LAPORAN PENGABDIAN MASYARAKAT "PENINGKATAN MANAJEMEN KRISIS OLEH KEPALA DAN HUMAS SEKOLAH YAYASAN ALFA OMEGA DAN YAYASAN PENYELENGGARAAN ILAHI INDONESIA"

PERMATASARI, VINCENTIA ANANDA ARUM and PASARIBU, ROTUMIAR LAPORAN PENGABDIAN MASYARAKAT "PENINGKATAN MANAJEMEN KRISIS OLEH KEPALA DAN HUMAS SEKOLAH YAYASAN ALFA OMEGA DAN YAYASAN PENYELENGGARAAN ILAHI INDONESIA". Project Report. LPPM Unika Soegijapranata. (Unpublished)

[img] Text
LAPORAN PM PENINGKATAN MANAJEMEN REPUTASI SEKOLAH YPKK ALFA OMEGA DAN YPII.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tugas paling sederhana yang harus dimiliki manajemen humas dipaparkan mengenai bagaimana menjaga reputasi sebuah organisasi baik instansi, perusahaan maupun lembaga. Reputasi dapat diperoleh jika identitas yang dibentuk sepahan dengan citra yang diterima. Dengan begitu, hubungan antara internal dengan eksternal dapat berjalan dengan baik sesuai harapan organisasi. Hubungan baik ini yang akan membawa kelangsungan hidup sebuah organisasi. Namun tak jarang jika kendala terjadi. Bahkan lembaga yang mengedukasi orang untuk berpikir dan berperilaku baik seperti sekolah juga sering mendapatkan permasalahaman sehingga mengganggu efektivitas tujuan kerja organisasi. Permasalahan yang terjadi dalam organisasi disebut dengan isu krisis. Oleh sebab itu pemecahannya disebut Manajemen Isu Krisis. Pemecahan isu dan krisis memilki program atau metode yang berbeda sesuai dengan tingkatannya. Manajemen isu dan krisis setiap lembaga juga memiliki program atau metode yang berbeda pula sesuai dengan ciri khas atau visi misi atau kebutuhan dari masing-masing lembaga. Oleh sebab itu, dalam praktik pengabdian ini ditemukan bahwa permasalahan yang terjadi disetiap sekolah berbeda-beda. Sasaran yang menjadi target pengabdian adalah sekolah-sekolah yang berada pada naungan Yayasan Alfa Omega dan sekolah-sekolah yang berada pada naungan Yayasan Penyelenggaraan Ilahi Indonesia. Beberapa juga menangani dengan cara yang berbeda. Seminar dan lolakarya ini pada akhirnya memberikan kontribusi kepada sekolah-sekolah tentang apa itu manajemen isu, manajemen krisis, bagaimana menagani kasus-kasus tersebut dan bagaimana strategi meningkatakan reputasi organisasi bahkan sesudah mengalami isu dan krisis. Dari 2 kali kegiatan di lokasi dan sasaran yang berbeda, sekaligus berdasarkan ragam peserta dari beberapa sekolah baik humas ataupun pimpinan sekolah memberikan warna dan masukan bagi sekolah lain tetang permasalahan dan pemecahan masalah yang terjadi dari lembaga lain. Antusiasme para peserta menunjukkan bahwa kebutuhan kegiatan ini butuh dilakukan secara simultan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Leadership
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Working Cultural
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 659 Advertising and public relations
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Ms Vincentia Ananda
Date Deposited: 22 Sep 2020 14:12
Last Modified: 26 Oct 2020 06:31
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/22347

Actions (login required)

View Item View Item