

Download (259kB)
[img] Text
17.E1.0143-Cornelia Vionita Pratiwi-BAB V_a.pdf

Download (184kB)
[img] Text
17.E1.0143-Cornelia Vionita Pratiwi-BAB VI_a.pdf

Download (173kB)
[img] Text
17.E1.0143-Cornelia Vionita Pratiwi-DAPUS_a.pdf

Download (279kB)
[img] Text
17.E1.0143-Cornelia Vionita Pratiwi-LAMP_a.pdf

Download (917kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres akademik dengan motivasi belajar dalam pembelajaran online pada mahasiswa. Hipotesis yang diajukkan “adanya hubungan negatif antara stres akademik dengan motivasi belajar dalam pembelajaran online pada mahasiswa”. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang angkatan 2021. Penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling. Jumlah keseluruhan subjek adalah 65 mahasiswa aktif. Alat ukur yang dipakai pada penelitian ini adalah skala stres akademik dan skala motivasi belajar dalam pembelajaran online pada mahasiswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment Pearson. Hasil penelitian menunjukan korelasi sebesar rxy = -554 dengan nilai p sebesar 0,000 (p<0,01) sehingga hasil tersebut memiliki hubungan negatif yang sangat signifikan antara stres akademik dengan motivasi belajar dalam pembelajaran online pada mahasiswa. Hipotesis diterima dengan sumbangan efektif sebesar 30,7%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 153 Intelligence > Motivation
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 10 Oct 2022 06:13
Last Modified: 10 Oct 2022 06:13
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/29669

Actions (login required)

View Item View Item