Pengaruh Status Sosial Ekonomi, Pengalaman Belajar, Keyakinan Diri, dan Ekspektasi Hasil Mahasiswa Akuntansi Terhadap Tujuan Menjadi Seorang CPA

Pratama, Axel Eksada (2019) Pengaruh Status Sosial Ekonomi, Pengalaman Belajar, Keyakinan Diri, dan Ekspektasi Hasil Mahasiswa Akuntansi Terhadap Tujuan Menjadi Seorang CPA. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text
15.G1.0102 AXEL EKSADA PRATAMA (4.89)..pdf COVER.pdf

Download (702kB)
[img] Text
15.G1.0102 AXEL EKSADA PRATAMA (4.89)..pdf BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text
15.G1.0102 AXEL EKSADA PRATAMA (4.89)..pdf BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
15.G1.0102 AXEL EKSADA PRATAMA (4.89)..pdf BAB III.pdf

Download (635kB)
[img] Text
15.G1.0102 AXEL EKSADA PRATAMA (4.89)..pdf BAB IV.pdf

Download (790kB)
[img] Text
15.G1.0102 AXEL EKSADA PRATAMA (4.89)..pdf BAB V.pdf

Download (74kB)
[img] Text
15.G1.0102 AXEL EKSADA PRATAMA (4.89)..pdf DAPUS.pdf

Download (212kB)
[img] Text
15.G1.0102 AXEL EKSADA PRATAMA (4.89)..pdf LAMP.pdf

Download (2MB)

Abstract

Memasuki zaman yang sedang berkembang seperti sekarang, dalam hal pekerjaan setiap orang dituntut untuk memiliki pengetahuan dan kemampuan yang lebih. Salah satu karir yang dituntut untuk memiliki pengetahuan dan kemampuan adalah karir sebagai seorang akuntan, untuk dapat mengambil sertifikasi profesi akuntansi, sebelum itu syarat yang harus dipenuhi adalah menyelesaikan pendidikan akuntansi terlebih dahulu. Certified Public Accountant of Indonesia (CPA) merupakan sebutan sertifikasi tertinggi profesi akuntan publik di Indonesia. Sebagai Negara yang besar dan padat penduduk, akuntan professional di Indonesia masih belum bisa mencukupi kebutuhan tenaga kerja. Salah satu penyebab profesi sebagai CPA masih sedikit adalah kurangnya minat yang dimiliki oleh mahasiswa jurusan akuntansi dalam menjadi seorang CPA. Melihat rendahnya jumlah CPA di Indonesia maka profesi akuntan dengan gelar CPA masih sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, penelitian ini dibuat untuk membahas variabel apa yang mempengaruhi tujuan mahasiswa dalam menjadi seorang CPA. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Social Cognitive Career Theory (SCCT). Model SCCT ini juga dapat memberikan wawasan prediktif yang kuat untuk menjelaskan mengapa siswa memilih akuntansi utama dan memutuskan untuk mengejar dan mendapatkan gelar karir sebagai CPA. Ada 142 responden yang berpartisipasi menggunakan pendekatan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa status sosial ekonomi responden tidak berpengaruh terhadap pengalaman belajar mahasiswa akuntansi, pengalaman belajar tidak berpengaruh terhadap keyakinan diri mahasiswa akuntansi dan ekspektasi hasil mahasiswa akuntansi, serta keyakinan diri mahasiswa akuntansi tida berpengaruh terhadap tujuannya dalam mengambil gelar CPA. Sementara keyakinan diri berpengaruh signifikan positif terhadap ekspetasi hasil mahasiswa akuntansi dan ekspektasi hasil mahasiswa akuntansi berpengaruh signifikan positif terhadap tujuannya dalam mengambil gelar CPA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 23 Mar 2020 03:30
Last Modified: 09 Oct 2020 02:11
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/20878

Actions (login required)

View Item View Item