EVALUASI PENJAMINAN MUTU DAN KEAMANAN PANGAN PROSES PRODUKSI OLAHAN UDANG DI SALAH SATU RESTAURANT DI SEMARANG BERDASARKAN PRINSIP GMP DAN SSOP

PUTRI, ELISABETH ERIN NATASHA (2019) EVALUASI PENJAMINAN MUTU DAN KEAMANAN PANGAN PROSES PRODUKSI OLAHAN UDANG DI SALAH SATU RESTAURANT DI SEMARANG BERDASARKAN PRINSIP GMP DAN SSOP. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
15.I1.0098 ELISABETH ERIN NATASHA PUTRI - COVER.pdf

Download (871kB)
[img] Text (BAB I)
15.I1.0098 ELISABETH ERIN NATASHA PUTRI - BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB II)
15.I1.0098 ELISABETH ERIN NATASHA PUTRI - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text (BAB III)
15.I1.0098 ELISABETH ERIN NATASHA PUTRI - BAB III.pdf

Download (875kB)
[img] Text (BAB IV)
15.I1.0098 ELISABETH ERIN NATASHA PUTRI - BAB IV.pdf

Download (301kB)
[img] Text (BAB V)
15.I1.0098 ELISABETH ERIN NATASHA PUTRI - BAB V.pdf

Download (141kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15.I1.0098 ELISABETH ERIN NATASHA PUTRI - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15.I1.0098 ELISABETH ERIN NATASHA PUTRI - LAMPIRAN.pdf

Download (459kB)

Abstract

Proses pengolahan udang goreng tepung di Restaurant siap saji “A” perlu dikendalikan untuk menerapkan sanitasi dan higienitas pada bahan baku dan sepanjang proses pengolahan menggunakan prinsip Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) sebagai upaya penjaminan mutu dan keamanan perlu dirancang dengan seksama. Penelitian ini mengambil lokasi di Restaurant siap saji “A” di Tembalang Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji seluruh rantai proses pengolahan masakan olahan udang pada sebuah rumah makan di Tembalang serta mengevaluasi keamanan dan mutu produk berdasarkan 7 prinsip HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) yang didasari oleh sistem Good Manufacturing Practices (GMP) dan Sanitation Standart Operating Procedures (SSOP). Penggunaan checklist GMP dan SSOP dilakukan pada tahapan observasi di Restaurant siap saji “A”, selanjutnya dilakukan penyusunan HACCP Plan. Hasil observasi terhadap implementasi sanitasi dan higienitas diketahui bahwa kesadaran sanitasi dan higienitas para pekerja kurang. Bahan baku yang masuk dalam TKK adalah udang mentah karna adanya bahaya bakteri Escherichia coli. Pengendalian terhadap bahan baku udang dilakukan pada saat penerimaan bahan baku dengan menggunakan sarung tangan, pengkontrolan suhu pada saat penerimaan dan dilakukan pencucian dengan air mengalir. Proses pengolahan yang masuk dalam TKK dalam proses pembuatan udang goreng tepung adalah proses penggorengan, dan proses penyajian yang terdapat bahaya dari bahaya yang sebelumnya belum dapat dihilangkan. Pada sistem pengendalian ditetapkan dan dilakukan verifikasi untuk memastikan sistem pengendalian berjalan dengan baik. Pada tahap verifikasi pengujian laboratorium sampel produk udang goreng tepung, dapat di ketahui bahwa hasil pengujian menggunakan metode ALT dan APM menunjukan hasil belum memenuhi persyaratan SNI 6163:2017.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > 664 Food technology > Food safety
600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > 664 Food technology > Food processing
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 23 Jun 2020 03:30
Last Modified: 23 Jun 2020 03:30
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21543

Actions (login required)

View Item View Item