PENGARUH METODE SPRAY DRYING DAN FOAM-MAT DRYING TERHADAP KARAKTERISTIK FISIKOKIMIA MINUMAN SERBUK INSTAN CAMPURAN LABU KUNING DAN WORTEL

CAHYADI, KEVIN (2017) PENGARUH METODE SPRAY DRYING DAN FOAM-MAT DRYING TERHADAP KARAKTERISTIK FISIKOKIMIA MINUMAN SERBUK INSTAN CAMPURAN LABU KUNING DAN WORTEL. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
13.70.0096 Kevin Cahyadi COVER.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
13.70.0096 Kevin Cahyadi BAB I.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
13.70.0096 Kevin Cahyadi BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
13.70.0096 Kevin Cahyadi BAB III.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
13.70.0096 Kevin Cahyadi BAB IV.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
13.70.0096 Kevin Cahyadi BAB V.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.70.0096 Kevin Cahyadi DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
13.70.0096 Kevin Cahyadi LAMPIRAN.pdf

Download (549kB) | Preview

Abstract

Labu kuning dan wortel merupakan bahan pangan yang banyak dibudidayakan di indonesia serta memiliki kandungan nutrisi tinggi terutama pada vitamin A. Proses pengolahan yang terbatas membuat labu kuning dan wortel perlu dikembangkan menjadi produk baru yang digemari masyarakat. Minuman serbuk merupakan produk yang cocok karena masyarakat jaman sekarang ini menghendaki produk pangan yang instan dalam penyajian dan juga bernutrisi. Pembuatan minuman serbuk campuran labu kuning dan wortel dilakukan dengan pengeringan spray serta pengeringan foam-mat. Pengeringan spray dan foam-mat memiliki prinsip yang serupa yaitu memperlebar luas permukaan bahan sehingga proses pengeringan lebih cepat selesai. Penambahan maltodekstrin dilakukan sebagai mikroenkapsulan produk untuk mencegah kehilangan senyawa vitamin A berlebih karena penggunaan suhu panas. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses pengeringan terbaik untuk memproduksi minuman serbuk campuran labu kuning dan wortel ditinjau dari karakteristik fisik dan kimia yang dihasilkan. Penelitian diawali dengan memotong kecil – kecil bahan dan diblanching pada suhu 70oC selama 3 menit. Labu kuning dan wortel yang telah diblanching dibagi menjadi 3 formulasi terdiri dari formulasi A (25 labu kuning : 75 wortel), formulasi B (50 labu kuning : 50 wortel), dan formulasi C (75 labu kuning : 25 wortel). Masing – masing formulasi kemudian diberi penambahan air 1:1, dihaluskan, dan disaring sehingga dihasilkan jus. Jus yang telah dihasilkan diberi maltodekstrin sebanyak 20% dari total jus yang dihasilkan dan siap untuk dikeringkan. Pada pengeringan spray dilakukan pada suhu 60oC menggunakan mesin spray dryer. Pada pengeringan foam-mat perlu diberi foam agent berupa tween 80 sebanyak 0,1% dari total jus yang sudah diberi maltodekstrin. Jus tersebut dikocok dengan mixer selama 5 menit hingga muncul busa. Busa yang muncul kemudian diletakan di dalam loyang dan dikeringkan pada pengering dehumidifier selama 6 jam pada suhu 60oC. Minuman serbuk yang dihasilkan dari masing – masing metode pengeringan diberi penambahan sukrosa sebanyak 50% dari total berat serbuk dan serbuk siap dianalisa. Analisa yang dilakukan meliputi uji warna dan uji kelarutan sebagai karakteristik fisik serta uji kadar air, uji betakaroten, dan uji antioksidan sebagai karakteristik kimia. Hasil dari penelitian menunjukan pengeringan foam-mat menghasilkan minuman serbuk yang lebih baik dari sisi kandungan betakaroten, kandungan antioksidan, kadar air, dan intensitas warna dibanding pengeringan spray. Formulasi A menjadi formulasi terbaik menghasilkan kadar betakaroten, kadar antioksidan, serta intensitas warna terbaik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > 664 Food technology
600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > 664 Food technology > Food processing
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 30 Nov 2017 05:31
Last Modified: 02 Sep 2021 06:43
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15310

Actions (login required)

View Item View Item