PENGARUH KURSI BOLA UNTUK MENURUNKAN HIPERAKTIVITAS PADA ANAK YANG MENGALAMI ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD)

PRATIWI, WINDY CHECARIA (2017) PENGARUH KURSI BOLA UNTUK MENURUNKAN HIPERAKTIVITAS PADA ANAK YANG MENGALAMI ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD). Masters thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
12.92.0046 Windy Checaria Pratiwi COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
12.92.0046 Windy Checaria Pratiwi BAB I.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
12.92.0046 Windy Checaria Pratiwi BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
12.92.0046 Windy Checaria Pratiwi BAB III.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
12.92.0046 Windy Checaria Pratiwi BAB IV.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
12.92.0046 Windy Checaria Pratiwi BAB V.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.92.0046 Windy Checaria Pratiwi DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
12.92.0046 Windy Checaria Pratiwi LAMPIRAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji secara empiric pengaruh kursi bola dalam menurunkan hiperaktivitas pada anak ADHD. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuasi eksperimen menggunakan single case experimental design dengan model A-B-A follow up. Subyek penelitian ini adalah anak yang berusia 7 tahun sampai 12 tahun yang didiagnosa mengalami Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) oleh psikolog. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi secara langsung di dalam kelas kemudian diukur dengan table hiperaktif rating scale dengan target perilaku hiperaktif. Pengujian koefisien reliabilitas diperoleh nilai koefisien reliabilitas α sebesar 0,775 dan 0,809. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis grafik nilai hiperaktivitas, data hasil observasi baseline II dan hasil baseline I, serta didukung dengan uji statistika Wilcoxon test yang terbukti signifikan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0.041 (<0.05) untuk subyek J. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima, bahwa ada pengaruh pemberian kursi bola untuk menurunkan hiperaktivitas, pada anak dengan gangguan ADHD. Hiperaktivitas pada anak yang mengalami Attention Deficit Hyperactivity Disorder sebelum dan sesudah pemberian kursi bola mengalami penurunan. Untuk subjek V, nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0.223, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hiperaktivitas pada anak ADHD sebelum dan sesudah pemberian kursi bola. Namun demikian, berdasarkan nilai negatif ranks, terdapat tiga item dari hiperaktivitas anak dengan gangguan ADHD pada saat baseline II yang lebih rendah dari nilai pada saat baseline I.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology
Divisions: Graduate Program in Psychology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 10 Nov 2017 01:21
Last Modified: 10 Nov 2017 01:21
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15090

Actions (login required)

View Item View Item