IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK PEMILIK BASRENG JULID MENURUT TEORI SCARBOROUGH DAN ZIMMERER

FEBRINA, YOSSY (2022) IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK PEMILIK BASRENG JULID MENURUT TEORI SCARBOROUGH DAN ZIMMERER. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
16.D1.0170-Yossy Febrina-COVER_a.pdf

Download (734kB)
[img] Text
16.D1.0170-Yossy Febrina-BAB I_a.pdf

Download (370kB)
[img] Text
16.D1.0170-Yossy Febrina-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
16.D1.0170-Yossy Febrina-BAB III_a.pdf

Download (334kB)
[img] Text
16.D1.0170-Yossy Febrina-BAB IV_a.pdf

Download (602kB)
[img] Text
16.D1.0170-Yossy Febrina-BAB V_a.pdf

Download (329kB)
[img] Text
16.D1.0170-Yossy Febrina-DAPUS_a.pdf

Download (350kB)
[img] Text
16.D1.0170-Yossy Febrina-LAMP_a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Akhir-akhir ini, perkembangan UMKM di Indonesia sangatlah pesat terutama pada sektor makanan. Salah satu contohnya yakni pada UMKM Basreng Julid. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengangkat penelitian yang bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik kewirausahaan pada pemilik Basreng Julid menurut teori Scarborough dan Zimmerer. Data yang digunakan ialah data primer, yakni pemilik, karyawan, dan reseller dari Basreng Julid. Selanjutnya, peneliti menggunakan metode wawancara yang diberikan pada narasumber dan kuesioner yang diberikan pada responden sebagai teknik pengumpulan data. Peneliti menggunakan metode analisis statistik deskriptif untuk analisis data dengan langkah-langkah yang runtut. Langkah tersebut yakni menentukan kategori variabel, membuat tabel hasil jawaban responden atas variabel-variabel dari karakteristik pemilik Basreng Julid, membuat rekapitulasi hasil jawaban dari seluruh responden, dan menarik kesimpulan. Dapat dilihat bahwa rata-rata rekapitulasi dari keseluruhan variabel yakni 4,29 yang dikategorikan nilai tinggi. Selain itu, rata-rata skor tanggung jawab, kepercayaan diri, menghendaki umpan balik, semangat kerja dan kerja keras, berorientasi kedepan, keterampilan organisasi, dan nilai prestasi juga dikategorikan pada nilai tinggi. Hal tersebut berarti pemilik secara langsung mengembangkan usaha di lapangan dengan tanggung jawab dan keterampilan untuk mengelola dan mengatur produk serta karyawannya. Adapun saran dari peneliti yakni pemilik perlu meningkatkan nilai prestasi pada uang serta memiliki semangat tinggi yang lebih.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 29 Sep 2022 05:57
Last Modified: 29 Sep 2022 05:57
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/29464

Actions (login required)

View Item View Item