KAJIAN ANTROPOGENIK TERHADAP PEMAHAMAN, PERSEPSI, DAN PERILAKU KONSUMSI TEH KONSUMEN MUDA DI TEGAL

WIRAWAN, YOSHUA ARIES (2011) KAJIAN ANTROPOGENIK TERHADAP PEMAHAMAN, PERSEPSI, DAN PERILAKU KONSUMSI TEH KONSUMEN MUDA DI TEGAL. Other thesis, Prodi Teknologi Pertanian Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
06.70.0130 Yoshua Aries W COVER.pdf

Download (285kB)
[img] Text (BAB I)
06.70.0130 Yoshua Aries W BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.70.0130 Yoshua Aries W BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.70.0130 Yoshua Aries W BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.70.0130 Yoshua Aries W BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (BAB V)
06.70.0130 Yoshua Aries W BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
06.70.0130 Yoshua Aries W DAPUS.pdf

Download (82kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
06.70.0130 Yoshua Aries W LAMPIRAN.pdf

Download (260kB)

Abstract

Teh merupakan salah satu jenis tanaman yang dimanfaatkan daunnya sebagai bahan baku minuman. Minuman dipercaya oleh masyarakat antara lain, memelihara kondisi tubuh tetap fit, melawan radikal bebas, menurunkan lemak, dan sebagainya. Di wilayah Slawi, Kabupaten Tegal, terdapat tradisi minum teh yang sangat kuat dan dikenal dengan sebutan “Moci”. Tradisi ini dilakukan dengan cara daun teh hitam diseduh dalam poci tanah liat dan dicampur dengan gula batu. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman, persepsi, perilaku, dan faktor-faktor dalam mengkonsumsi produk teh di kalangan konsumen muda, khususnya remaja. Responden dalam penelitian ini adalah siswa SD, SMP, dan SMA di Kota Tegal. Penentuan jumlah sampel ditentukan berdasarkan hasil survei pendahuluan dan dihitung menggunakan prosedur Altman, et al. Pada survei utama, disebarkan kuesioner kepada 300 responden. Dari jumlah tersebut, lembar kuesioner yang telah sudah diisi kemudian disortir dan dipisahkan apabila ada data yang rusak. Data dari lembar kuesioner ditabulasi dan dilakukan pengujian perbedaan dan hubungan. Pada pengujian perbedaan digunakan uji Kruskall-Wallis. Pada pengujian hubungan digunakan uji kedekatan (Kontingensi), uji ketergantungan (Kendall dan Lambda), uji kemiripan perubahan (Kendall), dan uji korelasi (Gamma). Hasil penelitian menunjukan tidak ada perbedaan pemahaman, persepsi, perilaku tradisi minum teh poci, dan pengetahuan produk teh lain antara responden yang berbeda jenis kelamin dan tingkat pendidikan (p>0,05). Pada uji hubungan tradisi minum teh poci, uang saku responden mempengaruhi secara nyata rekan minum teh poci, kualitas teh poci mempengaruhi secara nyata frekuensi minum teh poci, dan waktu minum ikut mempengaruhi secara nyata fungsi tradisi minum teh poci. Sedangkan, pada uji hubungan produk teh lain terdapat hubungan yang nyata antara sumber informasi dengan ketertarikan pada produk teh lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions & drives
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 22 Apr 2016 07:56
Last Modified: 22 Apr 2016 07:56
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/8632

Actions (login required)

View Item View Item