STUDI DESKRIPTIF TENTANG KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL PERAWAT NON PNS DI RSJD DR. AMINO GONDOHUTOMO PROVINSI JAWA TENGAH

ARDHY, GIDEON PRATAMA (2019) STUDI DESKRIPTIF TENTANG KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL PERAWAT NON PNS DI RSJD DR. AMINO GONDOHUTOMO PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text
15.D1.0255 GIDEON PRATAMA ARDHY (6.96)..pdf COVER.pdf

Download (969kB)
[img] Text
15.D1.0255 GIDEON PRATAMA ARDHY (6.96)..pdf BAB I.pdf

Download (816kB)
[img] Text
15.D1.0255 GIDEON PRATAMA ARDHY (6.96)..pdf BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[img] Text
15.D1.0255 GIDEON PRATAMA ARDHY (6.96)..pdf BAB III.pdf

Download (327kB)
[img] Text
15.D1.0255 GIDEON PRATAMA ARDHY (6.96)..pdf BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15.D1.0255 GIDEON PRATAMA ARDHY (6.96)..pdf BAB V.pdf

Download (217kB)
[img] Text
15.D1.0255 GIDEON PRATAMA ARDHY (6.96)..pdf DAPUS.pdf

Download (326kB)
[img] Text
15.D1.0255 GIDEON PRATAMA ARDHY (6.96)..pdf LAMP.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui deskripsi kepuasan kerja dan komitmen organisasional perawat non PNS, serta mengetahui upaya-upaya yang dilakukan RSJD dr. Amino Gondohutomo Provinsi Jawa Tengah untuk lebih meningkatkan kepuasan kerja dan komitmen organisasional perawat non PNS. Pada penelitian ini menggunakan 53 perawat non PNS. Metode pengumpulan data yang digunakan kuesioner dan wawancara. Metode yang digunakan untuk pengolahan data adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan kepuasan kerja perawat non PNS tergolong tinggi dengan rerata skor 3,80. Berdasarkan lima indikator kepuasan kerja: kepuasan terhadap pekerjaan itu sendiri, gaji, peluang promosi, pengawasan, dan rekan kerja. Komitmen organisasional perawat non PNS tergolong tinggi dengan rerata skor 3,72. Berdasarkan tiga indikator komitmen organisasional: komitmen afektif, berkelanjutan dan normatif. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kepuasan kerja dan komitmen organisasional adalah memberikan gaji yang sesuai, memberikan tunjangan jasa pelayanan. Mengadakan gathering bersama, bimbingan teknis,pelatihan keperawatan. Memberikan kesempatan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi dengan program izin belajar. Menciptakan lingkungan kerja yang harmonis, aman dan nyaman dengan cara saling menghargai dan menghormati, menjaga kepercayaan dalam melakukan pekerjaan. Adanya sikap tolong menolong, terbuka antara sesama perawat dan atasan. Memberikan kesempatan berpendapat, adanya transparansi informasi terkait pekerjaan. Menciptakan keadilan terhadap anggota, tidak diskriminatif, dan menjamin rahasia pribadi anggota perawat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Job satisfaction
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 20 Mar 2020 05:27
Last Modified: 25 Sep 2020 04:23
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/20838

Actions (login required)

View Item View Item