PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA SD

SUSANTI, DIAN RIA (2008) PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA SD. Masters thesis, Program Magister Profesi Psikologi Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
05.92.0006 Dian Ria Susanti COVER.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
05.92.0006 Dian Ria Susanti BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic)
05.92.0006 Dian Ria Susanti BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic)
05.92.0006 Dian Ria Susanti BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic)
05.92.0006 Dian Ria Susanti BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V avalible document only in Soegijapranata Catholic)
05.92.0006 Dian Ria Susanti BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)
[img] Text (BAB VI)
05.92.0006 Dian Ria Susanti BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
05.92.0006 Dian Ria Susanti DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
05.92.0006 Dian Ria Susanti LAMPIRAN.pdf

Download (558kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kooperatif teknik jigsaw adalah suatu teknik pembelajaran kooperatif yang terdiri dari beberapa anggota dalam satu kelompok yang bertanggung jawab atas penguasaan bagian materi belajar dan mampu mengajarkan bagian tersebut kepada anggota lain dalam kelompoknya. Model pembelajaran kooperatif jigsaw merupakan model pembelajarab kooperatif, dengan siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4-6 orang secara heterogen dan bekerjasama saling ketergantungan yang positif dan bertanggung jawab atas ketuntasan bagian materi pelajaran yang harus dipelajari dan menyampaikan materi tersebut kepada anggota kelompok yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial pada siswa SD. Subyek dalam penelitian ini terbagi dalam kelompok eksperimen berjumlah 16 siswa yang diberi pembelajaran kooperatif teknik jigsaw sebanyak tiga kali pertemuan dengan durasi tiap pertemuan adalh dua jam pelajaran dan kelompok kontrol berjumlah 21 siswa yang tidak diberikan perlakuan. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa SD

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Social Sciences > 370 Education
300 Social Sciences > 370 Education > Learning Interest
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Psychology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 29 Sep 2015 02:04
Last Modified: 29 Sep 2015 02:04
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/3892

Actions (login required)

View Item View Item