ANALISIS PERBEDAAN TANGGAPAN KONSUMEN YANGA BERGANTI MERK PASTA GIGI TERHADAP MERK YANG KINI DIGUNAKAN (STUDI KASUS KELURAHAN NGESREP, KECAMATAN BANYUMANIK)

NUGROHO, ANDRI (2002) ANALISIS PERBEDAAN TANGGAPAN KONSUMEN YANGA BERGANTI MERK PASTA GIGI TERHADAP MERK YANG KINI DIGUNAKAN (STUDI KASUS KELURAHAN NGESREP, KECAMATAN BANYUMANIK). Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
97.30.3023 Andri Nugroho COVER.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB I)
97.30.3023 Andri Nugroho BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3023 Andri Nugroho BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3023 Andri Nugroho BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3023 Andri Nugroho BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] Text (BAB V)
97.30.3023 Andri Nugroho BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
97.30.3023 Andri Nugroho DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (44kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
97.30.3023 Andri Nugroho LAMPIRAN.pdf

Download (372kB)

Abstract

Pasta gigi merupakan produk yang menjadi kebutuhan sehari - hari yang digunakan oleh masyarakat, sehingga banyak perusahaan yang mcmproduksi pasta gigi dengan bennacam - macam mcrk. Hal ini membuat persaingan dalam industri pasta gigi semakin ketat. Oengan adanya bermacam - macam merk yang beredar dipasaran membuat konsumen dihadapkan deDgan begitu banyak pilihan. Diantara konsumen yang setia pada pasta gigi dengan merk tertentu, terdapat pula konsumen yang beralib ke merk yang lain dengan alasan tidak puas dan coba - coba. Salah satu filktor yang mempengaruhi konsumcn daIam berganti pasta gigi adaIah dari segi bauran pemasaran yang ditawarkan oleb perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menge~ui ada J tidaknya perbedaan tanggapan konsumen yang berganti merk pasta gigi na tidak puas pada produk yang digunakan sebelumnya dengan ko g 1)0, . rk pasta gigi karena coba - coba terhadap merk g-ldffi- digunaIciilnlitinj3 dari bauran pemasaran. Dan manfaat penelif bagi pe;msabaen adalah d' a dapat membantu pemsabaan untuk ~getahui dan Js!lih memaham1 parilaIru n da1arn berganti merk, sehin~t nantinya.;tlapat merwn~ keputu atau kebijakan yang tepat untuk !P"\!i"ga loy' itas pelaJ)D~O[II! Sedang~1IIl bagi rq.paca atau peneliti lain dapat wen1lerikan inJ' rmasi Y3/I& beiTtIoDf3at bagi ihak - ' p1liaI. yang tertarik da1arn penelittan dengan.rermasaIahin yang IIII!a. ; VariabeL yang dig an daI8m peneLitian{W anIIra lain v"'.'ibel pr yang meliputi kemarnpuan - silli dalam memutihllalt ,sigi, menja\likan s lebih segar, mcncegah gig' rLuban~ dan menjag'Uligi~bih kua\. Variabel, h3!Ba rneliputi tingginya barga duk y~~ 9igJmakan se'beIumrtyI, k,cse:Laian bf@a dODgan kualitas. Variabel romo, mEiPuti keinenarikan promosi, promosi ~a/!g memberikan badiah dan pro si yang "'ring muncuL dibe\bagai media. Scda an variabel distnousi. melipu 1..'l(emuaah~~_ ~Oleh pasta g~ dan ketersediaan pasta gigi daLarn ji!ttila~g bany.!.:. ::::,.....-' Lokasi dari penelilian adalah /<elurahan Ngesrep, Banywnanik Populasi dalarn peneJit ' ~alah warga 1.:elurahon rep yang pemah atau sarnpai saat ini masih ber . . 'l!'!I!.'~ rl>J!.....