PENGETAHUAN, PERSEPSI, DAN SIKAP PARA IBU DALAM MENGKONSUMSI DAUN TORBANGUN DAN KAITANNYA DENGAN ASI. KNOWLEDGE, PERCEPTION, AND ATTITUDES OF MOTHERS ON THE CONSUMPTION OF TORBANGUN LEAF RELATED TO BREASTMILK

Marpaung, Friska Viviani (2021) PENGETAHUAN, PERSEPSI, DAN SIKAP PARA IBU DALAM MENGKONSUMSI DAUN TORBANGUN DAN KAITANNYA DENGAN ASI. KNOWLEDGE, PERCEPTION, AND ATTITUDES OF MOTHERS ON THE CONSUMPTION OF TORBANGUN LEAF RELATED TO BREASTMILK. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
16.I1.0192-Friska Viviani Marpaung-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
16.I1.0192-Friska Viviani Marpaung-BAB I_a.pdf

Download (470kB)
[img] Text
16.I1.0192-Friska Viviani Marpaung-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img] Text
16.I1.0192-Friska Viviani Marpaung-BAB III_a.pdf

Download (527kB)
[img] Text
16.I1.0192-Friska Viviani Marpaung-BAB IV_a.pdf

Download (424kB)
[img] Text
16.I1.0192-Friska Viviani Marpaung-BAB V_a.pdf

Download (286kB)
[img] Text
16.I1.0192-Friska Viviani Marpaung-DAPUS_a.pdf

Download (316kB)
[img] Text
16.I1.0192-Friska Viviani Marpaung-LAMP_a.pdf

Download (621kB)

Abstract

Air susu ibu adalah makanan terbaik untuk bayi yang baru lahir hingga umur 6 bulan. Salah satu cara untuk meningkatkan produksi ASI adalah dengan menggunakan laktagogum (lactagogue). Salah satu tanaman pangan yang memiliki fungsi sebagai laktagogum adalah tanaman torbangun atau daun bangun-bangun (Coleus amboinicus L). Torbangun biasa digunakan oleh masyarakat Batak untuk dikonsumsi dalam bentuk sop untuk meningkatkan produksi ASI. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keragaman pengetahuan, persepsi dan sikap serta hubungan antar aspek-aspek tersebut pada ibu-ibu yang sedang menyusui maupun yang pernah menyusui mengenai konsumsi daun torbangun dan kaitannya dengan ASI. Metode survei dilakukan dengan kriteria responden ibu-ibu yang sedang atau pernah menyusui dan ibu-ibu yang sedang atau pernah mengkonsumsi daun torbangun, berusia 21-40 tahun, dan bersedia mengisi kuesioner yang diberikan. Berdasarkan uji pendahuluan terhadap 25 responden, didapatkan jumlah responden yang harus menjadi sampel sebanyak 310 orang. Dari pengujian terhadap pertanyaan dalam kuesioner dengan menggunakan 50 responden, didapatkan 24 pertanyaan yang digunakan, dan disebarkan kepada 310 responden. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, usia terbanyak yang didapatkan dari penelitian ini adalah ibu yang berusia 21 – 25 tahun (26%). Dari hasil keragaman responden memiliki pengetahuan dan sikap yang baik, sedangkan responden memiliki persepsi yang kurang baik dalam mengkonsumsi daun torbangun untuk memperlancar ASI. Terdapat hubungan antara sikap mengkonsumsi daun torbangun terhadap pengetahuan dan persepsi. Sedangkan untuk sikap merekomendasikan kepada orang lain terhadap pengetahuan dan persepsi tidak berhubungan nyata. Kesimpulannya adalah responden telah memiliki pengetahuan dan sikap yang baik, namun memiliki persepsi yang kurang baik dalam hal mengkonsumsi daun torbangun dalam memperlancar ASI. Antara sikap dalam konsumsi daun torbangun terhadap pengetahuan dan persepsi diketahui adanya hubungan, sedangkan antara aspek sikap dalam menyarankan orang lain dalam mengkonsumsi daun torbangun untuk memperlancar ASI terhadap pengetahuan dan persepsi tidak terdapat adanya hubungan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Beverage Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 11 Oct 2021 02:37
Last Modified: 11 Oct 2021 02:37
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/27035

Actions (login required)

View Item View Item