PENGARUH PELATIHAN DI BOGASARI BAKING CENTER (BBC) KELAPA GADING TAHUN 2018 TERHADAP TERBENTUKNYA USAHA BARU PANGAN BERBASIS TEPUNG TERIGU

LIOGGONO, LIONG, LIVIA (2020) PENGARUH PELATIHAN DI BOGASARI BAKING CENTER (BBC) KELAPA GADING TAHUN 2018 TERHADAP TERBENTUKNYA USAHA BARU PANGAN BERBASIS TEPUNG TERIGU. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
16.I2.0021 -LIONG, LIVIA LIOGGONO - COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
16.I2.0021 -LIONG, LIVIA LIOGGONO - BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text (BAB II)
16.I2.0021 -LIONG, LIVIA LIOGGONO - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text (BAB III)
16.I2.0021 -LIONG, LIVIA LIOGGONO - BAB III.pdf

Download (392kB)
[img] Text (BAB IV)
16.I2.0021 -LIONG, LIVIA LIOGGONO - BAB IV.pdf

Download (371kB)
[img] Text (BAB V)
16.I2.0021 -LIONG, LIVIA LIOGGONO - BAB V.pdf

Download (53kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16.I2.0021 -LIONG, LIVIA LIOGGONO - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16.I2.0021 -LIONG, LIVIA LIOGGONO - LAMPIRAN.pdf

Download (168kB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan keingin tahuan mengenai banyaknya alumni Bogasari Baking Center (BBC) khususnya di Kelapa Gading yang telah mendirikan usaha dibidang pangan yang berbasis tepung terigu setelah mengikuti pelatihan bread making, cake making, pastry making dan noodle making. Bogasari Baking Center (BBC) merupakan salah satu lembaga pendidikan non-formal yang dibawahi atau divisi milik PT. ISM Tbk. Divisi Bogasari Flour Mills, dimana divisi ini membantu masyarakat umum untuk belajar mengenai pengolahan produk pangan yang berbasis tepung terigu. Seperti kita ketehui BBC memiliki beberapa cabang yang tersebar hampir diseluruh Indonesia. Pelatihan yang diberikan oleh BBC tidak hanya mengasah baking skill alumni tetapi juga melatih soft skill mengenai menghitung biaya produksi hingga harga jual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase terbentuknya usaha baru dibidang pangan yang berbasis tepung terigu yang dimiliki alumni BBC Kelapa Gading serta produk apasaja yang dijual oleh alumni. Subyek penelitian ini adalah alumni BBC Kelapa Gading yang telah mengikuti pelatihan bread making, cake making, pasty making dan noodle making pada tahun 2018 sebanyak 75 responden. Pengujian akan dilakukan dengan metode survey menggunakan kuesioner terkait sudah memiliki usaha dibidang pangan sebelum dan sesudah menggikuti pelatihan di BBC Kelapa Gading. Sebanyak 34 responden atau sebesar 45% responden telah memiliki usaha dibidang pangan yang berbasis tepung terigu setelah mengikuti pelatihan di BBC Kelapa Gading. Selanjutnya data yang telah diperoleh diuji menggukana uji Wilcoxon untuk mengetahui adanya perbedaan yang signifikan antara banyaknya usaha yang telah dimiliki alumni sebelum dan sesudah mengikuti peltihan di BBC Kelapa Gading. Hasil yang didapat dari uni Wilcoxon lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000. Dari banyaknya alumni yang telah memiliki usaha setelah pelatihan menjual berbagai produk seperti produk cake, roti, pastry, noodles dan produk pangan lainnya. Produk cake menjadi produk usaha yang paling banyak diproduksi responden sebanyak 33%. Selain produk cake responden juga memproduksi dan menjual roti sebanyak 24%, pastry sebanyak 17% dan produk pangan lainnya sebanyak 18%. Produk mie menjadi produk usaha paling sedikit dijalani oleh responden sebesar 8%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > 664 Food technology
600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology > Food Development Product
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 25 May 2021 02:16
Last Modified: 25 May 2021 02:16
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/25182

Actions (login required)

View Item View Item