PERSEPSI KONSUMEN TENTANG RETAILING MIX PADA PASAR SWALAYAN TONG HIEN SEMARANG

LIEM, OEI HONG (1999) PERSEPSI KONSUMEN TENTANG RETAILING MIX PADA PASAR SWALAYAN TONG HIEN SEMARANG. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
94.30.1882 Oei Hong Liem COVER.pdf

Download (213kB)
[img] Text (BAB I)
94.30.1882 Oei Hong Liem BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.1882 Oei Hong Liem BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.1882 Oei Hong Liem BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.1882 Oei Hong Liem BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] Text (BAB V)
94.30.1882 Oei Hong Liem BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
94.30.1882 Oei Hong Liem DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
94.30.1882 Oei Hong Liem LAMPIRAN.pdf

Download (292kB)

Abstract

Semakin banyaknya konsumen dan keanekarasaman keineinan konsumen s erta tingginya persaingan menyebabkan semakln berkembangnya pemikiran perusahaan untuk be rusaha memperoleh leba dalam janeka panjang. Langkah yang dl1akukan perusahaan ant ara lain memperlu6s pasar. meningkatkan kualitas produk. menurunkan harga. meningkatkan e£ektivitas dan ef161ens1. serta memperbalkl sa luran dlstrlbusi dan lainr sebagainya. Kegiatan dlstrlbusi merupakan salah setu keslatan pokok dalam set lap slstem perekonomian. Kegiatan distrlbusi adalah keelatan memindahkan barang dar! produsen ke konsumen. Dalam hal sa lUran dlstribusl. sustu perusahaan dapat langsung memasarkan produknya melalui pedagang eceran, atau dapat pula melalul grosir. Keinginan dan kebutuhan konsumen Makin lama makin kompleks seh1ngga memunculkan "bisn1s eceran dalam skala besar. Supermarket. toserba, pasar swalayan. pasar raya dan sebagalnya, menurut Departemen Perdagangan merupakan biBnie eceran skala be sal' di Indonesia ~gan modal lebih dar i Rp 100.000.000, 00. Toserba (departm store) adalah lembaga usaha eceran delam skala ~ g m ken fungsi niaga yans cukup lengkap dan meqW a ngkan"'"ba ang bervar ias1. Sedanskan supermarket <-Rlear swalayan ~ adalah, embaga usaha ecel'an yang be rSlta~e.~ar yang khusus menju makanan dan atau kebutuhan sehari ari ( Prisma~ 1981 : 2~). Pasar swalaya, Tons H1en meru~ n supe aket yang menyediakan bermaca macam ~ kebutUhan hari-~ ar1 yang dibutuhkan o leh Q;!.nyalr JIIasyar'lkat. baik itu ma'kanan dan mlnuman atau keblol.11db"An ~ehari-har1 :l~ lnn ya. paear swa an 1n1 bergerak dalam ~aha ~eran yarii dapat d1rasakan secara langsung oleh kon'll'lIlen. , D1 dalam ;buat n pene lltian inL penu 1s ~ gadakan penelltian pada 6ar walayan TOng H1en , S maraIli kerena pasar swalayan sebot ~lam keadaan krieis ekonb 1 yang melanda dl Indon 18 mae1h , banya~~sumen ya$g ber a tangan untuk melakukan embelia~ dl pasar swalayan Ta~g Hie~ Pasar Swalayan Tong HI ~ ber'ada dl jalan Sultan Agung /.. 61 Semarang. - 11 Dar1 konsume "ang me l akuk~~lia~di pas a Bwalayan Tong Hlen yang set1 "p-.{fiingguny'a if.~~~iiea J:>erjumla}( 00 orang. Dari 900 orang terseb dij adrk _~02u l~i oleh , ~ elit i dan mengambl1 100 r espond ang "dljadfkan sampel 1 ~uk mewakili papulasi tersebut. • Jenis data yang d n~k~n dalam pene in1 adalah data primer. Data prim ~r~rol.e.h. dit · c a membaglkan daftar pertanyaan selama bulan Apr:i " 9 kepada 100 lndividu konsumen pasar swalayan Tong H1en yang dapat dijadikan sampel dalam penelltlan. Adapun metode pengumpulan data yang diperlukan dapat d ipero leh dengan menggunakan : a. Quesiancr yaitu dengan menggunakan daftar pertanyaan yang diberikan kepada responden untuk mendapatkan jawaban data-data yang dibutuhkan. b. Wawancara ~rai tu teknik pengumpulan data dengan cara wawancara de ngall l'esponden. mengadakan penelltian anal isis mencoba tabel- SedangJtan untuk menja\ .. ab persoalan- persoalan yang telah dinlmus kan, maka digunakan teknik ::"tati stH: