ANALISIS PERSEPSI PEMAKAI HANDPHONE TERHADAP FASILITAS MENU YANG TERSEDIA PADA HANDPHONE MERK NOKIA

SUSANTI, W. IRYA (2004) ANALISIS PERSEPSI PEMAKAI HANDPHONE TERHADAP FASILITAS MENU YANG TERSEDIA PADA HANDPHONE MERK NOKIA. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
97.30.3192 W. Irya Susanti COVER.pdf

Download (159kB)
[img] Text (BAB I)
97.30.3192 W. Irya Susanti BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3192 W. Irya Susanti BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3192 W. Irya Susanti BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3192 W. Irya Susanti BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text (BAB V)
97.30.3192 W. Irya Susanti BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
97.30.3192 W. Irya Susanti DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (55kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
97.30.3192 W. Irya Susanti LAMPIRAN.pdf

Download (88kB)

Abstract

Evolusi media komunikasi lisan berkembang dengan pesat, dimulai dari menggunakan media mulut – ke mulut, alat – alat yang sederhana yang melambangkan kode – kode tersendiri dalam menyampaikan berita – berita tertentu, sampai akhirnya media komunikasi melibatkan kemajuan teknologi agar lebih memudahkan komunikasi antar manusia. Salah satu media komunikasi yang sangat bermanfaat di era millenium ini adalah handphone (telepon seluler) dan idealnya sebuah handphone dapat dimanfaatkan untuk mempermudah komunikasi karena mengurangi hambatan tempat, ruang dan waktu. Dimana saja seseorang berada salama masih ada media pemancar yang mendukung, seseorang dapat dihubungi melalui ponsel tersebut. Dari uraian di atas, peneliti tertarik untuk mengetahui tentang persepsi Pemakai Handphone Merk Nokia, dalam penelitian yang berjudul “ Analisis Persepsi Pemakai Handphone terhadap Fasilitas Menu yang Tersedia pada Handphone Merk Nokia (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang). Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Bagaimana persepsi konsumen terhadap fasilitas menu handphone yang tersedia pada handphone merk Nokia ? 2. Bagaimana peringkat kepentingan dari fasilitas menu handphone merk Nokia ? 3. Fasilitas menu apakah dari handphone merk Nokia yang dibutuhkan tetapi belum tersedia ? Populasi yang menjadi objek penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Soegijapranata Semarang yang menggunakan Handphone Merk Nokia. Data mengenai berapa jumlahnya tidak dapat diketahui secara pasti, maka peneliti menggunakan metode quota sampling yaitu dengan menetapkan jumlah responden sebanyak 100 orang. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-probability sampling dengan Purposive Sampling, dimana pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan berdasarkan syaratsyarat tertentu yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Soegijapranata semarang yang menggunakan Handphone Merk Nokia. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan data adalah kuesioner. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini digunakan alat analisis deskriptif kualitatif, yaitu dengan menggunakan rentang skala. Adapun teori total skor per item maupun rata-rata skor dilakukan berdasarkan rentang skala sebagai berikut ( Husein Umar, 1997 : 170 ): RS = n ( m – 1 ) m Keterangan : RS = rentang skala n = jumlah responden m = jumlah alternatif jawaban item Responden dalam penelitian ini terdiri dari 55 % laki-laki dan 45 % perempuan. Ditinjau dari kelompok usia 20 tahun = 36 orang, kelompok usia 21 tahun = 18 orang, kelompok usia 19 tahun, 22 tahun 23 tahun dan 24 tahun masing-masing 8 orang, kelompok usia 18 tahun = 6 orang, kelompok usia 25 tahun = 1 orang, kelompok usia 26 tahun = 3 orang. Berdasarkan tipe handphone merk Nokia yang digunakan oleh responden saat ini tipe 3310 = 15%, tipe 8250 = 12%, tipe 9210i = 10%, tipe 8210 = 9%, tipe 3315 dan 3330 = 8%, tipe 3610 dan 8310 = 7%, tipe 3530 = 6%, tipe 5510 = 5%, tipe 3210, 3350, 3650, 5210 dan 6100 = 2%, tipe6110 dan 6610 = 1%. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa jumlah total nilai persepsi pemakai Handphone terhadap fasilitas menu yang tersedia pada Handphone merk Nokia dalam penelitian ini adalah 13.404, nilai rata-rata sebesar 382,971, maka tingkat persepsi responden ( Skor 382,971 ) berada ditingkat setuju dengan fasilitas menu yang tersedia pada handphone merk Nokia, yang artinya persepsi terhadap fasilitas menu yang tersedia pada handphone merk Nokia adalah Baik. Peringkat kepentingan 1, atribut yang dinilai penting pertama oleh konsumen : Memori, Pengaturan menu, Pesan atau chatting, Pesan bergambar, Panggilan masuk, Panggilan keluar, Register biaya panggilan, Pengaturan biaya panggilan, Tanda panggilan, Nada dering, Volume dering, Volume dering, Komposer, Pengaturan panggilan, Pengaturan telepon, Pengaturan pengamanan. Peringkat kepentingan 2, atribut yang dinilai penting kedua oleh konsumen : Pengaturan pesan, Layanan info, Panggilan fax atau data, Pesan suara, Panggilan tak terjawab, Pilihan getar, Nada pengingat pesan, nada tombol, nada permainan dan peringatan, Pengaturan Alarm, Pengaturan Jam Pengalihan panggilan masuk, Permainan, kalkulator, Kalender, Infra Merah, Layanan SIM. Peringkat kepentingan 3, atribut yang dinilai penting ketiga oleh kionsumen : Caller Group dan Durasi panggilan. Fasilitas menu dari handphone merk Nokia yang dibutuhkan tetapi belum tersedia, menunjukkan 8 orang responden menjawab sudah tersedia semua / lengkap. Berdasarkan kesimpulan- kesimpulan di atas,maka peneliti mencoba memberikan saran sebagai berikut : 1. Perusahaan masih harus meningkatkan fasilitas menu yang tersedia pada handphone merk Nokia yang masuk kedalam kategori setuju yang berarti baik dan cukup setuju yang berarti cukup baik, atribut yang masuk kedalam kategori tersebut sebanyak 33 atribut, dengan ditingkatkannya atribut-atribut tersebut dimaksudkan agar penilaian responden terhadap ke 33 atribut tersebut dapat masuk kedalam kategori sangat setuju. Kecuali untuk atribut ke 20 yaitu fasilitas menu Komposer dan atribut ke 26 yaitu fasilitas menu pengaturan jam kapasitas penumpang yang banyak karena atribut tersebut dinilai konsumen sangat setuju yang berarti sangat baik. 2. Dari hasil penelitian 3 peringkat kepentingan dari 35 atribut dari fasilitas menu handphone merk Nokia yang ditawarkan oleh pihak produsen maka produsen seharusnya lebih memperhatikan serta mempertahankan kualitas atribut – atribut yang masuk dalam peringkat kepentingan 1, karena atribut – atribut tersebut menjadi perhatian yang utama oleh konsumen. 3. Fasilitas menu dari handphone merk Nokia yang dibutuhkan tetapi belum tersedia dapat menjadi masukan bagi pihak produsen Nokia mengenai atribut yang perlu ada dalam suatu produk handphone, karena mendengarkan informasi tentang keinginan konsumen akan dapat memuaskan serta menjaga agar konsumen loyal untuk menggunakan Handphone Nokia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 25 May 2016 02:20
Last Modified: 25 May 2016 02:20
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9462

Actions (login required)

View Item View Item