HUBUNGAN KESADARAN DIRI DENGAN KEDISIPLINAN MAHASISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING

Istikomah, Afi Maulida (2021) HUBUNGAN KESADARAN DIRI DENGAN KEDISIPLINAN MAHASISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.E1.0088-Afi Maulida Istikomah-COVER_a.pdf

Download (753kB)
[img] Text
17.E1.0088-Afi Maulida Istikomah-BAB I_a.pdf

Download (229kB)
[img] Text
17.E1.0088-Afi Maulida Istikomah-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
17.E1.0088-Afi Maulida Istikomah-BAB III_a.pdf

Download (168kB)
[img] Text
17.E1.0088-Afi Maulida Istikomah-BAB IV_a.pdf

Download (244kB)
[img] Text
17.E1.0088-Afi Maulida Istikomah-BAB V_a.pdf

Download (207kB)
[img] Text
17.E1.0088-Afi Maulida Istikomah-BAB VI_a.pdf

Download (148kB)
[img] Text
17.E1.0088-Afi Maulida Istikomah-DAPUS_a.pdf

Download (188kB)
[img] Text
17.E1.0088-Afi Maulida Istikomah-LAMP_a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kesadaran diri dengan kedisiplinan mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran daring. Hipotesis yang diajukan yaitu “terdapat hubungan positif antara kesadaran diri dengan kedisiplinan mahasiswa dalam pembelajaran daring”. Subjek penelitian yaitu mahasiswa aktif (semester 4-8) fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang yang sedang mengikuti pembelajaran daring. Jumlah keseluruhan subjek penelitian sebanyak 70 mahasiswa. Alat ukur yang digunakan yaitu Skala Kedisiplinan Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring dan Skala Kesadaran Diri dan sudah teruji validitas serta reliabilitasnya. Pengambilan data menggunakan Google Formulir sebagai media pengisian skala. Teknik analisis data dalam penelitian ini memakai teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Hasil penelitian menunjukkan korelasi yang signifikan dengan nilai r = 0,414 dan p = 0,000 (p < 0,01). Hal ini menunjukan bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kesadaran diri dengan kedisiplinan mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 22 Nov 2021 02:32
Last Modified: 22 Nov 2021 02:32
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/27430

Actions (login required)

View Item View Item