PENGARUH KAMPANYE “KENDALIKAN SAMPAH PLASTIK” PADA UNGGAHAN INSTAGRAM @DIPTS.KLHK TERHADAP SIKAP PENGIKUTNYA DALAM MENGURANGI PENGGUNAAN PLASTIK

HANNALEE, TAN ERIN (2022) PENGARUH KAMPANYE “KENDALIKAN SAMPAH PLASTIK” PADA UNGGAHAN INSTAGRAM @DIPTS.KLHK TERHADAP SIKAP PENGIKUTNYA DALAM MENGURANGI PENGGUNAAN PLASTIK. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.M1.0013-TAN ERIN HANNALEE-COVER_a.pdf

Download (750kB)
[img] Text
18.M1.0013-TAN ERIN HANNALEE-BAB I_a.pdf

Download (4MB)
[img] Text
18.M1.0013-TAN ERIN HANNALEE-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
18.M1.0013-TAN ERIN HANNALEE-BAB III_a.pdf

Download (260kB)
[img] Text
18.M1.0013-TAN ERIN HANNALEE-BAB IV_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
18.M1.0013-TAN ERIN HANNALEE-BAB V_a.pdf

Download (218kB)
[img] Text
18.M1.0013-TAN ERIN HANNALEE-DAPUS_a.pdf

Download (219kB)
[img] Text
18.M1.0013-TAN ERIN HANNALEE-LAMP_a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Seiring pertumbuhan penduduk, tumpukan sampah juga terus meningkat. Tumpukan sampah di Indonesia berdasarkan data sipsn.menlhk.go.id mencapai 23.694.869,97 ton. Salah satu jenis sampah yang menumpuk adalah sampah plastik. Plastik menjadi bahan umum yang sering ditemukan di kehidupan sehari-hari. Plastik sering ditemukan dalam kemasan produk, alat-alat rumah tangga, alat-alat medis, dan masih banyak lainnya. Tumpukan sampah plastik menjadi salah satu permasalahan lingkungan yang perlu diperhatikan pemerintah. Salah satu penanganan sampah yang dilakukan oleh pemerintah yaitu dengan penguatan keterlibatan masyarakat melalui komunikasi, informasi, dan edukasi dari praktisi public relations. Kegiatan public relations dapat dimanfaatkan untuk memantau dan menganalisis kesadaran, pendapat, prosedur, sikap, dan perilaku publik. Kegiatan public relations di masa sekarang juga berperan aktif melalui media sosial khususnya media sosial Instagram. Dalam media sosial Instagram, terdapat salah satu akun kampanye yang mendukung kegiatan public relations terkait informasi dan edukasi mengenai sampah plastik. Akun tersebut disebutkan sebagai Instagram Direktorat Pengelolaan Sampah atau dikenal dengan nama @ditps.klhk. Unggahan yang dibagikan @ditps.klhk mengarah pada usaha agar pengguna-pengguna Instagram ikut serta dalam aksi mengendalikan sampah plastik. Unggahan yang dibagikan @ditps.klhk selalu menggunakan #kendalikansampahplastik sebagai salah satu bentuk kampanye untuk mengajak khalayak mengubah kebiasaan menggunakan plastik. Kebiasaan tersebut berubah ketika sikap sebagai penentu tindakan terbentuk sesuai dengan tujuan kampanye. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan kuesioner / angket. Pengumpulan data melalui kuesioner dilakukan dengan memberikan pertanyaan tertulis kepada responden pengikut akun @ditps.klhk. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kampanye kendalikan sampah plastik terhadap sikap pengikut Instagram @ditps.klhk dalam mengurangi penggunaan plastik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pernyataan yang dilakukan dalam kampanye bersifat valid dan reliabel dengan taraf 0,671 > 0,6 dan datanya diuji normal dengan taraf 0,197 > 0,05 dengan korelasi bersifat sedang di taraf 0,576. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif antara kampanye (x) kendalikan sampah plastik pada unggahan Instagram @ditps.klhk terhadap sikap pengikutnya (y) dalam mengurangi penggunaan plastik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 659 Advertising and public relations
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 16 Jan 2023 07:01
Last Modified: 16 Jan 2023 07:01
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30599

Actions (login required)

View Item View Item