PENGARUH PENAMBAHAN FAN TINGKAT TRAY TERHADAP PROSES PENGERINGAN TEMULAWAK (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) DENGAN SOLAR PORTABLE DRYER

WIDIASARI, ANITA (2017) PENGARUH PENAMBAHAN FAN TINGKAT TRAY TERHADAP PROSES PENGERINGAN TEMULAWAK (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) DENGAN SOLAR PORTABLE DRYER. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
13.70.0022 ANITA WIDIASARI - COVER.pdf

Download (575kB)
[img] Text (BAB I)
13.70.0022 ANITA WIDIASARI - BAB I.pdf

Download (368kB)
[img] Text (BAB II)
13.70.0022 ANITA WIDIASARI - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB)
[img] Text (BAB III)
13.70.0022 ANITA WIDIASARI - BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text (BAB IV)
13.70.0022 ANITA WIDIASARI - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text (BAB V)
13.70.0022 ANITA WIDIASARI - BAB V.pdf

Download (214kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.70.0022 ANITA WIDIASARI - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
13.70.0022 ANITA WIDIASARI - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Temulawak (Curcuma xanthorriza Roxb.) merupakan salah satu tanaman rempah-rempah yang nilai ekonomisnya cukup tinggi. Temulawak berperan sebagai antioksidan karena di dalamnya terkandung komponen aktif seperti kurkumin, demetoksikurkumin, dan bisdemetoksikurkumin. Temulawak mudah rusak karena kadar air yang terkandung cukup tinggi, sehingga menyebabkan umur simpannya pendek. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan pengeringan.Dengan adanya pengeringan, kadar air yang terkandung di dalam bahan makanan dapat dikurangi, sehingga dapat menghindari kemungkinan kerusakan bahan makanandan memperpanjang umur simpan dari produk. Pengeringan dapat dilakukan dengan menggunakan alat Solar Portable Dryer. Alat ini merupakan modifikasi dari Solar Tunnel Dryer, tetapi alat ini mudah dipindahkan sehingga lebih fleksibel dalam penggunaannya. Untuk meningkatkan efektivitas alat maka dilengkapi dengan penambahan fan yang bertujuan untuk membuang uap air keluar ke lingkungan, dan penggunaan tray satu tingkat dan dua tingkat sehingga kapasitas yang digunakan dapat lebih banyak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan kecepatan fan yang berbeda dan tingkatantray terhadap proses pengeringan dan kualitas akhir temulawak yang dikeringkan dengan Solar Portable Dryer. Analisa yang digunakan adalah analisa kadar air, laju pengeringan, analisa aktivitas air, analisa aktivitas antioksidan, analisa intensitas warna, dan analisa kurkumin. Hasil dari penelitian ini adalah pengeringan dengan menggunakan single tray dan double tray (atas) dengan kecepatan fan 660 rpm menghasilkan waktu pengeringan lebih cepat dibanding perlakuan lain. Penggunaan kecepatan fan 1320 rpm menghasilkan simplisia temulawak dengan antioksidan dan kurkumin yang lebih tinggi. Perlakuan tray atas berbeda nyata dengan tray bawah pada Aw, antioksidan, dan kurkumin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology
600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology > Drying
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 21 Jan 2020 05:01
Last Modified: 13 Jun 2022 06:47
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/20646

Actions (login required)

View Item View Item