MANAJEMEN PERIKLANAN MAJALAH SALAM DAMAI PERIODE TAHUN 2022

KURNIAWAN, VINCENT JEREMIA (2023) MANAJEMEN PERIKLANAN MAJALAH SALAM DAMAI PERIODE TAHUN 2022. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
19.M1.0034-VINCENT JEREMIA KURNIAWAN-COVER_a.pdf

Download (891kB)
[img] Text
19.M1.0034-VINCENT JEREMIA KURNIAWAN-BAB I_a.pdf

Download (274kB)
[img] Text
19.M1.0034-VINCENT JEREMIA KURNIAWAN-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
19.M1.0034-VINCENT JEREMIA KURNIAWAN-BAB III_a.pdf

Download (196kB)
[img] Text
19.M1.0034-VINCENT JEREMIA KURNIAWAN-BAB IV_a.pdf

Download (758kB)
[img] Text
19.M1.0034-VINCENT JEREMIA KURNIAWAN-BAB V_a.pdf

Download (184kB)
[img] Text
19.M1.0034-VINCENT JEREMIA KURNIAWAN-DAPUS_a.pdf

Download (234kB)
[img] Text
19.M1.0034-VINCENT JEREMIA KURNIAWAN-LAMP_a.pdf

Download (4MB)

Abstract

Majalah Salam Damai merupakan majalah bulanan untuk umat Katolik di ruang lingkup Jawa Tengah dan Yogyakarta. Pada penelitian ini, peneliti berfokus pada manajemen periklanan yang dilakukan Majalah Salam Damai pada tahun 2022. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, dengan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Majalah Salam Damai merupakan majalah lokal karena ruang lingkup peredaran yang terbatas yakni di lingkungan Keuskupan Agung Semarang (KAS) dan gereja, Majalah Salam Damai bukan merupakan majalah komersial karena tidak berfokus untuk mencari keuntungan melainkan sebagai media komunikasi antar umat Katolik di lingkup Keuskupan Agung Semarang. Majalah Salam Damai telah melakukan kegiatan perencanaan penawaran iklan, namun hanya dilakukan pada saat periode event-event tertentu saja seperti Paskah, Natal dan HUT Keuskupan Agung Semarang. Majalah Salam Damai telah melakukan kegiatan pelaksanaan manajemen periklanan dengan melakukan penawaran iklan melalui proposal dan surat resmi penawaran iklan yang dikirimkan kepada pengiklan. Majalah Salam Damai melakukan evaluasi ketika jumlah pengiklan tidak mencapai target dengan cara membandingkan jumlah pengiklan dengan majalah rohani lainnya seperti Majalah Inspirasi dan Majalah Utusan. Kesimpulan berdasarkan penelitian ini yaitu Majalah Salam Damai telah melakukan manajemen periklanan yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, namun hanya dilakukan saat menjelang event dan perayaan Katolik saja seperti Paskah, Natal, atau HUT Keuskupan Agung Semarang. Kata Kunci: Manajemen Periklanan, Media Cetak, Majalah, Majalah Salam Damai

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 050 Magazines, journals & serials
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 659 Advertising and public relations
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 12 Jun 2023 00:54
Last Modified: 12 Jun 2023 00:54
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31978

Actions (login required)

View Item View Item