PENGARUH PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PERUSAHAAN KARTON BOX PT. PURA BARUTAMA KUDUS

KUSWANTO, HENNY YULIANTI (1998) PENGARUH PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PERUSAHAAN KARTON BOX PT. PURA BARUTAMA KUDUS. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
92.30.1236 Henny Yulianti Kuswanto COVER.pdf

Download (225kB)
[img] Text (BAB I)
92.30.1236 Henny Yulianti Kuswanto BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1236 Henny Yulianti Kuswanto BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1236 Henny Yulianti Kuswanto BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1236 Henny Yulianti Kuswanto BAB IV.pdf

Download (423kB)
[img] Text (BAB V)
92.30.1236 Henny Yulianti Kuswanto BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
92.30.1236 Henny Yulianti Kuswanto DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (40kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
92.30.1236 Henny Yulianti Kuswanto LAMPIRAN.pdf

Download (205kB)

Abstract

Krieie moneter yang melanda sejak bulan Jull 1997 Baat inl membawa dampak terhadap beberapa sendi kehldupan perekonomian Indonesia. Aklbat adanya krlaia moneter teraebut banyak terdapat perueahaan yang berhenti beroperaei untuk eementara bahkan ada yang ditutup eama eekali. Adanya krlale ekonomi tersebut juaa eemakln menurunkan haail penjualan pada PT. Pura Barutama KuduB. Sebelum adanya krlsie moneter. pada tahun 1995 penjualannya hany& nelk sebeear 2.12%. Adanya k 1996 justru menurun eemakln menurunkan produk . ke riset pSS8r yaltu ~' K,onBumen per konsume induBtrl a dialrlbusiny a alah langsyns d -r produeen I' n- tJbpa me lal~~ p,a~ans pelanta a, aeh1nasa relat1f dak ~rdapat mas\?-,lah. J Ad un pr dult. haraa dan ProIlOB ' ysnW l akeanakan peruaahaa kJmunBkinan~ menarikiJ~1r~ koneumen _..,-,,,nya, yaltuf-_k-QJ\.Bu-m-en /t/ ctUBtr' / (i)lntuk: diguns.- ., roduk Yhns dihasilkan ; aumen) . Produk karton diprodukeU 'perlu 1:tti~ tl apakah Budah ~ memenuhl kon6~~t n pula dengan hargs. yang d1tetapkannya. Dem~~n dl1akeanakan apakah Budah rnampu menarik promoBl yang dan membujuk konaumen untuk melakukan pembelian, eekaligue mampu memelihara komunikaei secara baik dengan pelanggan yang sudah ada. Berdaearkan pemikiran tereebut delam penuliean skripsi in1 eken d1teliti mengenal psngaruh produk~ harge dan promoai terhadap keputuean pembe11an konaumen pada perusahaan ke.rton box PT. Pura Barutama KuduB. Adapun judul yang diambil adalah: "PENGARVlI PRODUK. HARGA DAN PROHOSI TERHADAP KEFUTUSAN PEHBELIAN KONSUHEN FADA PERUSAHAAN KARTON BOX FT. FURA BARUTAHA KUDUS·. Masalah yana dihadap1 perueahaan karton box PT. Pure. Barutame. Kudue tereebut dapat d1rumuskan aebagai berikut: 1. Apakah dan eisnif1- 2. 3. 4. Barutama basian Pembel1 karton box produksi dan Bisnifibox produksi dan ei8- box secara terhadap PT. Pura yang PT. Pura Kepala berkenaan den8an produk~ harga dan promosi dari produk karton box dari PT. Pure. Barutama Kudus Berte. tanggapannya stas keputuesn pembellannya. Lakasi pene11tlannya adalah di Kote. Semarang. Populasi dalam penelltian ln1 adalah Bemua konsumen industri PT. Pure. Barutama Kudue yang berada d1 Rota Semareng yang berjumlah 33 konsumen. Keseluruhan anggota populasi tersebut diambil 'sellua ' sebagai responden penelitian (sensus). Data yang dibutuhkan dalam penelitian lnl mellputidata primer dan data sekunder. Cara-cara pengumpulan· data menggunakan kuesioner. interview/ wawanoara dan ,studi Pustaka. Sebelum data dianalisis. sebelullnya dilakukan uji validitas dan reliabitas. Uji validi·tas digunakan perhltungan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas digunakan rumus Spearman-Brown. