ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PENYUSUNAN STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK BARU STUDI KASUS PADA PT. CALISTAPRIMA PIRANTIINDAH CLASSIC FURNITURE

SUBAGYO, YOHANES AGUS (1997) ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PENYUSUNAN STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK BARU STUDI KASUS PADA PT. CALISTAPRIMA PIRANTIINDAH CLASSIC FURNITURE. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
92.30.1202 Yohanes Agus Subagyo COVER.pdf

Download (247kB)
[img] Text (BAB I)
92.30.1202 Yohanes Agus Subagyo BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1202 Yohanes Agus Subagyo BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1202 Yohanes Agus Subagyo BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1202 Yohanes Agus Subagyo BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img] Text (BAB V)
92.30.1202 Yohanes Agus Subagyo BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
92.30.1202 Yohanes Agus Subagyo DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (46kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
92.30.1202 Yohanes Agus Subagyo LAMPIRAN.pdf

Download (344kB)

Abstract

Persaingan dalam dunia bisnis yang semakin tajam menuntut kemampuan bersa1ng dari setiap perusahaan yang a da untuk merebutkan peluang-peluang pasar yang tersedia ag~r dapat tetap terjaga kelangsungan hidup perusahaan. Hal ini menuntut perusahaan harus selalu mengantlsipasi salera konsurnen yang terus berubah. Untuk ltu perusahaan harus melakukan pengembangan produk agar produk sesual dengan keingina~k:;:a sehingga produk akan me nang bersa i ng dalam ,r;"aS any: yang mempengaruhi perusahaan d,~~'mela~~kpn pe.ngembanE~ produk. oleh sebab it.u pe~us It'a.an Pp u empe.~p~~n '\ trategl dengan perencanaa ~enyuyunan yang t~::~:~eh1ng akan berhasil dalam n~ .. sarka~ produ ny · 1l?asaran . __ ~ M~ a :... p ntingnya ~~P , k s t rates\ penge ibangan produk baru ba~ sua u pe}UM~an maka pemllis :\asa tertarik melakUk~{1 pen li Man unt.ul,- mendapatk n gam &ran mengenai rencana l \penyu 'nan atra'beg1 pengembanga baru. J untUk ~' pe ulis m~Qkan ~e neli pada PT. Calistapr a Piran~~aa~}~1flan Pawon Timur VII/20 Panja g n Rtr. ~~ Semar Perusahaan ini memproduksi ba~g-b~~:~~UT ' g berbentuk klasik. Dalam 5 r~P9i~~s menc oba menganalisis ten tang faktor-faktor 11ngkungan intern dan lingkungan ekstern yang ~kan mempengaruhi suatu strategi pengembangan produk baru. Adapun tujuan dari penulisan skripsi in1 adalah untuk mengetahui gambaran yang jelas mengenai faktor-faktor lingkungan intern yang akan kekuatan atau kelemahan dan faktor-faktor merupakan lingkungan akstern yang akan merupakan kesempatan at au tantangan yang mempengaruhi perusahaan dalam menyusun strategi pengelllba.nga.n produk baru. Untuk dapat menganalisis suatu perusahaan tentu saja harus banyak mengetahui ten tang keada.sn perusahaan yang akan dianalisis, terutama berkaitan dengan anal isis data yang akan dilakukan. Dalam hal ini analisis data yang dilakukan bersandar pada kondisi lingkungan ekstern dan lingkungan intern PT. Calistaprima Pirantiindah. Alat analisis yang digunakan adalah anal isis SWOT ( Strenghts, Weakn.ss. Opportunity. ~). Data yang digunakan .dalah data ~ .~ oa~at sO Kuntl • sedangkan prosedur pengu mpula~Il :::a di p erole ~ me lal awancara, melihat dokumen dtJ1 engadakan-pengamat~ . \, ~" ... latu:an pengemb;;'ltg an. ~ duk baru PT. Calist ~Tlm. p·Arantiinda i dOrOng~ le~ a kein .. inan perus a~ n ~ n uk memper ~ a . pasar da1 kei perusahaan untuk m ingk tkan aba D ~sa.pi ng itr ju faktor ekstern yaitu ~makin meni~g~atbya pe 8aingan did pasar dan konsum yan~ s e akjn se lektif se t~ adan ilmu penge ta~· da~kn~to~edangkan or-faktor yang menghamba ~usahaau-a~1a~1~Ukan embangan produk antar a la~.