ARUNA, WIJANG (1998) EFISIENSI PELAYANAN PADA KONSUMEN HUBUNGANNYA DENGAN PANJANG ANTRIAN (study kasus pada apotek RSU Ungaran). Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Katolik Soegijapranata.
|
Text (COVER)
91.30.1123 Wijang Aruna COVER.pdf Download (155kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
91.30.1123 Wijang Aruna BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
||
Text (BAB II available document only in library of Soegijapranata Catholic University)
91.30.1123 Wijang Aruna BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
||
Text (BAB III available document only in library of Soegijapranata Catholic University)
91.30.1123 Wijang Aruna BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
Text (BAB IV available document only in library of Soegijapranata Catholic University)
91.30.1123 Wijang Aruna BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
||
Text (BAB V)
91.30.1123 Wijang Aruna BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
91.30.1123 Wijang Aruna DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
91.30.1123 Wijang Aruna LAMPIRAN.pdf Download (72kB) | Preview |
Abstract
Suatu pr-oses antr-ian adalah proses yang berhubungan dengan kedatangan seor-ang pelanggan pada suatu fasilitas pe1ayanan .• yang kemudiCl.n mem.tnggu da1am suatu bar-is ( antr-ian ) jika semua pelayanannya sibuk, dan akhir-nya meningga1kan fasilitas ter-sebut. Sebuah sistem antr-ian adalah 5uatu himpLlnan pelanggan, pelayan dan suatLI atur-an yang mengatur- k.edatangan pad a pelanggan dan pemr-osesan masa1ahnya. Demikian juga dengan yang ter-jadi di apotek RSU Ungar-an dimana tingkat kedatangan konsume tidak sebanding dengan tingkat pelayanan yang diber-ikan oleh pihak apotek RSU Ungar-an sehingga terjad i antr-ian yang panjang. Dalam hal ini ter-dapat alter-natif pemecahan masalah antrian ter-sebut yakn! ! - Menambah j uml ah fasi 1 i l .:.as pel ayan.an ( ~a~s~1~s""'{"""e'n apoteker- ). - l'1erubah str-ul-:.tu r;; a n trian yang ada. \.- I<edua .pemecatian masalah ter-sebut akan dianal i sis dengan anal isis teor-i antr-ian d·iman ~-b aLJ..lslah diper-hitunq l-:.an secar-a cermat agar- tir gkat pelayanan optimal yang diber-ikan\ o Qeh pihak apotek RSU Ungar-an benar- - benar- tercapai sehingga effisiensi biaya, waktLI dan tenaga. Untuk men am bah jum~h tenaga Rer-ja d an mel~uba h struktur antr-ian juga harus di perhitungkan biaya - biaya yang t imbL-f'i. dan kerugian - ker-ugi.~n ang akan dideri ta agar- ..tidak ter-jad i pemborosan.Penel{1iian in].! permasalahannya akan dibatasi hanya pad a r-esep rawat jalan, hal itu dikar-enakan untuk memuda hkan penel· . an juga. kar-ena resep r-awa t j alan mempu/ltyai kem ~ ngk inco. n untuK meninggalkan antrian apabj l a dir-asa antiannya. t:er-la lu panjang dan memilih mel1loeli dio apole v.. 1ai[1 yang pelayah annya lebih cepat meskipun dengan resiko har-ganya l ebih mahal. \ Set l~h dianalis~s denganm menqqunakan alat bantu a alisis teori antrt"i an maka dapa t disimpLIlkan - bahwa tingkat pelayanan yang diber-i kan olel""l aportek RSU Ungaran memang belum optimal. Na l! i tu dibLlktikan dengan perhitungan - per-hitungan yang hasilnya menunjLlkan bahw'l tingkat pelayanan yang diber-ikan belum sebanding dengan tingkat k edatangan. • untuk"' lingkat pelayanan saat i ni hanyal ah ~ kertas resep / jam dimana tingkat pelayanan yang optima l akan dapat dicapai apa·bi)a ker-tas resep yang di layani mencapai 11 ker. as resep / jam. Berdasarkan anal isis maka penentLlan j Llmlah asisten apoteker- yang optimal adalah sebanyak 4 or-ang kar-ena penentuan ju lah asisten apoteker ter-sebLlt t :"i'l ah diperh itungkan dengan wak tL t j...lnggu resep serta biaya ment:.lnggu dan biaya pelayanan. Alter-natif pemecahan yC!,ng lain~ dapat dilakukan dengan cara merubah str-uktur- antrian yang ada yakn ]::rdari Single Chanel Mul ti Phase menj ad i MLII ti Chanel Sing 1 e Phase. Merubah str-uk tur antrian dalam hal ini adalah mer-Llbah dar-i satu j alur- LlntLlk memasLlki sistem pelayanan dan satL! fasilitas pelayanan dimana ter-dapat lebih dari satu tahap - tahap pelayanan yang har-us dilalui dirubah menjadi lebih dari satu jalLlr LlntLlk memasLlki pe1ayanan yang ter-sedia. Di5ini konsLlmen akan mempLlnyai kebebasan untuk memilih jalur mana yang akan dipilh untuk menuju fasilitas pelayanan yang disukai.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 360 Social problems and social services > Social Problems > Social Interaction |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mr Lucius Oentoeng |
Date Deposited: | 22 Mar 2016 07:42 |
Last Modified: | 22 Mar 2016 07:42 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/8146 |
Actions (login required)
View Item |