ANALISIS SWOT PADA SIBUTTER.ID TEGAL

WIBOWO, MARIO RONALDO HARSONO (2023) ANALISIS SWOT PADA SIBUTTER.ID TEGAL. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.D1.0031-MARIO RONALDO HARSONO WIBOWO-COVER_a.pdf

Download (578kB)
[img] Text
18.D1.0031-MARIO RONALDO HARSONO WIBOWO-BAB I_a.pdf

Download (318kB)
[img] Text
18.D1.0031-MARIO RONALDO HARSONO WIBOWO-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text
18.D1.0031-MARIO RONALDO HARSONO WIBOWO-BAB III_a.pdf

Download (185kB)
[img] Text
18.D1.0031-MARIO RONALDO HARSONO WIBOWO-BAB IV_a.pdf

Download (304kB)
[img] Text
18.D1.0031-MARIO RONALDO HARSONO WIBOWO-BAB V_a.pdf

Download (114kB)
[img] Text
18.D1.0031-MARIO RONALDO HARSONO WIBOWO-DAPUS_a.pdf

Download (230kB)
[img] Text
18.D1.0031-MARIO RONALDO HARSONO WIBOWO-LAMP_a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sektor industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor andalan dalam pertumbuhan ekonomi saat ini. Sibutter.id merupakan bisnis yang bergerak di bidang makanan dan minuman dengan menu utama croffle dan waffle yang berdiri sejak bulan Juni 2021. Namun, seiring berjalannya waktu, keuntungan dari bisnis ini semakin menurun. Untuk mempertahankan bisnis serta meningkatkan keuntungannya, maka diperlukan analisis strategi SWOT. Analisis SWOT dilakukan untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dalam suatu organisasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui alternatif strategi pada Sibutter.id Tegal dengan menggunakan analisis SWOT. Penelitian dilakukan di outlet Sibutter.id. terdapat 3 kelompok responden, yaitu responden pemilik, karyawan, dan konsumen. Populasi penelitian ini adalah semua konsumen Sibutter.id dan diambil 30 konsumen sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara dan pengisian kuesioner. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer. Data dianalisis dengan teknik SWOT. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat beberapa alternatif strategi untuk Sibutter.id, yaitu SO strategies (menggunakan banyak varian rasa dan pelayanan yang menarik, memberi harga terjangkau dan layanan aplikasi ojek online, memberi banyak promo menarik), WO strategies (membuat banyak konten promosi dan mempersingkat waktu pelayanan), ST strategies (memberi promo menarik dan memperbanyak varian rasa), dan WT strategies (membuat konten promosi yang menarik). Saran dari penelitian ini adalah mempercepat waktu pelayanan, memperbanyak konten di Instagram, menyediakan tempat menunggu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:11
Last Modified: 05 Jun 2023 02:11
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31896

Actions (login required)

View Item View Item