EFEKTIFITAS ELECTROLYZED REDUCED WATER SEBAGAI DISINFEKTAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP MUTU FILET IKAN KAKAP PUTIH (Lates calcalifer)

SANTOSO, SHERLY PUTRI (2016) EFEKTIFITAS ELECTROLYZED REDUCED WATER SEBAGAI DISINFEKTAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP MUTU FILET IKAN KAKAP PUTIH (Lates calcalifer). Other thesis, PRODI TEKNOLOGI PANGAN UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img]
Preview
Text (COVER)
12.70.0023 Sherly Putri Santoso COVER.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
12.70.0023 Sherly Putri Santoso BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text (BAB II)
12.70.0023 Sherly Putri Santoso BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text (BAB III)
12.70.0023 Sherly Putri Santoso BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text (BAB IV)
12.70.0023 Sherly Putri Santoso BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text (BAB V)
12.70.0023 Sherly Putri Santoso BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.70.0023 Sherly Putri Santoso DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
12.70.0023 Sherly Putri Santoso LAMPIRAN.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Ikan merupakan bahan pangan yang mudah mengalami kontaminasi dan penurunan mutu apabila tidak diolah dengan baik. Tahapan pengolahan ikan yang penting salah satunya adalah pencucian karena merupakan tahapan yang bertujuan untuk menurunkan atau menghilangkan mikroorganisme kontaminan yang menempel di permukaan bahan. Klorin merupakan bahan yang sering digunakan sebagai disinfektan dalam pencucian, namun penggunaan klorin residunya berbahaya bagi kesehatan. Electrolyzed Reduced Water (ERW) berpotensi sebagai disinfektan karena memiliki ion OH- yang dapat merusak sel bakteri. Namun pengaruh penerapan ERW terhadap umur simpan daging ikan belum diketahui. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui keefektifan ERW yang digunakan untuk pencucian terhadap karakteristik daging ikan selama penyimpanan dalam Chiller. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lama waktu perendaman daging ikan kakap putih dalam ERW terhadap kualitas sensori, fisik, kimia, dan mikrobiologinya selama 7 hari penyimpanan. Pada penelitian ini daging filet direndam dalam ERW selama 15, 20, dan 25 menit, serta dalam klorin selama 5 menit sebagai perlakuan kontrol. Daging filet yang telah direndam kemudian disimpan pada suhu 5,70C selama 7 hari dan tiap harinya dilakukan analisa berat, WHC, pH, TMA, TPC, warna, dan uji Escherichia coli dan Salmonella, sp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin lama direndam dengan ERW warna daging semakin pucat, jumlah mikroorganisme semakin menurun, sedangkan berat, WHC, pH, dan TMA semakin meningkat. Selama penyimpanan, semakin lama direndam dalam ERW kualitas daging filet ikan secara fisik, kimia, maupun mikrobiologi semakin turun namun tidak ditemukan pertumbuhan bakteri Escherichia coli dan Salmonella, sp dan warna daging lebih dapat dipertahankan. Perendaman dengan ERW selama 15 menit dan 20 menit memiliki kualitas yang hampir sama dengan daging yang tidak direndam, sedangkan perendaman selama 25 menit memiliki kualitas yang hampir sama dengan daging yang direndam klorin. Penggunaan ERW lebih baik dibandingkan dengan klorin namun kurang efektif diterapkan pada daging filet ikan yang mengandung banyak bahan organik yang mampu mengurangi keefektifan ERW.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > 664 Food technology
600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > 664 Food technology > Food processing
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 03 Oct 2016 05:19
Last Modified: 11 Jan 2023 01:26
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11595

Actions (login required)

View Item View Item