STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MELAKUKAN SOSIALISASI DIGITALISASI DINAS KOPERASI KOTA SEMARANG

NISA`, ZAHRA MIR`ATUN (2022) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MELAKUKAN SOSIALISASI DIGITALISASI DINAS KOPERASI KOTA SEMARANG. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.M1.0128-ZAHRA MIR`ATUN NISA`-COVER_a.pdf

Download (751kB)
[img] Text
18.M1.0128-ZAHRA MIR`ATUN NISA`-BAB I_a.pdf

Download (206kB)
[img] Text
18.M1.0128-ZAHRA MIR`ATUN NISA`-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
18.M1.0128-ZAHRA MIR`ATUN NISA`-BAB III_a.pdf

Download (204kB)
[img] Text
18.M1.0128-ZAHRA MIR`ATUN NISA`-BAB IV_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
18.M1.0128-ZAHRA MIR`ATUN NISA`-BAB V_a.pdf

Download (197kB)
[img] Text
18.M1.0128-ZAHRA MIR`ATUN NISA`-DAPUS_a.pdf

Download (271kB)
[img] Text
18.M1.0128-ZAHRA MIR`ATUN NISA`-LAMP_a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Seiring berjalannya waktu, pola kegiatan manusia berubah dari konvensional kearah yang lebih modern, yakni melalui pemanfaatan teknologi digital. Dinas Koperasi Kota Semarang menyatakan tantangan baru koperasi tidak hanya sekadar dari cara berbisnis di era digital, melainkan juga dalam mengubah sistem tata kelola data dari konvensional menjadi digital. Terkait dengan upaya digitalisasi koperasi pada jenis pelaporan dan pembaharuan data, Dinas Koperasi Kota Semarang mengadakan sosialisasi ditargetkan kepada para pelaku koperasi di Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi komunikasi Dinas Koperasi Kota Semarang dalam melakukan sosialisasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara, yaitu wawancara dan dokumentasi dengan narasumber dari Dinas Koperasi Kota Semarang. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan strategi komunikasi oleh Dinas Koperasi Kota Semarang dilakukan dengan melaksanakan perencanaan penyampaian informasi yang berfokus pada penyebar luasan pesan dan implementasi program-program yang ingin dicapai, oleh komunikator yang memiliki kredibilitas dan pengetahuan luas. Dengan menargetkan para pelaku koperasi di Kota Semarang, pelaksanaan sosialisasi berjalan dengan lancar dan komunikator mampu menyampaikan materi dengan baik, serta memberi arahan mengenai penggunaan website SIMDAKOP. Satu-satunya kendala yang ditemukan pada saat pelaksanaan sosialisasi terletak pada jaringan internet yang tidak stabil dan tidak memadai. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Sosialisasi Digitalisasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 18 Jan 2023 04:22
Last Modified: 18 Jan 2023 04:22
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30634

Actions (login required)

View Item View Item