PENGARUH TEKANAN ETIS TERHADAP KONFLIK ORGANISASIONAL-PROFESIONAL DAN KONFLIK ORGANISASIONAL-PROFESIONAL TERHADAP KEINGINAN BERPINDAH MELALUI KEPUASAN KERJA

Prabowo, Ferdy Kurniawan (2007) PENGARUH TEKANAN ETIS TERHADAP KONFLIK ORGANISASIONAL-PROFESIONAL DAN KONFLIK ORGANISASIONAL-PROFESIONAL TERHADAP KEINGINAN BERPINDAH MELALUI KEPUASAN KERJA. Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
03.60.0180 Ferdy Kurniawan P COVER.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03.60.0180 Ferdy Kurniawan P BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text (BAB II)
03.60.0180 Ferdy Kurniawan P BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (BAB III)
03.60.0180 Ferdy Kurniawan P BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (BAB IV)
03.60.0180 Ferdy Kurniawan P BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text (BAB V)
03.60.0180 Ferdy Kurniawan P BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
03.60.0180 Ferdy Kurniawan P DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
03.60.0180 Ferdy Kurniawan P LAMPIRAN.pdf

Download (401kB) | Preview

Abstract

Kantor akuntan publik (KAP) adalah suatu bentuk organisasi akuntan publik yang memperoleh izin sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang berusaha di bidang pemberian jasa profesional dalam praktik akuntan publik yang dapat berupa jasa audit, jasa atestasi, jasa akuntansi dan review, perpajakan, perencanaan keuangan perorangan, jasa pendukung litigasi dan jasa lainnya yang diatur dalam standar profesional akuntan publik. Akan tetapi kedekatan pimpinan KAP dengan klien menyebabkan pimpinan menekan bawahan untuk mempercepat audit dengan mengabaikan prosedur – prosedur tertentu sehingga melanggar kode etik atau bahkan SPAP. Tekanan etis yang dirasakan auditor kemudian menimbulkan konflik antara kode etik profesi dan nilai organisasi, yang kemudian akan menyebabkan berkurangnya kepuasan kerja sehingga menimbulkan keinginan berpindah pada auditor. Penelitian ini dilakukan dengan melihat pengaruh dari tekanan etis terhadap konflik organisasional – profesional, dan dengan semakin tingginya tingkat konflik organisasional – profesional maka akan semakin rendah kepuasan kerja dan akan semakin tinggi keinginan berpindah. Responden dalam penelitian ini adalah para auditor dari KAP di Semarang yang berjumlah 32 orang. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa tekanan etis berpengaruh terhadap konflik organisasional – profesional. Kemudian untuk hasil pada penelitian pengaruh konflik organisasional – profesional terhadap keinginan berpindah melalui kepuasan kerja terdapat nilai koefisien beta yang tidak signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja tidak dapat berfungsi sebagai mediator dalam hubungan antara konflik organisasional – profesional terhadap keinginan berpindah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Job Satisfaction
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 30 Mar 2017 14:08
Last Modified: 30 Mar 2017 14:08
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13693

Actions (login required)

View Item View Item