PESAN POLITIK PASANGAN CALON DI INSTAGRAM DAN FACEBOOK PADA PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR 2020 DI 9 PROVINSI

Anggraini, Anastasia Sherina (2021) PESAN POLITIK PASANGAN CALON DI INSTAGRAM DAN FACEBOOK PADA PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR 2020 DI 9 PROVINSI. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.M1.0015-Anastasia Sherina Anggraini-COVER_a.pdf

Download (515kB)
[img] Text
17.M1.0015-Anastasia Sherina Anggraini-BAB I_a.pdf

Download (291kB)
[img] Text
17.M1.0015-Anastasia Sherina Anggraini-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
17.M1.0015-Anastasia Sherina Anggraini-BAB III_a.pdf

Download (297kB)
[img] Text
17.M1.0015-Anastasia Sherina Anggraini-BAB IV_a.pdf

Download (4MB)
[img] Text
17.M1.0015-Anastasia Sherina Anggraini-BAB V_a.pdf

Download (258kB)
[img] Text
17.M1.0015-Anastasia Sherina Anggraini-DAPUS_a.pdf

Download (213kB)
[img] Text
17.M1.0015-Anastasia Sherina Anggraini-LAMP_a.pdf

Download (284kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan kampanye Pilgub 2020 yang dilakukan melalui media daring. Kampanye Pilgub dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19 dengan segala keterbatasan peraturan yang dikeluarkan KPU. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui isi pesan politik yang disampaikan oleh masing-masing pasangan calon melalui konten dalam akun resmi media sosial khususnya Instagram dan Facebook pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2020 di 9 (Sembilan) Provinsi. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu akun media sosial Instagram dan Facebook 23 pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur di 9 (sembilan) Provinsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter pesan ditonjolkan melalui isi konten akun Instagram dan Facebook yang terdiri dari enam informasi. Informasi tersebut berupa iklan kampanye, program pasangan calon, visi dan misi, kegiatan kampanye terbatas, testimoni tokoh agama dan tokoh masyarakat. Sedangkan informasi terkait prestasi dan deretan jabatan ditonjolkan sebagai bentuk citra pesan yang dimunculkan pasangan calon melalui kegiatan kampanye. Melalui informasi tersebut 23 pasangan calon memunculkan identitas mereka berupa logo, tagar, warna, angka, seragam, dan slogan yang menjadi ciri khas pasangan calon

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 050 News media, journalism, publishing
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 30 Nov 2021 04:41
Last Modified: 30 Nov 2021 04:41
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/27515

Actions (login required)

View Item View Item