EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH STATISTIKA

Sari, Woro Apriliana (2016) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH STATISTIKA. Masters thesis, Prodi Magister Psikologi UNIKA Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
09.92.0039 Woro Apriliana Sari COVER.pdf

Download (153kB)
[img] Text (BAB I)
09.92.0039 Woro Apriliana Sari BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text (BAB II available document only in library of Soegijapranata Catholic University)
09.92.0039 Woro Apriliana Sari BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Text (BAB III available document only in library of Soegijapranata Catholic University)
09.92.0039 Woro Apriliana Sari BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] Text (BAB IV available document only in library of Soegijapranata Catholic University)
09.92.0039 Woro Apriliana Sari BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text (BAB V)
09.92.0039 Woro Apriliana Sari BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09.92.0039 Woro Apriliana Sari DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (38kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09.92.0039 Woro Apriliana Sari LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian true eksperimen yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Statistika. Subjek dalam penelitian ini ialah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Statisika berjumlah 32 mahasiswa, terdiri dari kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pembagian sample dilakuan dengan cara ranndomized matched two-groups design. Perlakuan yang diberikan yaitu metode cooperative learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa z=4,416 dengan p<0,01 dan terdapat perbedaan mean posttest pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, hal ini berarti cooperative learning dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Statistika. Hal ini dapat dilihat dengan meningkatnya kompetensi dasar yang ditunjukkan oleh para mahasiswa setelah diberikan perlakuan, antara lain dapat tekun dalam menghadapi tugas, ulet dalam menghadapi kesulitan, menunjukkan minat, senang bekerja mandiri, cepat bosan pada tugas-tugas rutin, dapat mempertahankan pendapatnya, tidak mudah melepas hal yang diyakini, senang mencari dan memecahkan masalah soal-soal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 153 Intelligence > Motivation
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Science in Psychology
Depositing User: Mr Ign. Setya Dwiana
Date Deposited: 14 Jun 2016 05:12
Last Modified: 27 Jan 2023 06:32
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9920

Actions (login required)

View Item View Item