ANALISIS LAYOUT RITEL PADA TOKO KELONTONG ANUGERAH JAYA SAKTI

HARYONO, DONNY (2010) ANALISIS LAYOUT RITEL PADA TOKO KELONTONG ANUGERAH JAYA SAKTI. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
06.30.0037 Donny Haryono COVER.pdf

Download (147kB)
[img] Text (BAB I)
06.30.0037 Donny Haryono BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.30.0037 Donny Haryono BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.30.0037 Donny Haryono BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.30.0037 Donny Haryono BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text (BAB V)
06.30.0037 Donny Haryono BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
06.30.0037 Donny Haryono DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (74kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
06.30.0037 Donny Haryono LAMPIRAN.pdf

Download (42kB)

Abstract

Pertumbuhan bisnis retail di Indonesia saat ini semakin pesat, hal ini dapat dilihat dari banyaknya perusahaan retail modern yang tumbuh pesat dalam mengelola pusat perbelanjaan. Tata letak (Layout) merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan jumlah konsumen sebuah toko retail. Dengan meningkatnya jumlah konsumen maka tingkat pembelian akan meningkat pula. Penelitian ini akan memfokuskan pada layout ritel pada Toko Anugerah Jaya Sakti. Toko Anugerah Jaya Sakti merupakan toko yang menjual beraneka macam barang yang menjadi kebutuhan sehari-hari, seperti makanan, minuman, rokok, perlengkapan rumah tangga, aneka bahan masakan. Layout pada Toko Anugerah Jaya Sakti ini tergolong ke dalam jenis layout retail, yang setiap produk yang ada dikelompokkan berdasarkan fungsi dan jenisnya. Relayout hanya dilakukan pada bagian rak dan penyusunan barang agar dapat memaksimalkan tempat yang ada. Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan luas toko dan jumlah rak dan etalase yang ada. Layout penaatan barang dan rak pada toko Anugerah Jaya Sakti masih kurang efektif dan strategis dikarenakan penataannya masih seadanya saja dan terkesan penuh padahal masih banyak ruang kosong yang masih bisa dimanfaatkan lagi. Berdasarkan latar belakang di atas, dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut : Bagaimanakah layout ritel yang optimal pada Toko Anugerah Jaya Sakti? Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui layout ritel yang optimal pada Toko Anugerah Jaya Sakti. Dalam penelitian ini, obyek yang diteliti adalah Toko Anugerah Jaya Sakti yang berlokasi di Majapahit No. 343A, Semarang. Alasan digunakannya toko ini sebagai obyek penelitian adalah : karena layout yang ada belum optimal sehingga dibutuhkan relayout tata letak toko agar proses transaksi lebih efisien. Selain itu pada toko ini belum pernah dilakukan penelitian dengan topik yang sama. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Data Primer dan Data Sekunder. Data-data yang diperoleh dalam penelitian menggunakan cara yaitu : Observasi, Kuesioner, Wawancara, Dokumentasi Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu dengan membahas temuan di lapangan menggunakan bahasa verbal dan bukan angka. Metode yang akan dipakai untuk menghasilkan tata letak yang optimal pada penelitian ini menggunakan analisis layout ritel dan analisis kualitatif. Berdasarkan pada uraian dan pembahasan pada bagian sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Dengan menggunakan analisis waktu, layout alternatif 1 merupakan layout alternatif yang paling efisien. Pada alternatif layout ini diketahui bahwa waktu total yang dibutuhkan oleh karyawan dalam melayani konsumennya adalah 2,52 menit dan ini lebih optimal daripada layout awalnya dan alternatif layout yang kedua yaitu 3,45 menit dan 3,01 menit. Maka dapat dikatakan bahwa layout alternatif 1 ini memenuhi kriteria layout yang lebih baik dan lebih optimal daripada layout awal Toko Anugerah Jaya Sakti. Dengan menggunakan layout alternatif ini, waktu tempuh dalam pengambilan barang yang dapat dihemat yaitu sebesar 1540 detik dari layout awalnya. Pada layout alternatif 1, karyawan beserta pemilik toko dibagi menjadi 3 bagian, dua karyawan berada di sisi kanan dan sisi kiri toko, kemudian pemilik toko berada di bagian belakang yang dekat dengan meja kasir. Ketika karyawan ingin memberi kembalian harus melalui pemilik toko terlebih dahulu. (2) Dengan menggunakan analisis kualitatif diperoleh hasil bahwa: (a) Ditinjau dari kenyamanannya, yang meliputi komunikasi dengan karyawan, karyawan dapat mengambil barang dengan cepat, waktu menunggu uang kembalian dan karyawan dapat memberikan informasi dengan baik dan benar, untuk layout alternatif pertama ini lebih baik daripada layout lainnya. (b) Ditinjau dari penyusunan rak secara rapi dan menarik, yang meliputi rak menarik untuk dilihat, produk yang sering laku diletakkan di depan dan penataan rak sudah sesuai, untuk layout alternatif pertama lebih baik daripada layout lainnya. (c) Ditinjau dari kesesuaian layout dengan kebutuhan konsumen, yang meliputi kemudahan melihat produk yang dilihat, kelengkapan produk dan masukan bagi pihak toko, layout alternatif pertama adalah yang terbaik. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, maka peneliti dapat memberikan saran kepada pihak toko yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan apabila pihak toko ingin melakukan relayout pada layout yang sedang digunakan oleh Toko Kelontong Anugerah Jaya Sakti saat ini. Berikut beberapa saran peneliti untuk Toko Anugerah Jaya Sakti bila ingin melakukan relayout guna mencapai efisiensi waktu serta memperlancar proses produksi,yaitu: (1) Sebaiknya Toko Anugerah Jaya Sakti melakukan perubahan susunan rak dan produk yang ada. Produk yang baru dan sering laku ditempatkan paling depan agar mudah dilihat oleh konsumen, serta mudah dalam pengambilannya. (2) Disarankan Toko Anugerah Jaya Sakti untuk menggunakan layout alternatif yang pertama sebagai pilihan dalam melakukan relayout, karena menurut penelitian peneliti layout alternatif pertama yang paling efisien. Dengan adanya relayout tersebut, maka Toko Kelontong Anugerah Jaya Sakti hendaknya melakukan evaluasi layout secara periodik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 659 Advertising and public relations
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 02 May 2016 06:13
Last Modified: 02 May 2016 06:13
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/8684

Actions (login required)

View Item View Item