MEDIASI PENGGUNAAN SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN PADA HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PERSAINGAN PASAR TERHADAP KINERJA UNIT BISNIS PERUSAHAAN

MARTIN, - (2010) MEDIASI PENGGUNAAN SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN PADA HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PERSAINGAN PASAR TERHADAP KINERJA UNIT BISNIS PERUSAHAAN. Other thesis, Prodi Akuntansi Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
04.60.0237 Martin COVER.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
04.60.0237 Martin BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text (BAB II)
04.60.0237 Martin BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text (BAB III)
04.60.0237 Martin BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (BAB IV)
04.60.0237 Martin BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (BAB V)
04.60.0237 Martin BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04.60.0237 Martin DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
04.60.0237 Martin LAMPIRAN.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan informasi sistem akuntansi manajemen memiliki pengaruh yaitu sebagai variabel mediasi terhadap hubungan antara intensitas persaingan pasar dengan kinerja unit bisnis perusahaan. Penelitian ini terkonsentrasi pada penggunaan informasi sistem akuntansi manajemen oleh manajer unit bisnis perusahaan, karena penggunaan informasi sistem akuntansi manajemen memberikan benchmarking dan monitoring yang berguna bagi perusahaan dalam menghadapi lingkungan bersaingnya. Benchmarking berarti upaya membandingkan kondisi internal suatu perusahaan dengan pesaingnya yaitu dari segi costs dan structure costs, produktivitas, kualitas, harga , customer service, dan profitabilitas. Monitoring berarti pemberian feed back atau umpan balik dari pengimplementasian strategi-strategi perusahaan untuk mencapai faktor-faktor yang telah ditetapkan sebelumnya dalam benchmarking perusahaan. Sampel didalam penelitian ini adalah manajer unit bisnis dari industri manufaktur berskala besar yang berlokasi di Semarang yang berjumlah 60 orang dari 60 perusahaan. Penentuan sampel menggunakan non-probability sampling dengan cara purposive sampling. Pengembalian kuesioner dalam penelitian ini berjumlah 31 kuesioner, jumlah tersebut terdiri dari 30 perusahaan, dimana 29 perusahaan masing-masing memiliki 1 unit bisnis dan 1 perusahaan memiliki 2 unit bisnis. Pengujian hipotesis menggunakan teknik path analysis. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa variabel penggunaan informasi sistem akuntansi manajemen memediasi atau mempengaruhi secara tidak langsung hubungan antara intensitas persaingan pasar terhadap kinerja unit bisnis. Dengan demikian adanya peningkatan intensitas persaingan pasar akan meningkatkan penggunaan informasi sistem akuntansi manajemen guna peningkatan kinerja unit bisnis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 19 Oct 2016 05:16
Last Modified: 19 Oct 2016 05:16
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/12136

Actions (login required)

View Item View Item