PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK MEMPERKENALKAN UMKM BANDENG KECAMATAN JUWANA-KABUPATEN PATI

Delfianti, Yollanda A (2022) PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK MEMPERKENALKAN UMKM BANDENG KECAMATAN JUWANA-KABUPATEN PATI. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.L1.0081-Yollanda A Delfianti-COVER_a.pdf

Download (824kB)
[img] Text
18.L1.0081-Yollanda A Delfianti-BAB I_a.pdf

Download (475kB)
[img] Text
18.L1.0081-Yollanda A Delfianti-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
18.L1.0081-Yollanda A Delfianti-BAB III_a.pdf

Download (772kB)
[img] Text
18.L1.0081-Yollanda A Delfianti-BAB IV_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
18.L1.0081-Yollanda A Delfianti-BAB V_a.pdf

Download (321kB)
[img] Text
18.L1.0081-Yollanda A Delfianti-DAPUS_a.pdf

Download (439kB)
[img] Text
18.L1.0081-Yollanda A Delfianti-LAMP_a.pdf

Download (621kB)

Abstract

Juwana dikenal sebagai penghasil ikan bandeng, namun UMKM Bandeng di Juwana belum terlalu dikenal oleh masyarakat. Berdasarkan data kuisoner yang dibagikan kepada responden yang bertempat tinggal di daerah Jawa Tengah, bahwa sebagaian besar belum mengetahui tentang UMKM Bandeng Juwana, padahal UMKM Bandeng Juwana mempunyai keunikan yang perlu dikenal masyarakat, diantaranya menciptakan olahan bandeng yang aman dikonsumsi dan memanfaatkan limbah bandeng (duri, tulang, dan sirip) untuk dijadikan makanan ringan. Di samping itu, pemerintah menghendaki agar UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) harus maju, selain itu belum ada media khusus yang memperkenalkan kelompok UMKM Bandeng Juwana. Melalui hal tersebut, tujuan dalam penelitian ini, adalah untuk Memperkenalkan UMKM Bandeng Juwana kepada masyarakat, melalui perancangan komunikasi visual. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yakni dengan wawancara dan observasi untuk mencari data utama, sedangkan kuisoner dan studi literatur untuk mencari data pendukung. Tema desain yang diangkat mengenai laut dan juga ikan bandeng, sehingga dominan menggunakan warna biru. Tipografi yang digunakan adalah sans serif agar terkesan tidak kaku. Selain itu, untuk menjangkau masyarakat secara luas, strategi komunikasi yang digunakan adalah AISAS, diamana media yang digunakan dalam perancangan berbasis digital yakni iklan diantaranya; video iklan motion graphic yang ditayangkan di youtube ads & instagram ads, dan media pendukung katalog digital mengenai UMKM Bandeng Juwana, feed instagram, dan poster digital. Kata kunci: UMKM Bandeng Juwana, Komunikasi Visual, Olahan Bandeng, Laut

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design
Depositing User: Ms Dewi Soelistyowati
Date Deposited: 14 Nov 2022 00:38
Last Modified: 14 Nov 2022 00:38
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30123

Actions (login required)

View Item View Item