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan dapat di-ketahui masing-masing indikator adalah valid dan reliabel. Dat"a dianalisis berdasarkan jl lisis kuantitatif. dengan lIenggunakan rum#s ~8am~n~e~r8~' engujian hipotesis secara parsia ~nakan ,u ji-t dan~ a a berS8I1a-Sam& (berganda) me ggUnakan~ Berdas an has11 penelitia telah an d pat diubil kut: 1. emp e1?aruhi Sign } fi~a . jukka ' leh koef i.ien r~gf"esi b 1= O. 57 da s1gn if·kan pada tarat 61gnitikan io% da yang beriposid1tunterbukti :; 2S. di mana t-b tung > t-tabe~ ... -itu 1.9 9 > 1 ,1l. 2. Harga me e garUhl~:tlse.~e~eli8.n.2IcarB. posit·ip dan signif~ f . Bega nya~engaruh teF~~~t d ltunjukkan oleh k~ f~sien rekr~ si b~~~~ dan terbukti sign ifikan p at itt g~~1~~ dan dk= 29, dl mana t-hitung > t-tabel, yaitu 1,625 ) 1.311. 3 . Promosi mempengaruhi keputusan pembelian s e cara positip dan signifikan. Besarnya penaaruh tersebut ditunjukkan oleh koefisien regresi b3= 0,364 dan terbukti signifikan pada taraf signifikan 10% dan dk= 29. di mana t - hitung > t - tabel. yaitu 2.258 > 1.311. 4. secara keeeluruhan pengaruh produk. harga dan promoei terhadap keputuean pembelian konsumen adalah 51~5% yang ditunjukkan dari besarnya Adjusted R2 (koefisien determinasi yang sudah dleesuaikan) sebesar O.515~ dan terbukti aignifikan pada taraf eignifikan 5% dan dk= 29, di mana F-hitung > F-tabe1, yaitu 12,307 > 2~92~ adapun aisanya aebeear 48,5 % dipengaruhi oleh variabel lain di Iuar penelitian ini. Berdaaarkan hasil penelitian dan keaimpulan yang d!peroleh dar! penelltlan, dapat dlejukan earan-saran Bebaga! berikut: 1. Promosi yang mempunyal ~ns:aruh paling besar terhadap 2. keputusan taB dan ha.en "\h"gal) produko Q 'hO'n khueUB melaproduk 10Y'a11- yang menar!k tepa.t konaumen h~~~~~~~~~'nl!aIO~~ 3. Produk j Ug,v ee;'bi! ~ keputuean terhadap itu agar eemakin meningkatkan keputusan pembelian koneumen kualltas ketebalan, kekuatan maupun cetakannya perlu dltlngkatkan agar semakln memenuhi pereyaratan teknie yang dlpea6n konsumen. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan kemampuan teknie karyawan dalam mengoperaelkan peralatan/ mesin serta meningkatkan kesejahteraan wan sehingga merangsang karyawan untuk bekerja produktif. karyalebih 4. Kengingat 48.5 X keputusan pembelian juga dipengaruhi oleh variabel lain, maka perusahaan perlu memperhatikannya untuk semakin menarik per hat ian konsumen untuk membeli karton box. di antaranya adalah dengan "l1eD-" perbaiki sistem distrubisi. pelayanan, maupun sistem penagihan/ perllsahaan usaha ini. pembayaran dari konsumen agar cashflow tetap berjalan lancar untuk memblayai

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology > Decision Making
> 650 Management > 658 Management > Production Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 12 May 2016 01:29
Last Modified: 12 May 2016 01:29
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9171

Actions (login required)

View Item View Item