ANALISIS STRATEGI USAHA JASA WARTEL ROMA SEMARANG DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN

SULISTIYONO, ANDRE (2002) ANALISIS STRATEGI USAHA JASA WARTEL ROMA SEMARANG DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN. Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
98.30.3510 Andre Sulistiyono.COVER.pdf

Download (173kB)
[img] Text (BAB I)
98.30.3510 Andre Sulistiyono.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text (BAB II (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3510 Andre Sulistiyono.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text (BAB III (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3510 Andre Sulistiyono.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text (BAB IV (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3510 Andre Sulistiyono.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text (BAB V)
98.30.3510 Andre Sulistiyono.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
98.30.3510 Andre Sulistiyono.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
98.30.3510 Andre Sulistiyono.LAMPIRAN.pdf

Download (470kB)

Abstract

ABSTRAK OaJum rangka mcningkatkan dan mcmpcriu3s pcnyeienggaraan jasa telekomunikasi lIntuk memenuhi kebutuhan masyarakat. roaka pcmerinlah melalui Departeln~n Pariwisata, Pas dan Telekomunikasi memberikl.ln kcsempatan kepada badan lain atau masyarakat untuk berperan scrta dan berpartisipasi dalam penyelenggaraan "Warung Telekomunikasi" (Wartel)" Hal lersebut dilaksanakan dengan memberikan kemudahan~kemudahan dalam memberikan perijinan untuk pendiTian WarteL Hal tersebut jugalah yang mendorong munculnya usaha di bjdang jass tclekcmunikasi, yaitu dengan berdirinya WarteJ, yang memberikan jass pelayanan komunikasi dengan rnelalui telepon, balk uotuk digunakan untuk berkomunika,i dalam kota (lokal). anlar kOla (interlokal) dan anlar negara (imernasional). Usaha ini memberikan prospek dan keuntungan yang bark, baik bagi para pemHiknya atau pengeJolanya, sehingga banyak orang yang benninat untuk mencoba membllka usaha yang serupa, Berdasar pertimbangan tersebut membuat jumlah Wartel terus bertarobah dari tahun ke tahun" Pemyal.an ini bisa dilihat dati perkembangan jumlah Wartel yang ada. khususnya di Semarang" Pada tahun 1997 jumlah Wartel yang beroperasi di Semarang sebanyak 153 unit. kemudian pada tahun 1998 me!~adi 207 unit, tahun 1999 sebanyak 324 unit dan tahun 2000 sebanyak 447" (Sumber: Kandalel Semarang, taIlun 200 n Dari gamba,..n lersebul dapat dilihal adanya peningkatanjUlnJah yang tinggi dari Wartel yang beroperasl dt Semarang. Dengan semakin berkembangnya usaha Wartel lui. maka persaingan antar Wartel alam tak terelakkan. mereka akan berusaha untuk saling memperebutkan pelanggan utuu konsurnen yang ada. Tcrlebih Jagi dengan dikarenakan lokasi usaha yang sallng berdekatan yang akan menirnbulkan persaingan yang semakin ketaL Disamping itu pada tahun 1995 muncul usaha telekomunikasi lain yang seJenis, yang lcbih kccil daripada Wartel. yaitu "Kios Telepon" (Kioslel) atau disebut juga "Telepon Umum Tunggu" (TUT). Meskipun pesaing itu hanya mampu malayan; pelanggan untuk telepon sambungan lokal dan interlokal saja, kehadiran usaha tersebul juga haru, diperhitungkan dan diperhatikan karen. dapal merebut para pelanggan Wartel yang telab ada" Sehubungan dengan ijin pendirian yang tidak begitu suli~ kebutuhan modal usaha yang juga tidak begitu be,ar dan didukung dengan keuntungan yang menarik bag! para pemiliknya atau pcngelolanya, pertumbuhan Kiostel ini lebih cepat jika dibandingl<an dengan perturnbuhan WarteL Sekarang ini kila dapat melihal bahw. Kinslel yang telah ada I<bih banyak dibandingkan dengan jumlab Wartel. terutarna di daerah perumahan atau perkampungan. Strategi pemasaran yang ada pada Wartel merupakan suatu strategi pemasaran jasa yang didalamnya mencakup strategi pemasaran ekstemal (penyediaan produk, penentuan lokasi dan promosi), strategi pemasaran internal (pelatihan dan motivasi karyawah) dan strategi pemasaran interaktif (kemampuan karyawan untuk melayanikonsumen). Strategi pemasaran yang tepat pada WarteI dapat dilihat dari banyaknya peJanggan yang ada dan yang menggunakan jasa yang djtawarkan tersebuL Tujuan yang ingjn diperoleh dari penelitian mt adalah untuk mengetahui kekuatan~ kelemahan. peluang, dan aneaman yang dihadapi Wane!, sehmgga dapat dirurnuskan stfalegi yang baik. Metode analisis yang digunakan adalah Matrik SWOT dan Matrik Internal Ekstemal, Dimana analisis matrik SWOT didasarkan untuk memaksimalkan kekuatan dan peluang namun St..~ara bersama-sama meminimalkan keJemahan dan aneaman. YaitLl dengan rnenentukan matrik internal serta matrik ekstemaL Dan kedua matrik tersebut dapat diketahui kekuatan, kelemahan, pcluang, dan aneaman. Dar! hasil tersebut dapat dimasukkan dal.", sebuah Matrik SWOT yang dapat menghasilkan 4 (empat) .hernatif str.teg' uotuk analisis SWOT Berdasarkan Matrik SWOT sebaiknya Wartel ROMA menggunakan altematif srrategi WO (Weakness ~ Opportunities), yaitu dengan melakukan beberapa tindakan yaitu menambah jam pelayanan, dan meletakkan papan reklame di tempa! yang strategis dan mudah dilihat dan dcngan sccara bersamaan didukung dengan strategi WT (Weakness ~ Threats), yaitu dengan melakukan pemeliharaan dan perawatan keadaan tisik pesawat telepon supaya pada waktu digunakan tidak ada gangguan dan meningkatkan peJayanan karyawan yang ramah, sehingga dapa! rnernbuat kesan yang berbeda diband,ng dengan Wartel pesaing. Sedangkan unluk analisis Matrik Internal Eksternal digunakan untuk memperoleh strategi bisnis di tingkat korporat yang lebih detail~ yaitu ditentukan dan total skor pembobotan internal perusahaan dan total skor pembobotan eksternal perusahaan. Setelah dimasukkan ke dalam Matrik Internal Ekstemal dapat dilihat bahwa perusahaan berada pada posisi pertumbuhan konsentrasi melalui integrasl horizontal dan strategi stabilitas. Sehingga yang dapat dilakukan nleh Wane! ROMA adalah menarnbah jam pelayanan alau jam buka Wartel dan meningkatkan pelayanan yang dilakukan karyawan, sehingga membuat para pengguna jasa merasa scnang dan puns dan akan kembali lagi mcnggunakanjasa di Wartel ROMA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > Business Performance > Business plan
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 04 May 2016 03:59
Last Modified: 04 May 2016 03:59
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9023

Actions (login required)

View Item View Item