ANALISIS TRATEGI PEMASARAN PRODUK LA LIGHTS DITINJAU DENGAN ANALISIS SWOT PADA PT. DJARUM PERWAKILAN SEMARANG

PURYANTO, HENRY (1997) ANALISIS TRATEGI PEMASARAN PRODUK LA LIGHTS DITINJAU DENGAN ANALISIS SWOT PADA PT. DJARUM PERWAKILAN SEMARANG. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
92.30.1208 Henry Puryanto COVER.pdf

Download (198kB)
[img] Text (BAB I)
92.30.1208 Henry Puryanto BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1208 Henry Puryanto BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1208 Henry Puryanto BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1208 Henry Puryanto BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] Text (BAB V)
92.30.1208 Henry Puryanto BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
92.30.1208 Henry Puryanto DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (39kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
92.30.1208 Henry Puryanto LAMPIRAN.pdf

Download (78kB)

Abstract

St.rategl merupakan hal penting yang harus digunakan oleh perusahaan agar perusahaan dapat bertahan di lingkungannya at au bahkan dapat meningka'tkan penjualannya. Helalui peninekatan volume penjualan produknya . perus ahaan mempunyai kemungkinan untuk meningkatkan laba. Untuk merea11668111:: an tu,juan tersebut. diperlukan ke mampuan unt\lY.: mengelola perusahaan sebagai Buatu sistem yans terdiri dari produksi, pemasaran. keuangan. peraona!ia dan umUffi. 51st.em itu saling keit mengkait. Suh s i s tem pemasaran sehagai salah satu fungsi perllsahaan me nyai peranan penting. karena tidak satupun ~6 aan yang dapat bertahan, bilamana ahaan t tidak mampu memasarkan b ng dan jasa yang dihasl1kannya. Produk ber ra ~nt~ng dal~m menent n keberhasilan p~ahaan d~~ i~asi pers ' ngan yang tajam. ~ lap per GSahaan oe~u saha nghasilkan produk ya IS l eb'Ii baik darJ. pesa1.ngrrya. J?e dasarka latar l akang penel n di ata3 ~ mak~ ¥nUliS menc~ba engana~is!s ategi pemas n pr tluk LA LImIT di PT. D arum erwakiIan Saran yang mJmasarkan pro Uk rsebut. Adapun \mtu~ memperl1 as ',i,ar,alah pe elit~ n ini, maka null meneta~an tuJuan da i pe el itian eebeg bari ut,' : .".-- I - !Jnt i\ mengetahu1 pe l ue nll pemasVan LIGHT ! J ~ Un tul \mengee~ui 9~~ pem saran bag1 0 uk LA 'l.{GHTs;-ll;rl:aln eningka1> lannya. ~ ~ duk LA g tepat n penjua- Jenis elitian yang dilakukaq dalah atudi kaaus pada . 0 rum Perwa~1l~ S~~ ,ra~g: Sedangkan metode p m o<an data pene"'i~an 1n1 adalah 1. Observas! yai tu - emperoleh gambaran. pengertian dan hal-hal lain yang diobeervaai. Tehnlk observas! yang digunakan adalah secara langsung yaitu dengan mengadakan pengamatan langsung terhadap objek penelitian eecara langsung dl lapangan. Disini penults mendatangi PT. Djarum Perwakilan Semarang untuk memperoleh gambaran mengenai obyek yang dlteliti. 2. Wawancara yaitu dengan jalen melakukan tanya jawab seplhak yang dikerjakan berlandaekan pada tujuan penelitian. Wawancara ini penulis lakukan dengan melakukan tanya jawab kepada manajer pemaearan dengan dibantu ataf bag ian pemaearan Berta membagikan kuesioner, untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan densan pemas aran. Adapun metode analisd data yang dipergunakan dalam penelltian ini adalah anal isis SWOT fungsional. yait.u data dan info yang dianalisls be rasal dari suatu bidang kegiatan tertentu atau unit ke rja tertentu dalam hal in1 ada lah pemasaran. Untuk dapat