dF.' s l>:ript1f yaitu suatu t€;knik analisis yang men&r"'"ambarltan suatu keadaan tertentu dengan dlsertai tabe dan perhitungan prosentaae . Ditlnjau dari sejarahnya pasar swalayan Tong Hien yang d1dil'ikan o l eh \'long Ie Cong, pertama kali muncul pada tahun iv 1952. Pada waktu itu paser swalayan Tong Hlen maslh berupa tolto biase dengan lU8s toka 60 mZ • Toka bersebut kemudlan berkembang dan dlteruskan dari anak Wong Ie Cong sampai aekarang t oka tersebut sudah menjadl pasar Bwalayan Tong Hlen dan dl ter\\skan cucu dari Wong Ie Cong yang bernama Wong Kok Wle. UntUk melaksanakan tugasnya dengan ba1k paser swalaYafl Tong Hlen mengadakan pembagian tugaa yang dlsuBun dalam atruktur organis8s ! yang masih sederhana) dimana peml1iknya merangkap sebagai pimpinan yang membawahl karyawankaryawannya. " Setelah melakukan penelltian maka pene!ltl mendapatkan beberapa keeimpulan sebaga! berlkut : 1 . Persepsi konsumen tentang kenyamanan berbelanja pada paear swalayan Tong Hlen. Sebagian beBar konsumen mempunyal persepsi bahwa jam buka pasar Bwalayan Tong Hlen adalah nyaman, penyediaan taa dan kereta belanja adalah balk. ser ta pengaturan barang yang dilakukan pasar ewalayan Tong Hien adalah baik . Tetapi untuk f aei l itas tempat parkir. sebagian beser konsumen mempu i persepal adalah tidek IUBs. "'A 2. Persepsi konsumen tentang ea e)(arag 'e: b..e:rang; pada paser swalayan Tong Hien. e~ an bese koneumen mempunyal persepai tentang ·'k - flsan" barans untu~ emua bag ian adalah lengkap, " f1d'ala!l\an" barang untuk b~ an perala tan kantor dan e ekola adalah l§.l'lglCap, .....- -ke,Q6.laman" 1>arang untuk bag ian supermarke dan ba~fan de arteme::itore adalah tidak lengkap. 1'.. " ~ 3. Peraepsi kons_. tenens mu'tu ar&ng pa ~ pasa walayan Tong Hien. ~eb gian besar ko~~n mem~unyai reepsi tentang mutu o a~ang y~ g dltawankan a dalah b i~. 4. Persepsi konslIn f~hion level p~da paaar Bwala an Tong Hlen. Konsume mempunyal ~r. ~ps tentang fash ion level pada semua bag a a dalah ba,l]t. 5. Persepsi konsuf\ n tent~ang harga y&ng dltawarkan pa ~ paBar Bwalayan Ton~; Hien. Sebag ia~· b sar konsumen ~empunya1 persepai bahw harg ~ a~an. yang d1tawarKsn p~ bas1an supermarket da ;l;>eralat an kani;.or dan sekolah ada C1I murah, sedangltan harga ;tip.rang Pe-da b g-~partemen Bt[ adalah mahal. "-\. '- ~) / 6. Persepsi konsume c& tang peJ:a:Ylman-te.rhadap ko.D" en yang dilakukan pasar sw ' an Ton~~en~ebagian ~~sar konsumen mempunyai persepsi ntan'g , keremahan pra uniasa adalah ramah, fasil itas kote aa~n yang ~ drseq)a~~erta penataan barang dan interior dala aik. pe~~- . kaa1r adalah ba ik. Sedangkan u [ uk pe'l,!! ~~ dan keterl1batan pramuniaga. serta f a s i litas p e n~ransan . AC. dan musik adalah tidak balk. 7. Persepsi konsumen tentang po tong an harga dan hadlah yang diberikan. Sebagian besar konsumen mempunyal persepai bahwa potongan harga yang diberikan adalah tidak menarik. tetapi hadiah yang d1berlkan pasar swalayan Tong Hien adalah menarik. Dari hasil penelitian dlatas maka saran dari penelitl yang berguna antara lain ada dua bag ian : 1. Baglan kesimpulan yang positif atau yang Budah baik hendaknya. Pasar swal ayan Tong Hien mempertahankan haail penelitian yang balk dan melakukan strategi yans dapat menar1k minat konsumen agar tidak lepas menjadi konsumen Pasar Swalayan Tong Hien. 2. Bas1an negatif dari hasil penelltlan yang tidak baik, mlsalnya t empat Earklr atau yans lalnnya hendaknya plhak Pasar Swalayan Tong Hien dapat mengantisipaei kelemahan te:rsebut dan dapat memberikan pelayanan yang lebih balk lag1 kepada koneumen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Marketing Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 04 May 2016 03:10
Last Modified: 04 May 2016 03:10
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/8936

Actions (login required)

View Item View Item