~\ ~urang~ya gagasan proses pengembangan ro b~u ~an~ta~ ya modal . Dari hasil pen~~~nunjukkan bahwa mayoritas penilaian keadaan pemasaran mendekati nilai B yaitu sebesar 3,85. Hal ini men~njukkan bahwa keadaan pemasaran PT.Calistaprima Pirantiindah kuat. terbukti bahwa daerah pemassran PT. Calistaprima Pirantiindah cukup luas, kualitas produk dan layanan yang sudah dikenal baik di pasar, tenaga penjualan yang berpengalaman, pemasaran yang cepat dan kemampuan perencanaan inforllasi pemasaran yang baik. Keadaan ini merupakan kekuatan bagi PT. Calistaprima Pirantiindah. Mayoritas penilaian keadaan kegiatan produk sebesar 3,5. Ini menunjukkan bahwa keadaan kegiatan produksi perusahaan kuat. Hal ini merupakan keku·atan bagi perusahaan. Disa~ping itu mayoritas penilaian keadaan produk sebesar 3,75, ini juga merupakan kekuatan bagi perusahaan. Faktor-faktor intern lainnya yaitu faktor keuangan, faktor manajemen, faktor sumber daya manusia dan faktor riset and developmen. hasil dari penilaian keadaan te rsebut , menunjukkan adaan bidang-bidang tersebut hanya dalam keadaa~8.i; a~t:l.i: "nd i n.(kan dengan para pesaing. Jadi bel ~~upakan kekuatan d~\& industri namun juga - . tidak ~ rupakan kele~aha~repa un ~ k saat sekarang ioi pada k ' titayCct:kSi sepert~p'a da ~t i ni masih eukup a~pat I' d~ter i. t ~u di aogsu g~~ karena tidak ~ik~n masalah baa perusahaa . ~ ~~ . r:r4 inikungan met; nj Ukkan faktor ngan s os.i &l e k-o..n,o,m.-i .¥ anl cU2Pb a d engan rata-rata . mayo ' ~ a s S bes at 3.69. Hal ni pakan kesempatan bagi erusahaan-: DtsalllPing i tu t-a tor konsumen juga enunjuk . ,t~~~ ~s(men ~e< . adap produk eukup ba ik. uk't~ has 1 lf~¥.:e'rltas p riG alan sebesar 3~67. Faktor 3, 75, Inemberikan kungan p,emasok ...;::ta,:t ta pen ilaian sebesar .tIg~~~ a-tiRa lingkungan pellasok peluan~ a ~ukup kuat bag i perusahaan. SebaIiknya penilaian lingkungan pesaing menunjukkan nilai sebesar 2 . 75. ini berarti lin~kungan pesaing ~erupakan anea~an bagi perusahaan. Dldalam faktor lingkungan lainnya yaitu faktor lingkungan teknologi dan faktor lingkungan pem~rintah bersifat netral berarti tidak memberikan pengaruh yang berarti bagi perusahaan. Dari profil kese~patan dan aneaman Iingkungan dipadukan dengan profil keunggulan strategis dapat ketahui gallbaran situasi strategis atau ix yang di posisi PT. Calistaprima Pirantiindah, posisi tersebut menunjukkan bahwa perusahaan mengalami tantangan yaitu dari pesaing yang bobotnya tidak begitu besar namun memiliki dampak cukup besar. tetapi dilain pihak memiliki kekuatan p~masaran yang kuat, kegiatan produksi dan produk yang cukup kuat, disamping juga adanY8 kesempatan atau peluang keadaan konsumen dan pemasok yang cukup kuat. PT. Calistaprima Pirantiindah mempunyai kelemahan yang perlu diatasi dan mendapat tantangan dari pesaing, namun dengan kondisi kek an perusahaan yang cukup dan adanva pe~~~y~ kuat besar membuat PT. C~lis taprima antiindqh ma~pu usahanya. prose~ pengembangsn duk dilakukan PT. Calistapr Pirtr~dah adalah 1. Pe an 1 e. 2 . be ale6 an d pimpinan karyawan lain ua peru s ahaan ~a1t u p nyalu dan pesaing. ingan ide. .. J vani munt:~berBa dalam rapat pimpin ~n staff. ~ 3. Pengembanga , dan p~ngujian konsep. ~~ Ide yang te ~Pilib dik~arl§ selanjutnya bagian produksi m nguba ~P~k menjadl produk yang nyata. 4. Pengembangan strategi pemasaran. Produk baru perusahaan akan dljual pada pasar yang sudah dikuasai dengan saluran distribusi yang sudah ada. 5. Analisa bisnis. Perusahaan pengembangan melakukan produk anal isis tersebut mendatangankan keuntungan. x bienis. perlu dan Apakah dapat 6. Pengembangan produk. Dari anal isis bisnis produk yang dinyatakan layak untuk dikembangkan, maka dibagian produksi produk tersebut di]{embangkan. 7. Pengujian pasar. PT. Calistaprima Pirantiindah tidak melakukan pengujian pasar. 8. Komersialisasi. Produk baru yang sukses dipasaran dan banyak diminati konsumen akan diproduksi lebih besar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Production Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 12 May 2016 01:31
Last Modified: 12 May 2016 01:31
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9163

Actions (login required)

View Item View Item