Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Terhadap Keterikatan Manajer, Motivasi Kerja Dan Kepuasan Manajer Pada Perusahaan

Puspitasari, Margaretha Putri (2020) Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Terhadap Keterikatan Manajer, Motivasi Kerja Dan Kepuasan Manajer Pada Perusahaan. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
16.G1.0015 - Margaretha Putri Puspitasari - COVER.pdf

Download (738kB)
[img] Text (BAB I)
16.G1.0015 - Margaretha Putri Puspitasari - BAB I.pdf

Download (484kB)
[img] Text (BAB II)
16.G1.0015 - Margaretha Putri Puspitasari - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text (BAB III)
16.G1.0015 - Margaretha Putri Puspitasari - BAB III.pdf

Download (625kB)
[img] Text (BAB IV)
16.G1.0015 - Margaretha Putri Puspitasari - BAB IV.pdf

Download (914kB)
[img] Text (BAB V)
16.G1.0015 - Margaretha Putri Puspitasari - BAB V.pdf

Download (266kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16.G1.0015 - Margaretha Putri Puspitasari - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (487kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16.G1.0015 - Margaretha Putri Puspitasari - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Indonesia yang memiliki undang-undang nomer 40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas dimana perusahaan wajib melakukan CSR. Menurut John Elkington dalam Brundtland Report (1987) dalam (Yustisia, 2016) CSR memiliki 3 tipe atau Triple Buttom Line . 3 tipe tersebut yaitu profit, planet, dan people. Maksud dari 3 tipe tersebut adalah bahwa perusahaan tidak boleh hanya mencari laba ekonomi (profit) saja tetapi harus memperhatikan masyarakat sekitar (people) dan memiliki rasa peduli terhadap kelestarian lingkungan (planet) ini. Di era sekarang, CSR mulai dihubungkan dengan keterikatan manajer atau employee engagement. Selain keterikatan manajer dibutuhkannya juga motivasi kerja dari manajer. Perusahaan harus dapat memotivasi manajernya agar mereka dapat terlibat dalam organisas. Hal yang dapat memotivasi manajer adalah rasa tanggung jawab perusahaan terhadap manajer dan itu akan menjadi magnet bagi manajer untuk bekerja lebih giat. Dengan tanggung jawab yang diberikan perusahaan kepada manajer diharapkan manajer akan merasa puas dalam bekerja. Karena jika manajer puas dalam bekerja akan menambah keterikatan manajer yang menyebabkan peningkatan produktivitas yang akan menguntungkan bisnis perusahaan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor tanggung jawab sosial yang berpengaruh terhadap keterikatan manajer, motivasi kerja, dan kepuasan manajer pada perusahaan manufaktur di Kota Semarang. Variabel independen dalam penelitian ini adalah tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dan variabel dependennya adalah keterikatan manajer, motivasi kerja, dan kepuasan manajer. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dari 475 manajer perusahaan dan didapat 41 manajer perusahaan yang terdaftar di Badan Pusat Statistik Kota Semarang. Hasil regresi pertama menunjukan bahwa tanggung jawab sosial berpengaruh terhadap keterikatan manajer. Hasil regresi kedua menunjukan bahwa tanggung jawab social perusahaan berpengaruh terhadap motivasi kerja, dan hasil regresi ketiga menunjukan bahwa tanggung jawab social perusahaan berpengaruh terhadap kepuasan manajer

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Job motivation
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 14 May 2021 02:01
Last Modified: 14 May 2021 02:01
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/24930

Actions (login required)

View Item View Item