ANALISIS BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MEREK HONDA DAN YAMAHA DI KELURAHAN PEKUNDEN KECAMATAN SEMARANG TENGAH

SETYO, GIHARTO (1998) ANALISIS BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MEREK HONDA DAN YAMAHA DI KELURAHAN PEKUNDEN KECAMATAN SEMARANG TENGAH. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
92.30.1377 Giharto Setya COVER.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
92.30.1377 Giharto Setya BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1377 Giharto Setya BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1377 Giharto Setya BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1377 Giharto Setya BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img] Text (BAB V)
92.30.1377 Giharto Setya BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
92.30.1377 Giharto Setya DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
92.30.1377 Giharto Setya LAMPIRAN.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Pe'('ubahan lingkungan· dala!n pr'os€;s perl~e!nban gan suatu negara 8 eC6r'~ langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi kehidupan tata ekonomi. cara-car-e, pemasaran Iflaupun perilali:u konsumen. SeIer-a konsumen juga menunjukkan adanya f.'er'ubahan, yaitu .berkembang dari waktu l-te walttu :;.cr1',a ka:ingino?tn saat· ini i~i dak ~:am a dengan ke1ng i nan yang akan datang _ P.;, r·ubahan s~lel"'a konsl.uoen ant Elr'a lain dapat disebabkau kar'ena .. terU::,"lflE,nel'u6 be r-tarnbah > kem<'1..i 1 ')'; t'ld idikaf"'l, per~:embc.."rl - gan kornunikasi dan tor- ,, ' .-&:;:.( se t'-t- mgan sosia1 terjadi selalu yang :.:em[·dtin J.uaB '/" r'Ubahan -p'erU ba~an menunut pihak rn~ a jem:n ?lo'l"'Say:a~h~S dapa memperbahar-ui pen l~'BJ.anperhadap ko):]sum~w~ . Perkemt an t'l t; pengat huan dan t~ kno lo _ ~ ng Bangat -h1r-- bit" jua:a empe~garuhi di segala bidcmg eg-i ~ an tnu.n~·a ._' Pengat'uh Ron i t. n:,.r,:.. terlibat denga- aclon1 b- ,ran J bal'ang clil asiH~ -I darl dijual di pas . Ba :1\~\k baranji: men' a (: pa ' usan d an Bulit dalam P. sa~a nllY a_ ~envataan teT'£ebut aUJP?k jelas bCihwa tan ,pe\n~ar~aba81secay: lang ... Bung . n 1:el;tnO'tc.~jiiI~?£I.t,i . due;:tl'ilndustri Inubi 1 clan eda rnott.o~' , .lJ,,\t;:u;::;aha l manfa';:IU:an perkembangan t"kncd ~ lem<'roduksi dengan kua 1 i tee f:lel'ta Illod€: y~ ebih canggj h d an menarik. Keadaan :i.n i t.entu SEd a rnf.;mbawa dElJrJpak t.er-.j acli nye per-f;atngan yang $.;tngat ti::tjalO antar. mer·k produk :Jang dihasilkan ol .. ~h masing-mas ing ?~ru sah.aa n, ElepE:-rti hallH'a yang t~!,jadi dCi l alfl pemaBaran sepeda motor·, yang "lana perusahaan-P0 Y'usahaan yang lhe Tnpf'(.Iduks.i .ierli$ t€:r·sebut berusaha rnenarik JioOfjUmen sebanyak-banyaknya berbagai kiat pen.iualan_Perilaku konBUmen sangat penting untuk selalu dianalisiB oleh per'usabaan yang memaBarkan" sepeda motor, agar .japat memenuhi kebutuhannY6 sehingga dapat meningkatkan penjualannya. Perilaku konsumen dalam membeli sepeda motor- dilihat dari cara pembellannya. dapat