ANALISIS PREFERENSI TERHADAP DUA MEREK SUSU KENTAL MANIS COKLAT OLEH SISWA SMP MARIA MEDIATRIX SEMARANG MENGGUNAKAN METODI MULTIATRIBUT

SURYA, YOHANA TANDALIKA (2011) ANALISIS PREFERENSI TERHADAP DUA MEREK SUSU KENTAL MANIS COKLAT OLEH SISWA SMP MARIA MEDIATRIX SEMARANG MENGGUNAKAN METODI MULTIATRIBUT. Other thesis, Prodi Teknologi Pangan Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
05.70.0085 Yohana Tandalika Surya - COVER.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
05.70.0085 Yohana Tandalika Surya - BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
05.70.0085 Yohana Tandalika Surya - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
05.70.0085 Yohana Tandalika Surya - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
05.70.0085 Yohana Tandalika Surya - BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)
[img] Text (BAB V)
05.70.0085 Yohana Tandalika Surya - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
05.70.0085 Yohana Tandalika Surya - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
05.70.0085 Yohana Tandalika Surya - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Susu kental manis merupakan salah satu produk olahan susu yang terus berkembang, ditandai dengan munculnya merek-merek baru. Susu kental manis merupakan produk yang dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis sikap preferensi konsumen terhadap pemilihan antara dua merek susu kental manis coklat yaitu Frisian Flag dan Ultra. Penelitian ini menggunakan Metode Multiatribut yaitu metode yang digunakan untuk mengukur sikap preferensi konsumen terhadap suatu produk yang meliputi atribut warna produk, aroma susu, aroma coklat, kekentalan, rasa manis, rasa coklat,dan rasa lezat atau gurih. Konsumen yang digunakan sebagai responden adalah siswa SMP Maria Mediatrix . Semarang. Kemudian dilakukan uji fisik meli uti uji kekentalan dengan menggunakan Viscometer Clan uji wama dengan menggunak: Chromameter serta dilakukan uji kimia meliputi kadar air, kadar protein, kadar 1 ak' kadar laktosa, kadar sakarosa dan kadar kafein pada dua merek tersebut dan liubungannya dengan tingkat kesukaan konsumen terhadap atribut-atribut sensoris yang dianalisa menggunakan hedonic scale. Nilai sikap preferensi multiatribut kemudian dikelompokkan dalam 5 kategori yaitu skor sikap antara 1 sid 5,79 (Sangat Negatif), antara 5,80 sid 10,59 (Negatif), antara 10,60 sid 15,39 (Netral), antara 15,40 sId 20,19 (positif) dan antara 20,20 sid 24,99 (Sangat Positit). Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap preferensi konsumen terhadap atribut aroma susu, rasa manis dan rasa lezat atau gurih pada s~su kental manis coklat merek Frisian Flag dikategorikan positif dan konsumen menilai semua atribut susu kental manis coklat Frisian Flag lebih tinggi dari pada Ultra. Berdasarkan analisa multiatribut tersebut, dengan nilai jumlah sikap preferensi antar merek tidak berbeda nyata yang berarti bahwa tingkat pemilihan konsumen antara kedua merek sarna.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 660 Chemical engineering > Food Technology > Food Quality
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 22 Dec 2015 02:36
Last Modified: 22 Dec 2015 02:36
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/7107

Actions (login required)

View Item View Item