STEREOTIPE GENDER TENTANG GAYA HIDUP, PENGETAHUAN PRODUK, PENILAIAN DAN PERILAKU KONSUMSI CROFFLE PADA ORANG DEWASA

SUSANTI, ETHELDREDA ARINI (2023) STEREOTIPE GENDER TENTANG GAYA HIDUP, PENGETAHUAN PRODUK, PENILAIAN DAN PERILAKU KONSUMSI CROFFLE PADA ORANG DEWASA. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
16.I1.0009-Etheldreda Arini Susanti-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
16.I1.0009-Etheldreda Arini Susanti-BAB I_a.pdf

Download (312kB)
[img] Text
16.I1.0009-Etheldreda Arini Susanti-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
16.I1.0009-Etheldreda Arini Susanti-BAB III_a.pdf

Download (422kB)
[img] Text
16.I1.0009-Etheldreda Arini Susanti-BAB IV_a.pdf

Download (237kB)
[img] Text
16.I1.0009-Etheldreda Arini Susanti-BAB V_a.pdf

Download (214kB)
[img] Text
16.I1.0009-Etheldreda Arini Susanti-DAPUS_a.pdf

Download (228kB)
[img] Text
16.I1.0009-Etheldreda Arini Susanti-LAMP_a.pdf

Download (462kB)

Abstract

Produk croffle merupakan makan yang berasal dari Korea dan sedang diminati oleh masyarakat Indonesia terutama pada dewasa awal. Croffle populer di Korea setelah Kang Min-kyung memperkenalkan makanan croffle dan dijadikan sebagai makanan favorit. Croffle termasuk dalam kategori pastry dan bentuk adonan sebelum menjadi croffle adalah croissant. Pada perilaku gaya hidup, pengetahuan produk, sikap, penilaian dan perilaku konsumsi antara laki-laki dan perempuan berbeda, pada tingkatan umur juga mempengaruhi. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui stereotipe gender pada dewasa awal yang dibedakan menjadi tiga tingkatan umur (usia 15-18, usia 19-25, dan usia 26-30). Serta untuk mengetahui pengaruh gaya hidup, pengetahuan produk, sikap, penilaian dan perilaku konsumsi pada laki-laki dan perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey pada masyarakat yang ada di sekitar kota Semarang. Survey dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner dengan media google form dan wawancara. Didapatkan sebanyak 187 reponden yang digunakan dan sudah direduksi. Kemudian dilakukan uji deskriptif, uji beda dan uji hubungan. Uji beda pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan SPSS yaitu uji Kruskal Wallis dan uji Mann Whitney. Uji beda dilakukan untuk mengetahui ada tidak perbedaan yang nyata antara jenis kelamin responden dan tingkatan umur responden. Sedangkan untuk uji hubungan menggunakan uji kendall tau-b, dan didapatkan hasil dimana perilaku gaya hidup dan penilian terdapat memiliki hubungan yang nyata dan kuat pada laki-laki dan perempuan, sedangkan pada pendapatan mendorong konsumen untuk mengkonsumsi terutama perempuan dengan nilai korelasi 0,197 dan status dengan nilai korelasi 0,233 namun untuk pengetahuan produk tidak didapatkan hubungan yang kuat terhadap jenis kelamin maupun tingkatan umur. Pada hasil rank didapatkan bahwa ada perbedan pengeluaran pada laki-laki dan perempuan dari penghasilan, semakin tinggi penghasilan dan jumlah medsos maka pengeluaran akan besar juga dengan hasil rank jenis kelamin perempuan pada jumlah medsos 9,75 pada pendapatan Rp. 500.000 – Rp. 1.400.000 dan pendapatan Rp. 1.400.000 - Rp. 2.800.000 dengan nilai rank 11. Hasil dari penilitian ini dapat disimpulkan bahwa perilaku gaya hidup dan pengeluaran mempengaruhi perilaku konsumsi croffle, namun untuk pengetahuan produk tidak menjadi peran utama yang mempengaruhi perilaku konsumsi produk croffle. Pada hasil penelitian ini tidak ada perbedan gender yang signifikan dari pengetahuan produk croffle, perilaku konsumsi croffle dan juga penilian pada produk croffle sedangkan pada gaya hidup terdapat perbedaan yang signifikan pada laki-laki dan perempuan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology > Life Style
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 30 Mar 2023 01:41
Last Modified: 30 Mar 2023 01:41
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31274

Actions (login required)

View Item View Item