EFISIENSI PELAYANAN PADA KONSUMEN HUBUNGANNYA DENGAN PANJANG ANTRIAN (study kasus pada apotek RSU Ungaran)

ARUNA, WIJANG (1998) EFISIENSI PELAYANAN PADA KONSUMEN HUBUNGANNYA DENGAN PANJANG ANTRIAN (study kasus pada apotek RSU Ungaran). Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Katolik Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
91.30.1123 Wijang Aruna COVER.pdf

Download (155kB)
[img] Text (BAB I)
91.30.1123 Wijang Aruna BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (BAB II available document only in library of Soegijapranata Catholic University)
91.30.1123 Wijang Aruna BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text (BAB III available document only in library of Soegijapranata Catholic University)
91.30.1123 Wijang Aruna BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text (BAB IV available document only in library of Soegijapranata Catholic University)
91.30.1123 Wijang Aruna BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text (BAB V)
91.30.1123 Wijang Aruna BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
91.30.1123 Wijang Aruna DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
91.30.1123 Wijang Aruna LAMPIRAN.pdf

Download (72kB)

Abstract

Suatu pr-oses antr-ian adalah proses yang berhubungan dengan kedatangan seor-ang pelanggan pada suatu fasilitas pe1ayanan .• yang kemudiCl.n mem.tnggu da1am suatu bar-is ( antr-ian ) jika semua pelayanannya sibuk, dan akhir-nya meningga1kan fasilitas ter-sebut. Sebuah sistem antr-ian adalah 5uatu himpLlnan pelanggan, pelayan dan suatLI atur-an yang mengatur- k.edatangan pad a pelanggan dan pemr-osesan masa1ahnya. Demikian juga dengan yang ter-jadi di apotek RSU Ungar-an dimana tingkat kedatangan konsume tidak sebanding dengan tingkat pelayanan yang diber-ikan oleh pihak apotek RSU Ungar-an sehingga terjad i antr-ian yang panjang. Dalam hal ini ter-dapat alter-natif pemecahan masalah antrian ter-sebut yakn! ! - Menambah j uml ah fasi 1 i l .:.as pel ayan.an ( ~a~s~1~s""'{"""e'n apoteker- ). - l'1erubah str-ul-:.tu r;; a n trian yang ada. \.- I<edua .pemecatian masalah ter-sebut akan dianal i sis dengan anal isis teor-i antr-ian d·iman ~-b aLJ..lslah diper-hitunq l-:.an secar-a cermat agar- tir gkat pelayanan optimal yang diber-ikan\ o Qeh pihak apotek RSU Ungar-an benar- - benar- tercapai sehingga effisiensi biaya, waktLI dan tenaga. Untuk men am bah jum~h tenaga Rer-ja d an mel~uba h struktur antr-ian juga harus di perhitungkan biaya - biaya yang t imbL-f'i. dan kerugian - ker-ugi.~n ang akan dideri ta agar- ..tidak ter-jad i pemborosan.Penel{1iian in].! permasalahannya akan dibatasi hanya pad a r-esep rawat jalan, hal itu dikar-enakan untuk memuda hkan penel· . an juga. kar-ena resep r-awa t j alan mempu/ltyai kem ~ ngk inco. n untuK meninggalkan antrian apabj l a dir-asa antiannya. t:er-la lu panjang dan memilih mel1loeli dio apole v.. 1ai[1 yang pelayah annya lebih cepat meskipun dengan resiko har-ganya l ebih mahal. \ Set l~h dianalis~s denganm menqqunakan alat bantu a alisis teori antrt"i an maka dapa t disimpLIlkan - bahwa tingkat pelayanan yang diber-i kan olel""l aportek RSU Ungaran memang belum optimal. Na l! i tu dibLlktikan dengan perhitungan - per-hitungan yang hasilnya menunjLlkan bahw'l tingkat pelayanan yang diber-ikan belum sebanding dengan tingkat k edatangan. • untuk"' lingkat pelayanan saat i ni hanyal ah ~ kertas resep / jam dimana tingkat pelayanan yang optima l akan dapat dicapai apa·bi)a ker-tas resep yang di layani mencapai 11 ker. as resep / jam. Berdasarkan anal isis maka penentLlan j Llmlah asisten apoteker- yang optimal adalah sebanyak 4 or-ang kar-ena penentuan ju lah asisten apoteker ter-sebLlt t :"i'l ah diperh itungkan dengan wak tL t j...lnggu resep serta biaya ment:.lnggu dan biaya pelayanan. Alter-natif pemecahan yC!,ng lain~ dapat dilakukan dengan cara merubah str-uktur- antrian yang ada yakn ]::rdari Single Chanel Mul ti Phase menj ad i MLII ti Chanel Sing 1 e Phase. Merubah str-uk tur antrian dalam hal ini adalah mer-Llbah dar-i satu j alur- LlntLlk memasLlki sistem pelayanan dan satL! fasilitas pelayanan dimana ter-dapat lebih dari satu tahap - tahap pelayanan yang har-us dilalui dirubah menjadi lebih dari satu jalLlr LlntLlk memasLlki pe1ayanan yang ter-sedia. Di5ini konsLlmen akan mempLlnyai kebebasan untuk memilih jalur mana yang akan dipilh untuk menuju fasilitas pelayanan yang disukai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 360 Social problems and social services > Social Problems > Social Interaction
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 22 Mar 2016 07:42
Last Modified: 22 Mar 2016 07:42
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/8146

Actions (login required)

View Item View Item