melihat kekuatan-kekuatan atau kelemahan- kelemahan terhadap pemasaran digunakan ana11- sis SWOT dengan penilaian keada an, yaitu penetapan kekuatan dan kelemahan bidang pemasaran. Secara ringkas hasi 1 peneli tian anal1e1::;. strategi pemaearan 'Produk LA adalah sebagai berikut : tentang LIGHTS 1. Peluang Pemasaran Produk LA LIGHTS yaitu : 6. Rokok LA LIGHTS memiliki peluang yang cukup besar untuk merebut angsa pasar rokok rendah t ar dan nikoti~Yl l at dari promosi yang dilakukan. ~~::~~--' b . Adanya cit ~5a yang lebih khae dari LA LIGHTS menjadik rokok ini berbeda de rokok n i3. s ina~ bagn a ~minati oleh menny I c . Pen~ ~lan LIGHTS yang ~akai ya~ berb a dengaft roduk r~kok ba kon umenny~ d~ana ap pro~uk be kelas. d . Da 'ah:d i'ten Masill ba y~k di ~uki okok J n i . 2 . R rate.! ema~r. an yang pe sahaa yaitu : a . Pa N: sas ran dimana untuk talul. awal , out EJ:t yan$ d ipaSo.k adal ah out'let-O\ sejekonsulain b e lum oleh yang dis Lut'- nlemang ada/ lrebdtuhan. b. Pene"1"\\..an 'PO S~6i~ dUl! Es,lam 1?8: r dimana prod~ · i memT1~· -~ma an dan c~ara6a khas yang bel' ada d eng~n Pfoquk sejan lainnya. c . Pemasanga ~n_di media maS8S n elektronik. d. D istribus~~an~lakuk~~lut agen-pedagang besar-pengecer-K:~ e. Salesman yang dapat- memlOerikan informasi kepada konsumen dan perusahaan . f. Promosi penjualan dengan memberikan eampel tempat keramaian seperti bioskop, mal, bandera untuk mencoba LA LIGHTS. di dan g. Informasi pasar dengan memperbanyak dan mempererst hubungan kekerabatan dengan para konsumen Bupaya dapat memperoleh informaei yang dibutuhkan serta mempererat hubungan dengan pihak supplier guna memperoleh informasi tentang pengembangan pasar. Hasil pelaksanaan rumusan Strategi Pemasaran yang dllakukan perusahaan menjadi: J3.. Pasat' sasar-an dimana sampai saat in1 outletoutlet yang telah dimasuki hampir di semua wilayah kabu~aten. b. Penentuan Posis! P~oduk dalam produk in1 telah disukal oleh karene dinilai memiliki cltarasa dari produk sejenis lalnnya. paaar dimana konsumennya yang lebih c. Pemasangan iklan yang dilakukan melalui Televis l dan media massa sepert i koran serta majalah_ d. Distribusi dilakukan melalui agen dan di berbasai deer-ah. Dilakukan juga Agen tunggal dan Sub Agen . suppller pemblnaan e. Peran salesman 5e18ma inl cukup baik karena mereka mendapat pengawasan langaung dari kepala Team. sampel di menyebabkan LIGHTS dan f. Pramosi penjualan~eQ n pemberlan t empat-temps;! eramaian . a~~~ banyak konsumen yang mengen~l~ i ogin m~~ -banya. g. I nform ~ dlmana m uk -masu~an ya g diterima dari P: Fa K.ons,!J8'Ien dan eu p Uer" sarlg] t berguna bagi erusah9sn dalam pengem"b ngan p ar. 11 ihat S-"rategi pjf!earan yang tel dilakukan fusahap:n. malta S ategi Pemf.\saran 81'sebut saat '\.nl lendekat l rategi Ma ket ol lower (Strat egi _ P ngik.ut sarl. Hal i · b~l asarkan cir1nyt yait! : . , - Men a m I nonjol~an c~ri.J haspya kepa a pasar sas an . - Men.' ~uaik ~ (Uri dengan atrategi' n pasar dan nantang pasar den,gan t-1dak melakukan tind n ta ~nga9' an , tetapi ~en~a untuk tumbu dengen menari sepagian deri onsumenkonsume ru a~ - au~memb~i kepa ya .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Marketing Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 12 May 2016 01:30
Last Modified: 12 May 2016 01:30
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9164

Actions (login required)

View Item View Item