ANALISIS ISI KOMUNIKASI CSR DJARUM FOUNDATION BIDANG PENDIDIKAN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @Djarumbeasiswaplus

NATASHA, TAN, NIA (2022) ANALISIS ISI KOMUNIKASI CSR DJARUM FOUNDATION BIDANG PENDIDIKAN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @Djarumbeasiswaplus. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.M1.0051-TAN, NIA NATASHA-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
18.M1.0051-TAN, NIA NATASHA-BAB I_a.pdf

Download (248kB)
[img] Text
18.M1.0051-TAN, NIA NATASHA-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text
18.M1.0051-TAN, NIA NATASHA-BAB III_a.pdf

Download (231kB)
[img] Text
18.M1.0051-TAN, NIA NATASHA-BAB IV_a.pdf

Download (11MB)
[img] Text
18.M1.0051-TAN, NIA NATASHA-BAB V_a.pdf

Download (225kB)
[img] Text
18.M1.0051-TAN, NIA NATASHA-DAPUS_a.pdf

Download (237kB)
[img] Text
18.M1.0051-TAN, NIA NATASHA-LAMP_a.pdf

Download (412kB)

Abstract

Dalam suatu perusahaan, diperlukan CSR yang mampu menjalin hubungan antara perusahaan dengan stakeholder atau masyarakat disekitarnya. Penelitian ini berfokus pada CSR di bidang Pendidikan yaitu pada Djarum Foundation. Djarum Foundation memiliki misi untuk meningkatkan sumber daya manusia terutama dalam bidang Pendidikan. Dalam memenuhi misi tersebut, program Djarum Beasiswa Plus memiliki bentuk pertanggungjawaban terhadap stakeholder-nya dengan komunikasi yang beragam melalui media. Media yang digunakan oleh Djarum Foundation adalah media sosial Instagram dengan nama akun @djarumbeasiswaplus. Dalam akun tersebut, Djarum Foundation menjalankan 5 (lima) program CSR seperti memberikan informasi mengenai tips, jadwal seleksi beasiswa, informasi beasiswa, pengumuman beasiswa dan juga quote atau kata-kata dari para lulusan beasiswa @djarumbeasiswaplus. Kelima program tersebut diunggah secara rutin pada akun @djarumbeasiswaplus pada periode bulan Juni hingga Agustus 2022. Atas keterbatasan sumber daya manusia dalam penelitian, penelitian berfokus pada bulan Juni hingga Agustus 2022 dengan tujuan untuk melihat isi komunikasi CSR di akun Instagram @djarumbeasiswaplus. Hal yang diteliti dalam penelitian ini adalah mengenai analisis isi komunikasi CSR Djarum Foundation di akun @djarumbeasiswaplus. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan data primer adalah data di akun instagram @djarumbeasiswaplus pada periode bulan Juni hingga Agustus 2022. Teknik penelitian yang dilakukan penulis adalah dengan melakukan observasi dan dokumentasi terhadap data primer dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa isi komunikasi CSR akun @djarumbeasiswaplus memuat lima hal seperti tips, jadwal seleksi, informasi beasiswa, pengumuman beasiswa dan juga quote dari para lulusan beasiswa. Isi komunikasi CSR memuat poin-poin berupa adanya pemilihan media yang tepat, komunikator dalam menyampaikan pesan dan pesan yang disampaikan sesuai dengan tema di setiap bulannya. Berdasarkan hasil pengamatan, isi komunikasi CSR pada akun @djarumbeasiswaplus memuat karakteristik keterlibatan para penerima pesan atau komunikan dalam menimbulkan motivasi, proses dan hasil demi mencapai tujuan komunikasi CSR. Kata Kunci: CSR, Analisis Isi, Djarum Foundation

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
300 Social Sciences > 370 Education
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 17 Jan 2023 08:21
Last Modified: 08 Feb 2023 07:26
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30618

Actions (login required)

View Item View Item