ANALISIS PADA MODEL BISNIS CANVAS KOPERASI SIMPAN PINJAM studi pada KOPDIT PINTU AIR CABANG ATAMBUA - NUSA TENGGARA TIMUR

Mau, Rebeca Sindy (2022) ANALISIS PADA MODEL BISNIS CANVAS KOPERASI SIMPAN PINJAM studi pada KOPDIT PINTU AIR CABANG ATAMBUA - NUSA TENGGARA TIMUR. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
15.D1.0254-Rebeca Sindy Mau-COVER_a.pdf

Download (558kB)
[img] Text
15.D1.0254-Rebeca Sindy Mau-BAB I_a.pdf

Download (264kB)
[img] Text
15.D1.0254-Rebeca Sindy Mau-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text
15.D1.0254-Rebeca Sindy Mau-BAB III_a.pdf

Download (226kB)
[img] Text
15.D1.0254-Rebeca Sindy Mau-BAB IV_a.pdf

Download (451kB)
[img] Text
15.D1.0254-Rebeca Sindy Mau-BAB V_a.pdf

Download (218kB)
[img] Text
15.D1.0254-Rebeca Sindy Mau-DAPUS_a.pdf

Download (258kB)
[img] Text
15.D1.0254-Rebeca Sindy Mau-LAMP_a.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang perkoperasian “definisi dari koperasi yaitu badan usaha yang anggotanya adalah perorangan ataupun badan hukum yang aktifitasnya dilandaskan pada prinsip koperasi dan juga dijadikan sebagai gerakan ekonomi masyarakat atas dasar asas kekeluargaan. Koperasi ketika melakukan aktifitas perekonomian maka dituntut untuk bisa mendapatkan laba atau hasil dari aktifitas perekonomian tersebut. Karena koperasi bisa masuk daftar sehat apabila hasil dari usahanya meningkat dan melihatkan adanya tingkat rentabilitas yang tinggi. Namun apabila tingkat pendapatan koperasi semakin menurun, maka rentabilitas yang dilihatkan semakin rendah. Salah satu bisnis model yang tepat untuk dipakai dalam menganalisa bisnis startup yaitu BMC (Business Model Canvas) langkah yang harus diambil setelah memperoleh data serta informasi dari porter’s five force yaitu melakukan penentuan strategi untuk bisnis startup tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model bisnis Koperasi Simpan Kopdit Pintu Air Cabang Atambua ditinjau dari pendekatan business model canvas saat ini dan untuk menganalisis SWOT berdasarkan pada business model canvas pada Koperasi Simpan Kopdit Pintu Air Cabang Atambua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Informan penelitian ini adalah Pemilik Koperasi, Karyawan Koperasi dan Anggotan Koperasi. Berdasarkan hasil analisis SWOT dapat diketahui bahwa kekuatan yang dimiliki koperasi simpan pinjam Kopdit Pintu Air Cabang Atambua dalam menghadapi persaingan dengan kompetitor yaitu perkembangan modal yang baik, pendapatan bunga yang tinggi, dan strategi pemasaran yang baik. Sedangkan kelemahan pada koperasi simpan pinjam Kopdit Pintu Air Cabang Atambua sendiri adalah nama koperasi yang belum terkenal, koperasi memiliki investor, dan jam kerja yang terlalu tinggi. Kedepannya Koperasi simpan pinjam Kopdit Pintu Air Cabang Atambua bisa mengadakan program - program pelatihan, sehingga dapat meningkatkan promosi yang lebih gencar di semua media untuk meningkatkan pangsa pasar dengan cara melakukan periklanan Ekora NTT dan melalui media sosial (Facebook, Instragram, Website), harapanya semoga Koperasi Simpan Pinjam Kopdit Pintu Air Cabang Atambua dapat membangun kerjasama dengan lembaga keuangan (Pemerintah dan Bank) untuk mengembangkan penggunaan teknologi serta membuka peluang yang lebih lebar untuk investor dan dapat mengembangkan pelatihan usaha sektor riil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 15 Jun 2022 04:59
Last Modified: 15 Jun 2022 04:59
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/28763

Actions (login required)

View Item View Item