digolongkan sebagai golongan barang shopping, yaitu barang yang harus dibeli dengan cara menear1 terlebih dahulu dan dalam membelinYB haruB dipertimbangkan secara masek-masek. tentu saje. dalam pembeliannye, koneumen akanlebih selektif dan keputuean pembeliannya eken banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Jumlah kepemilikan Bep~~otor di Semarang tahun 1997 er-d~ta~'8 kata madia Biro PUBat Statistik ( 199B ) u"::",,, aedangkan kepemilikan ada ~ilaY8 Tengah (12. 39%), ) wi~yah kecolJnatan banyak ilaya Kelurah mana rnerk yang f erb (29.80%) clan (25.44%), ', untuk , ditelit en6an dengan~berapa fakto oerhubungan d gao p be[ian ~e~a motor. mitk He Yamaha di I(el ' han Pekunden ~ecamata~~r.anB kodia Semaran khu$uS ~ang jmen angkut aktor har'ga. PT' Clmo::..i e l aya" nan ~y -ani,r~aJ~) ,a s anakan ti e:r!. ini j uga In~n "k kar-epa 8 ~l[lP'1 saat pernr.... h d i lakuk'~n pen :i:-tran ten~ng ~-k pa ling rnempengaruht pembeli. - -d- ateI'. y ang dan be lum yang Per'ffLeealahan yang diajukan dalarr. penelitian adelah apakah ada hubungen yang signifikan antara preduk/harga/ - pro!JIosi/pelayanan dengan keputuBan pembelian motor merk Honda dan Yamaha di Kelurahan Pekunden mat en Semarang Tengah Kodia Semarang. Sedangkan yang hendak dicapai melalui penelitian 1ni sepeda Kecatujuan adalah mengetahui hubungan antara pr'oduk/ harga/promosi/ pelayanan mot_or me r-k Honda dan Yawaha', .Ji K ~lur-ahan Pekunden Kecanlatan SE:mar-ang Tengoh Kodla Semarang. Data yang dibutuhlian dalCilfl penelitian irli me liyuti data sekunder' t tentang gambar-an UlnUln Kelueahan Pekunden yang diperoleh dari Honografi kelur-ahan dan BPS Kodia Semarang} dan data primer (tentang beberapa faktor yang mempengaruhi konsulol;n dalam t,emilikan sepeda mot-or rnerk Honda dun Yaloaha) _ Data ter-sebut dikurnpulkan deng<'1.n menggunakan !Jle t ode kuesioncr. wawancaI-o dan o bse rvasi_ Populasi pe rlelitian ini c.,dalah Aa p.ernilik sepeda m,-)tor merk Ho nda yang berj ~~6~.t€;.~c: amaha Y6.na ber·jurnlah 192 denga nikian reqa r; kes~ . han ber',i umlah 417 orana di K Ul'-ahan Pe - (,le-1l.......Metode neambi lan samp~l dilakukCtn nga'D r Igguna·kan '~Qdei' _J:'r- orsion a l sampling ·" ubi1 den). ( \ Data pr- r er erbukt VA~i t J's fkeJah i>hcf dan relia.bllitCi.s apat dipe Ctl¥a. > lJiialui U~i v1. -di tas kore.lasi Pr'o c:t t10/ en da~ uj-t./'t'e1.i,bi it s a kan rumUB Spearrn r'o n. ' Analisis y.an&: dig lr~aka peneli tian :1.,,1 ,. U >'~\t\.al',al~~_~ lit"Yf d~m kUant i t.atif . AI S.lS ~'alltrc:r\--.:H"'-' fUe~gf:t1.f1'Ia· pel~h"i tungC1. n pE:rh i tungnr ;: (kp.i kuad~ Chi I' u·'1l-e J dan Koefieien Kon tengensy~::;::: .... BerdaS8t-ke.n h-'!!ll ~d-&n~ pembahasan yang telah dilll.kukan daJ;litt dia.-flbi--=l± k- es.impulan bahw& ];.>F1.da tingka t keJ.l~rcayaan (o.))