PENGARUH GAYA HIDUP BERBELANJA DAN PERILAKU HEDONIK TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF (Studi Pada Toko Belanja Online Shopee)

Anggreani, Debora Dian Maydiana (2019) PENGARUH GAYA HIDUP BERBELANJA DAN PERILAKU HEDONIK TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF (Studi Pada Toko Belanja Online Shopee). Masters thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
19.D3.0014 DEBORA - COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
19.D3.0014 DEBORA - BAB I.pdf

Download (553kB)
[img] Text (BAB II)
19.D3.0014 DEBORA - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[img] Text (BAB III)
19.D3.0014 DEBORA - BAB III.pdf

Download (508kB)
[img] Text (BAB IV)
19.D3.0014 DEBORA - BAB IV.pdf

Download (571kB)
[img] Text (BAB V)
19.D3.0014 DEBORA - BAB V.pdf

Download (356kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
19.D3.0014 DEBORA - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19.D3.0014 DEBORA - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh gaya hidup berbelanja dan perilaku hedonik terhadap pembelian impulsif. Populasi yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah mahasiswa konsumen online Shopee di UNIKA Soegijapranata Semarang yang melakukan pembelian minimal 3 kali dalam 3 bulan terakhir (bulan Mei – Juli 2019). Teknik sampling nya adalah purposive sampling. Dalam penelitian ini sampel penelitian sebanyak 100 orang mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata Semarang yang menggunakan online Shop Shopee. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1)Tanggapan responden terhadap gaya hidup berbelanja adalah setuju, hal ini diketahui dari rata-rata jawaban responden untuk variabel gaya hidup berbelanja sebesar 4,18 dan hasil ini menunjukan kecenderungan responden yang setuju dalam menjawab masing – masing pertanyaan kuesioner yang ada. (2)Tanggapan responden terhadap perilaku hedonik adalah setuju, hal ini diketahui dari rata-rata jawaban responden untuk variabel perilaku hedonik sebesar 3,87 dan hasil ini menunjukan kecenderungan responden yang setuju dalam menjawab masing – masing pertanyaan kuesioner yang ada. (3)Tanggapan responden terhadap pembelian impulsif adalah setuju, hal ini diketahui dari rata-rata jawaban responden untuk variabel pembelian impulsif sebesar 3,92 dan hasil ini menunjukan kecenderungan responden yang setuju dalam menjawab masing – masing pertanyaan kuesioner yang ada. (4)Hasil pengujian variabel gaya hidup berbelanja menunjukan tingkat signifikansi sebesar 0,002 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa gaya hidup berbelanja berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Artinya H1 dalam penelitian ini diterima. (5)Hasil pengujian variabel perilaku hedonik menunjukan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perilaku hedonik berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Artinya H2 dalam penelitian ini diterima. (6) Hasil pengujian variabel gaya hidup berbelanja dan perilaku hedonik secara bersama – sama menunjukan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa gaya hidup berbelanja dan perilaku hedonik secara bersama – sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Artinya H3 dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Consumtivesm
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
Divisions: Graduate Program in Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 14 Sep 2020 04:38
Last Modified: 14 Sep 2020 04:38
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21598

Actions (login required)

View Item View Item