KAJIAN FOOD NEOPHOBIA SEBAGAI PERTIMBANGAN DALAM STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK DARI BUAH DAN SAYUR

AGUNG, YOHANES REZA (2021) KAJIAN FOOD NEOPHOBIA SEBAGAI PERTIMBANGAN DALAM STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK DARI BUAH DAN SAYUR. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.I1.0027-YOHANES REZA AGUNG-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
17.I1.0027-YOHANES REZA AGUNG-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
17.I1.0027-YOHANES REZA AGUNG-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
17.I1.0027-YOHANES REZA AGUNG-BAB III_a.pdf

Download (335kB)
[img] Text
17.I1.0027-YOHANES REZA AGUNG-BAB IV_a.pdf

Download (337kB)
[img] Text
17.I1.0027-YOHANES REZA AGUNG-BAB V_a.pdf

Download (178kB)
[img] Text
17.I1.0027-YOHANES REZA AGUNG-DAPUS_a.pdf

Download (234kB)
[img] Text
17.I1.0027-YOHANES REZA AGUNG-LAMP_a.pdf

Download (406kB)

Abstract

Produk pangan baru merupakan hal yang selalu dinantikan konsumen, namun juga menjadi tantangan bagi produsen. Salah satu tantangan dalam pengembangan produk pangan baru yang dialami oleh konsumen dan produsen adalah food neophobia. Food neophobia adalah ketakutan untuk mencoba produk pangan baru yang dapat terjadi pada beragam jenjang usia. Berkaca dari literatur review sebelumnya, food neophobia terhadap buah dan sayur serta dampaknya bagi strategi pengembangan produk pangan baru berbasis buah dan sayur belum diulas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengulas berbagai penelitian yang sudah dipublikasikan, mengenai deskripsi dan penyebab food neophobia, food neophobia terhadap buah dan sayur serta strategi pengembangan produk pangan baru, menganalisis dampak food neophobia, dan mengusulkan strategi pengembangan produk pangan baru berbasis buah dan sayur dengan mempertimbangkan aspek food neophobia. Penelitian ini dilakukan sepenuhnya dengan metode literatur review dengan tahapan berupa analisis kesenjangan, identifikasi masalah, pencarian literatur, penyaringan literatur, serta analisis dan tabulasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penyebab dan faktor yang mempengaruhi food neophobia, persepsi konsumen dan hubungannya dengan food neophobia, manfaat buah dan sayur bagi konsumen remaja akhir hingga lansia, dampak food neophobia terhadap strategi pengembangan produk pangan baru berbasis buah dan sayur, pengembangan produk buah dan sayur, jenis strategi pengembangan produk pangan baru, tantangan pengembangan produk pangan baru, variabel yang mempengaruhi pengembangan produk pangan baru, serta strategi pengembangan produk pangan baru berbasis buah dan sayur dengan faktor utama food neophobia. Usulan strategi pengembangan produk pangan baru berbasis buah dan sayur dengan faktor utama food neophobia, yaitu memerhatikan jenis strategi yang digunakan, target konsumen, produk pangan baru yang dikembangkan, dan komersialisasi. Jenis strategi pengembangan produk pangan baru yang digunakan adalah stage gate dengan modifikasi dan kolaborasi. Target konsumen dapat memperhatikan kelompok umur. Produk pangan baru yang dikembangkan sebaiknya memiliki familiaritas yang baik, pemberian hidden vegetable, mencantumkan klaim kesehatan, produk sebaiknya halal, dan kemasan yang informatif. Sedangkan komersialisasi dapat dilakukan dengan melakukan iklan dan melakukan edukasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology > Food Development Product
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:28
Last Modified: 11 Oct 2021 04:28
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/27044

Actions (login required)

View Item View Item