~ 0.05 dan derajat kebebaHan (df) = 4, adalah sebE1.gai berikut: 1. Terdapat hubungan yang cukup kuo.t antara pr-oduk dengan ket:,ut.uean pembe 1 ian set,eci<'1 Inoto!' me!'k Honda Iflaupun (lIet·-k Yamaha, terbukti be$o.rnya ni16.i chi kuadr'at (X;:) lebih tinggi dari nilai chi kuadrat. yang terdapat dalarn tabel distribusi ·probabili tas Xo:!, yaitl.l untuk merk Honda adalah 12,91 > 9.49, dimana bee,ar nya hubungan (C) ac1alah 0,43 yang berarti terdapat hubungan yang cukup kuat dan signifikan, Sedangkan untuk merk Yamaha adalah 11,05 > 9,49, dimana besar-nya hubungan (C) adalah 0,44 yang berarti tE:rdapat hubungan yang cukup kuat dan signifikan. 2. Terdapa t hubungan yang cukup kuat antara harga dengan keputusan pembelian sepeda motor merk Honda maupun rnerk Yamaha . terbukti besarnya nilai chi kuadrat (X-=) lebih tinggi dari nilai chi kuadrat yang terdapat dalam tabel distribusi pro X~, yaitu untuk merk Honda adal:-~h~1~6~, ~2~7~~~~;4~9;" ~ dimana besarnya hubt\ngan (C) • yang hubungan ~'an g cuk dan signifikan .. e' ~kan untuk , ',~ rnerk Yamaha dalah 9 86"""> " "9, 49 , dima besBr-nya hubungan adal- 0,42 vane be~\. te hubune; an y ~ uki'lp ~uat tlan gnifikan . . 3. Terdapat b:ung n ya~~ 0 u kuat a tara dengan ke tU8 P 1 pemt eli¥ se~ I a lUOtOJ me Honda maupun m Yamaha ~ te~k.li beea,rnJa ni chi Kuadrat (~) lebh ~in&g.i· d:ri nilai 'a1 kU~ yang terdapat aJ t abel distribusi ~obar'i X', yaitu untu~~erk ~~~1'~ > 9,4 dimena besarnya hUb~~.\ (C) fida:!l.,ah Q~yang }7 rti tel"'dapat hubungan ya~\ cukuP 'kUat .d~6i n. ian. Sedang! tan untuk merk~~~' 3'"'5 ",~,49, dimana besarnyc. hubungan (C) ada a: • 1 yang berarti terdapat hubungan yang cukup kuat dan signifikan. 4. Terdapat hubungan yang cukup kuat antara pelayanan dengan keputusan pembelian sepeda motor merk Honda maupun merk Yamaha, terbukti besarnya nilei chi kuadrat (X~) lebih tinggi dari nilai chi kuadrat yang terdapat dalarn tabel distribusi {:·robabl1itas X:. yaitu untuk merk Honda adalah 14.00 > 9,49. dimana t.e-sa r nya hubungan (C) ada ] at. 0. 47 yang berC.lrti tel~ci.r.1.pat hubunaan Yi:H'!g cu]mp 'kua1~ d;.in s i.gnifikan . S.::clangk& n unt.uk IfI<::r'k Ycuflah<-J adolab B.8S ::- 9.49 , dimat!." ~·e..t hubungi lf) yang ,::llIi.U):, k!lFtt. d'-i.n f::ign i f j kan __ 1\,::lu)"".;:.hnn Pekunden kecamo t.an Semar'r.lDiF. Tcngah li; I:.j h rfl,,::rrd 1 i h oepeda mo tor met'k Honda . ka r'e n ~ faktol' lirl't"g:i;t. l:.>romosi dan pelayt:1.nElll lebj,h men<:1. r 'j,k at6u l~b.ih Inenillibulk[1.l'i ke p utw-;Rn pembel:tL-I.n, SedangJi.:':ln unt:u);: mer'k Yam&ha lII e rnpunyai keunggulan 'pacta fRJ'i:tor' Pl'O c.iU)~ . Bel:"dasarkan diper'oleh dari f;ebagai ber-ikut: 1. t-Jeng i l1ga t. motel I' mE:~~JI')":la J{"r"n;\ f'e lEt y£il1i::~ n I ~ '6~"~ pacta mo t.m;' in i. t.ahan Irlf::::: } 2, Pr'oduy, Pada (ak tor'~l~~u~ yang d&Yi:l inovHi dcH) dttun- ~iana .:.].::1'1 Y'flng uK:rl''!!=:jif atrakti f f~er' t,a 1:'61 <1Yi."fih' ln :~~:=!::;;;~~t~8~. ~~~~~~·~"I ha.l pi~n :ie · d,i.?at' suku .;~da I '.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Production Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 17 May 2016 07:09
Last Modified: 17 May 2016 07:09
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9291

Actions (login required)

View Item View Item