HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA MAHASISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING

PANDITA, TIA SETYA (2021) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA MAHASISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
21.E1.0306-TIA SETYA PANDITA-COVER_a.pdf

Download (584kB)
[img] Text
21.E1.0306-TIA SETYA PANDITA-BAB I_a.pdf

Download (275kB)
[img] Text
21.E1.0306-TIA SETYA PANDITA-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
21.E1.0306-TIA SETYA PANDITA-BAB III_a.pdf

Download (239kB)
[img] Text
21.E1.0306-TIA SETYA PANDITA-BAB IV_a.pdf

Download (186kB)
[img] Text
21.E1.0306-TIA SETYA PANDITA-BAB V_a.pdf

Download (237kB)
[img] Text
21.E1.0306-TIA SETYA PANDITA-BAB VI_a.pdf

Download (166kB)
[img] Text
21.E1.0306-TIA SETYA PANDITA-DAPUS_a.pdf

Download (206kB)
[img] Text
21.E1.0306-TIA SETYA PANDITA-LAMP_a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan penyesuaian diri pada mahasiswa selama pembelajaran Daring. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasional, dengan menghubungan dua variabel yaitu, penyesuaian diri sebagai variabel tergantung dan kecerdasan emosi sebagai variabel bebas. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Aktif Universitas Katolik Soegijapranata Semarang angkatan 2018-2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive sampling. Penelitian ini menggunakan dua skala yaitu skala penyesuaian diri dengan 16 item dan skala kecerdasan emosi dengan 20 item. Subjek penelitian yang berhasil didapatkan sebanyak 70 orang, dan menggunakan uji coba terpakai. Peneliti melakukan uji hipotesis menggunakan teknik korelasi Product Moment Pearson, didapatkan nilai P= 0,000 (P< 0,01) dengan nilai rxy = 0,742**. Hipotesis penelitian diterima, adanya hubungan positif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosi dengan penyesuaian diri pada mahasiswa selama pembelajaran Daring. Faktor kecerdasan emosi memiliki sumbangan efektif sebesar 55% terhadap penyesuaian diri pada mahasiswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Emotional Intellegience
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 22 Nov 2021 06:22
Last Modified: 22 Nov 2021 06:22
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/27441

Actions (login required)

View Item View Item