FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN KONSENTRASI ENTREPRENEURSHIP UNlVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANA TA SEMARANG

Apriliani, Ira (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN KONSENTRASI ENTREPRENEURSHIP UNlVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANA TA SEMARANG. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text (COVER)
0-Cover.pdf

Download (696kB)
[img] Text (BAB I)
1-BAB 1.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB II)
2-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[img] Text (BAB III)
3-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text (BAB IV)
4-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)
[img] Text (BAB V)
5-BAB 5.pdf

Download (165kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
6-Daftar Pustaka.pdf

Download (164kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
7-Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: ( I) menarnbah i1mu pengetahuan dan memperdalam wawasan mengenai faktor yang mendorong minat seseorang untuk hcrwirausaha, (2) sebagai bahan referensi atau pembanding dalam penelitian selanjutnya dan (3) diharapkan penelitian ini bermanfaat sebagai referensi summary atau ringkasan mengenai faktor-fakor yang mendorong minat berwirausaha mahasiswa, khususnya bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata. Penelitian ini dilakukan di Universitas Katolik Soegijapranata Semarang dengan sampel penelitian sebanyak 30 responden. Dengan responden laki-Iaki yang jumlahnya lebih besar dibandingkan responden perempuan, hal ini menunjukkan bahwa bahwa faktor yang mendorong minat berwirausaha responden laki-laki lebih besar dibandingkan responden perempuan. Metode yang digunakan dalarn penelitian ini menggunakan kuesioner dan tehnik analisis data menggunakan analisis deskriptifberupa rentang skala. Hasil dalarn penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada 6 faktor yang termasuk dalarn kategori tinggi yakni faktor keinginan menjadi bos, faktor keuntungan, faktor fleksibilitas, faktor harga diri, faktor tantangan pribadi, dan faktor inovasi. Serta ada satu faktor yang termasuk dalarn kategori rendah yaitu faktor kepemimpinan. Yang membuat faktor kepemimpinan masuk dalam kategori rendah karena kurangnnya sikap kepercayaan diri dalam diri mereka apalagi ketika mereka didepan umum, karena menjadi pemimpin (ketua) memiliki tanggung jawab yang besar serta mereka tidak tcrlalu ingin menonjolkan diri dihadapan orang lain (lebih suka individu). Hal ini membuat mereka tidak nyarnan. Padahal ini sangat diperlukan karena nantinya kepemimpinan tersebut digunakan untuk mengatur segala aspek didalamperusahaan. Penulis menyarankan supaya para mahasiswa perlu belajar lagi tentang kepemimpinan, selain untuk menarnbah wawasan hal ini juga bisa dijadikan bekal ketika mereka memilih untuk berwirausaha. Untuk Unika Soegijapranata sendiri agar menarnbah kegiatan mengenai kepemimpinan dan segal a aspek yang mencakup sikap- sikap seorang entrepreneur yang baik agar menjadi bekal ketika mereka berwirausaha nanti. Serta bagi masyarakat luas, terutama untuk calon entrepreneur disarankan supaya sebelum mereka berwirausaha membutuhkan nilai-nilai atau sikap-sikap seorang wirausaha tangguh. Agar nantinya ketika berwirausaha mereka suda memiliki bekal ilmu pengetahuan untuk bisa terjun ke dunia entrepreneurship.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Entrepreneurship
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 04 Mar 2019 06:11
Last Modified: 04 Mar 2019 06:11
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/17931

Actions (login required)

View Item View Item