~gtKarena tidak puas pada produk yang digunakan sebelumnya, mau'fjun>1M8,,!Jerganti merk pasta gigi karena ingin ooba - coba, sedangkan sampel ditentukan secara Quota Sampling. Teknik yang <ligunakan dalarn pengambilan sampel ini adaIah accidental sampling. Pengwnpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden dan menentukan skar pacta setiap item pertanyaan kuesioner digunakan skala likert. Data yang telab dikumpulkan dari kuesioner terlebih dahulu akan diuji dengan vaIiditas dan reaIibilitas. Pendckatan yang dipergunakan daIam uji validitas dan reabilitas adalah dengan menggunakan korelasi product moment dan croocbach's alpha. Metode analisis data yang digunakan adaIab analisis uji beda KoImagorov - Smimov. Analisis ini digunakan untuk melakukan pengujian perbedaan terbadap dua sampel independen dengan mclibat frekuensi kumulatif dari masing - masing kelompok responden terbadap item - item pertanyaan yang terdapat dalam kuesioner. Untuk: melihat adanya perbedaan tersebu~ didalam analisis ini dapat dilihat dcogan membandingkan oiIai perbedaao D tabel dengan oiIai D hitung. Apabila nilai D hitung > D tabel, maka terdapat perbedaan tanggapan atas perilaku kooswnen yang berganti merk pasta gigi antara kelompok responden yang bcrganti meek pasta gigi karena tidak puas dengan yang berganti pasta gigi karena coba - coha terhadap merk yang kini digunakan ditinjau dari hauran pemasaran, begitu pula sebaliknya. Hasil pengujian dengan alat anaIisis les dua sampel Kolmogorov - Smirnov menunjukkan bahwa jtem aI, a2 memperlihatkan bahwa nilai D hitung > D tabel , sedangkan a3, 04 memperlibatkan babwa oiIai D hitung < D tabel, sehingga dapat dinyatakan babwa terdapat perbedaan tanggapan konsurnen yang berganti meek karena tidak puas dan coba -<aba terbadap meek pasta gigi yang kiru digunakan ditinjau dari variabel produk.ltem bl, b2 memperlihatkan babwa oiIai D hitung < D tabel , sehingg. dapat dinyatakan babwa tidak terdapat perbedaan tanggapan konsumcn yang berganti merk kareoa ijak puas dan coba -coba terhadap merk pasta gigi yang kini digunakan diUrgau"dari . 1 harga Item cl, c2, c3 memperlihatkan bahwa nilai D ~ng~'i'bel ,se1llngga a t dinyatakan babwa tidak terdapat perbedaan t~pan konsumen yang berganti k karena tidak puas dan coha -<:aha terbailap merk pasta ...sigi Y3ll8 kini digunak~itinjau dari variabel promosi. Item dl, 1f. mempe)liha'tkan babwa ilnai..(> hitungl.'t tabel , sehingga dapat dinyatakan baliwa terdjlpat perbedaan tanggapan konsum ::sherganti merk karena tidak ptta8 dan cobol - coba terhadap merk a gigi fang kJnj dlI ditinjau dari vari be distribusi. I Berdasarkan hasil ~.,liilin, kesimpuian J'I\flg dapat diambil a untie variabel produk dan distribuS! terdap~1l perbedaaD..sedan~ UIIII\ varia",,1 pro dan harga tidak tcrdapat ~daan t.inggapan anlara 6iiSumen yang ~ganti pasta gigi karcoa tidak pu ileng~ k~nsumen ~ berganti a.I< pak gigi k coha - coha terhadap merk rrg IiJni di~unakan )eYjUlg dapat peneliti blj"11a"' adalah perusahaao dapa! rT1!;)akukan inovasi ~tuUJ>eo$:mb'!llSan prod menciptakan produk baru yan~di'esuaik,," eog''arf""paSar~yang in· ituju dan keingioan dan kebutuhan ko~n. Sol""l ltu ~eiusahaao juga.p u untuk meningkatkan dan menjaga kuali ~ yang dihasilkan. pabll. kepuasan konsumen dapat dipenuhi, maka de _ OOI!I!iri!!J~ns~ · . ~adi loyal terhadap produk tersebut dan tidak mudab berg3'lit(~rk.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Marketing Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 25 May 2016 01:52
Last Modified: 25 May 2016 01:52
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9377

Actions (login required)

View Item View Item