INOVASI PADA MAKANAN BANANDES NUGET PISANG SEMARANG BERDASARKAN PERSEPSI DAN HARAPAN KONSUMEN

Lituhayu, Nada (2020) INOVASI PADA MAKANAN BANANDES NUGET PISANG SEMARANG BERDASARKAN PERSEPSI DAN HARAPAN KONSUMEN. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
16.D1.0238 - Nada Lituhayu - COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
16.D1.0238 - Nada Lituhayu - BAB I.pdf

Download (505kB)
[img] Text (BAB II)
16.D1.0238 - Nada Lituhayu - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text (BAB III)
16.D1.0238 - Nada Lituhayu - BAB III.pdf

Download (419kB)
[img] Text (BAB IV)
16.D1.0238 - Nada Lituhayu - BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
16.D1.0238 - Nada Lituhayu - BAB V.pdf

Download (279kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16.D1.0238 - Nada Lituhayu - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16.D1.0238 - Nada Lituhayu - LAMPIRAN.pdf

Download (561kB)

Abstract

Inovasi merupakan ide, praktek atau obyek yang dianggap baru oleh seseorang individu atau unit pengguna lainnya. Inovasi dilakukan oleh manajemen Banandes Nuget Pisang dalam rangka mempertahankan eksistensi sekaligus mengembangkan bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan harapan konsumen kemudian diadopsi ke dalam proses inovasi produk Banandes nuget pisang Semarang serta mengetahui hasil inovasi yang telah dilakukan. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis deskriptif, dengan mengukur persepsi dan harapan responden. Adapun yang menjadi responden yaitu 40 pelanggan banandes nuget pisang yang telah mengkonsumsi selama satu bulan terahkir dan berlokasi di area peneliti yang sudah ditetapkan. Hasil penilaian persepsi dan harapan konsumen ini yang kemudian menjadi dasar proses inovasi yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum memiliki persepsi yang baik terhadap produk pisang nuget Banandes. Namun masih ada beberapa indikator yang menjadi harapan responden untuk lebih ditingkatkan, meliputi penambahan varian, penambahan toping, bentuk kemasan serta lokasi penjualan pisang nuget Banandes. Adapun hasil inovasi yang dilakukan meliputi nuget pisang dengan varian rasa milked cheese ditambah toping oreo. Serta Penggunaan kemasan paper box agar lebih menarik dan berbahan dasar yang ramah lingkungan. Melakukan promosi online melalui media sosial instagram. Bermitra dengan vendor aplikasi online seperti Gofood dan Grabfood Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Manajemen Nuget Pisang Banandes telah melakukan inovasi bisnisnya dengan hasil berupa penambahan varian rasa milked cheese dengan toping oreo. Serta penggunaan kemasan paper box, promosi online melalui media sosial instagram dan bermitra dengan vendor aplikasi online. Sarang yang direkomendasikan yaitu manajemen pisang nuget Banandes, perlu melakukan inovasi varian secara berkala; manajemen perlu memperkuat brand dengan membuat design khusus kemasan yang digunakan; produk perlu memiliki standar baku untuk menjamin kualitas makanan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Promotion and evaluation
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 26 May 2021 08:36
Last Modified: 26 May 2021 08:36
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/25309

Actions (login required)

View Item View Item