STATUS GIZI DAN POLA KONSUMSI PANGAN LOKAL IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA BIDAN DESA RENGASDENGKLOK UTARA, KECAMATAN RENGASDENGKLOK, KABUPATEN KARAWANG, PROVINSI JAWA BARAT. NUTRITIONAL STATUS AND LOCAL FOOD CONSUMPTION PATTERNS OF PREGNANT WOMEN IN THE WORKING AREA OF NORTH RENGASDENGKLOK VILLAGE MIDWIFE, RENGASDENGKLOK SUBDISTRICT, KARAWANG REGENCY, WEST JAVA PROVINCE

VALENTINA, MARCELLA (2022) STATUS GIZI DAN POLA KONSUMSI PANGAN LOKAL IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA BIDAN DESA RENGASDENGKLOK UTARA, KECAMATAN RENGASDENGKLOK, KABUPATEN KARAWANG, PROVINSI JAWA BARAT. NUTRITIONAL STATUS AND LOCAL FOOD CONSUMPTION PATTERNS OF PREGNANT WOMEN IN THE WORKING AREA OF NORTH RENGASDENGKLOK VILLAGE MIDWIFE, RENGASDENGKLOK SUBDISTRICT, KARAWANG REGENCY, WEST JAVA PROVINCE. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.I1.0015-MARCELLA VALENTINA_COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
18.I1.0015-MARCELLA VALENTINA_BAB I_a.pdf

Download (638kB)
[img] Text
18.I1.0015-MARCELLA VALENTINA_BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text
18.I1.0015-MARCELLA VALENTINA_BAB III_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
18.I1.0015-MARCELLA VALENTINA_BAB IV_a.pdf

Download (551kB)
[img] Text
18.I1.0015-MARCELLA VALENTINA_BAB V_a.pdf

Download (246kB)
[img] Text
18.I1.0015-MARCELLA VALENTINA_DAPUS_a.pdf

Download (457kB)
[img] Text
18.I1.0015-MARCELLA VALENTINA_LAMP_a.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kecukupan gizi ibu hamil merupakan faktor penting demi tercapainya status gizi yang baik pada ibu hamil dan janin. Pemanfaatan pangan lokal dapat diaplikasikan dalam pola makan sehari-hari sebagai salah satu upaya mendukung perbaikan dan pemenuhan gizi ibu hamil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status gizi dan keragaman konsumsi pangan lokal ibu hamil di wilayah kerja Bidan Desa Rengasdengklok Utara serta mengetahui hubungan antara status gizi dan keragaman konsumsi pangan lokal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan triangulasi, yaitu pendekatan yang mengkombinasikan metode kuantitatif dan kualitatif secara bersamaan dan dilakukan pada waktu yang bersamaan pula. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik non-probability sampling dengan menggunakan seluruh populasi sebagai sampel penelitian, yaitu sebanyak 76 ibu hamil. Adapun metode penentuan sampel yang digunakan agar diperoleh responden yang tepat dan sesuai tujuan penelitian, yaitu purposive sampling. Metode penentuan sampel ini didasarkan pada pertimbangan dan kriteria yang telah ditetapkan oleh peneliti sebelum penelitian dilakukan. Dari 76 wanita hamil yang melakukan pemeriksaan kehamilan di wilayah kerja Bidan Desa Rengasdengklok Utara, 60 diantaranya memenuhi syarat sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain pengisian kuesioner (angket) yang terdiri dari identitas responden dan formulir FFQ (Food Frequency Questionnaire) serta sesi wawancara dengan peneliti untuk mengetahui kebiasaan makan sehari-hari responden selama hamil. Hasil yang diperoleh akan dianalisis secara deskriptif melalui analisa univariat dan analisa bivariat berupa uji Chi-Square menggunakan program SPSS. Analisa univariat untuk mengetahui distribusi frekuensi responden, sedangkan analisa bivariat untuk melihat ada tidaknya hubungan antar dua variabel, yaitu status gizi dan keragaman konsumsi pangan lokal. Hasil survei menunjukkan bahwa sebagian besar ibu hamil (93,3%) memiliki status gizi yang normal dari pengukuran LiLA (Lingkar Lengan Atas). Meskipun jika dilihat dari pertambahan berat badannya, ¾ ibu hamil (88,3%) memiliki kenaikan berat badan yang tidak sesuai dengan anjuran IOM (2009). Sedangkan untuk pola makan pangan lokalnya, hasil yang diperoleh dari pengisian formulir FFQ menyatakan bahwa pola makan antar satu ibu hamil dengan ibu hamil lainnya sangat berbeda dari segi jenis dan frekuensi. Secara keseluruhan, sebanyak 38 dari 60 ibu hamil (63,3%) masih sangat kurang dalam mengonsumsi pangan lokal yang beragam. Dengan kata lain, keragaman pola makan pangan lokal ibu hamil di wilayah kerja Bidan Desa Rengasdengklok Utara masih tergolong rendah. Sementara hubungan antara kedua variabel dibuktikan melalui hasil uji statistik yang menghasilkan nilai signifikansi (p value)>0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara status gizi ibu hamil dan keragaman konsumsi pangan lokal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology > Food Development Product
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 26 Oct 2022 04:13
Last Modified: 26 Oct 2022 04:13
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/29966

Actions (login required)

View Item View Item