PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PENGUNGKAPAN DIRI/SELF DISCLOSURE REMAJA KOTA SEMARANG (STUDI PADA MAHASISSWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO ANGKATAN 2019)

DUTASUARI, CINTIA POPPY (2022) PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PENGUNGKAPAN DIRI/SELF DISCLOSURE REMAJA KOTA SEMARANG (STUDI PADA MAHASISSWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO ANGKATAN 2019). Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
18.M1.0026-CINTIA POPPY DUTASUARI-COVER_a.pdf

Download (826kB)
[img] Text (BAB I)
18.M1.0026-CINTIA POPPY DUTASUARI-BAB I_a.pdf

Download (845kB)
[img] Text (BAB II)
18.M1.0026-CINTIA POPPY DUTASUARI-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text (BAB III)
18.M1.0026-CINTIA POPPY DUTASUARI-BAB III_a.pdf

Download (897kB)
[img] Text (BAB IV)
18.M1.0026-CINTIA POPPY DUTASUARI-BAB IV_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
18.M1.0026-CINTIA POPPY DUTASUARI-BAB V_a.pdf

Download (415kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
18.M1.0026-CINTIA POPPY DUTASUARI-DAPUS_a.pdf

Download (527kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18.M1.0026-CINTIA POPPY DUTASUARI-LAMP_a.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sebagai makhluk sosial, komunikasi dan interaksi merupakan bagian dari pemenuhan kebutuhan hidup setiap manusia. Komunikasi yang terjadi menciptakan interaksi sosial dengan orang lain baik secara langsung maupun melalui media online seperti media sosial yang diminati banyak remaja saat ini untuk membagikan perasaan, kehidupan pribadi dan aktivitasnya. Salah satu media sosial yang disukai dan diminati remaja saat ini yaitu media sosial TikTok. Dalam penggunaannya aplikasi TikTok membuat para remaja menjadi melakukan pengungkapan diri/self disclosure. Pengungkapan diri yang dilakukan remaja dalam video TikTok yang diunggah memberikan ruang kepada orang lain untuk menilai dan ikut merasakan apa yang terjadi dan apa yang dirasakan. Namun pengungkapan diri yang dilakukan pada aplikasi TikTok secara berlebihan dapat menimbulkan kecanduan dan menyebarkan ujaran kebencian terhadap seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh dan dampak media sosial TikTok terhadap pengungkapan diri/self disclosure remaja kota Semarang studi pada mahasiswa Ilmu Komunikais Universitas Dian Nuswantoro angkatan 2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 72 yang disebar dalam bentuk kuisioner melalui google form. Populasi yang diteliti yaitu mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro angkatan 2019. Teknik sampling yang digunakan teknik purposive sampling dan dianalisis menggunakan determinasi, korelasi dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada perhitungan determinasi mendapatkan variabel X media sosial TikTok berpengaruh pada variabel Y sebesar 53,7%, sedangkan perhitungan korelasi menghasilkan tingkat hubungan antara variabel X media sosial TikTok dengan variabel Y pengungkapan diri berhubungan kuat. Selain itu perhitungan regresi linier sederhana menunjukan bahwa arah variabel X media sosial TikTok terhadap variabel Y peengungkapan diri yaitu positif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions & drives
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 30 Mar 2023 01:20
Last Modified: 30 Mar 2023 01:20
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31248

Actions (login required)

View Item View Item