ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PEMILIK JASA RENTAL PERALATAN PESTA KARTIKA DAN KARTIKA SARI DI SEMARANG

UTOMO, PROBO HALIM (2010) ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PEMILIK JASA RENTAL PERALATAN PESTA KARTIKA DAN KARTIKA SARI DI SEMARANG. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
06.30.0078 Probo Halim Utomo COVER.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
06.30.0078 Probo Halim Utomo BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.30.0078 Probo Halim Utomo BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.30.0078 Probo Halim Utomo BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.30.0078 Probo Halim Utomo BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] Text (BAB V)
06.30.0078 Probo Halim Utomo BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
06.30.0078 Probo Halim Utomo DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
06.30.0078 Probo Halim Utomo LAMPIRAN.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) diberbagai negara industri maju seperti Jepang dan Amerika terbukti menjadi pilar kuat dalam perekonomian makro nasional. Peranan atau kontribusi UKM dalam perekenomian cukup besar terutama dalam menyerap tenaga kerja. Harmonisasi telah terjadi dalam interaksi bisnis dalam tempo yang tidak sebentar, kesejajaran dalam pemahaman bisnis menjadi kunci suksesnya hubungan bisnis. Walaupun kecil dari segi skala ekonomi (small scale firm) dengan kelincahan dalam bergerak, UMKM dinegaranegara industri maju memiliki kemampuan yang mumpuni untuk menangkap dan memanfaatkan semua peluang pasar. Kemampuan bisnis UMKM tidak muncul dengan sendirinya, di balik kesuksesan UMKM terdapat pendiri atau pemilik usaha yang telah bekerja keras dalam mengembangkan usaha mereka. Pemilik usaha tersebut merupakan salah satu dari kebanyakan orang yang biasa disebut wirausahawan. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis gaya kepemimpinan transformasional yang dilakukan pada pemilik dari jasa rental peralatan pesta Kartika dan Kartika Sari dengan menggunakan analisis deskriptif. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah : “Bagaimanakah gaya kepemimpinan transformasional pemilik usaha kecil kartika dan kartika sari?”. Adapun tujuan penelitian ini adalah : untuk mengetahui gaya kepemimpinan transformasional yang dipakai oleh pemilik usaha jasa rental peralatan pesta Kartika dan Kartika Sari. Obyek pada penelitian ini adalah Jasa Rental Peralatan Pesta Kartika dan Kartika Sari yang berada pada Jl. Batan Miroto 38A (Jl.Inspeksi), Semarang dan Kartika Sari yang berada di Jl. Pekunden Utara 570, Semarang. Kartika dan Kartika Sari adalah suatu bisnis yang bergerak dibidang jasa rental peralatan pesta di Semarang. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer. Sumber data berasal dari pihak karyawan Kartika dan Kartika Sari. Metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran Kuesioner dan metode wawancara terstruktur untuk mendukung hasil kuesioner. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif Dari hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan transformasional pemilik jasa rental peralatan pesta Kartika dan Kartika Sari merupakan gaya kepemimpinan transformasional yang tinggi yang artinya pemilik jasa rental peralatan pesta Kartika dan Kartika Sari memiliki karisma yang tinggi bagi karyawannya, mampu memberikan inspirasi bagi para karyawannya, mempunyai stimulasi intelektual yang baik pada karyawannya, dan memiliki perhatian yang baik pada karyawannya. Adapun saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini antara lain : (1) Mempertahankan gaya kepemimpinannya yang ada saat ini karena para karyawan Kartika dan Kartika Sari sudah merasa nyaman dan cocok dengan gaya kepemimpinan pemilik Kartika dan Kartika Sari, (2) Memberikan penghargaan kepada karyawan yang sudah berprestasi meskipun yang bersangkutan belum maksimal, (3) Meningkatkan lagi identitasnya sebagai pemimpin melalui penggunaan atribut – atribut maupun simbol – simbol yang menunjukkan identitas pemilik Kartika dan Kartika Sari

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Leadership
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 02 May 2016 06:30
Last Modified: 02 May 2016 06:30
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/8737

Actions (login required)

View Item View Item