ANALISIS PENGUKURAN KINERJA LEMBAGA PENDIDIKAN KATOLIK INDONESIA BERBASIS BALANCED SCORECARD (Studi Kasus SMPS Maniamas Ngabang)

SABEMAYONO, DOMINIKUS DEDY (2023) ANALISIS PENGUKURAN KINERJA LEMBAGA PENDIDIKAN KATOLIK INDONESIA BERBASIS BALANCED SCORECARD (Studi Kasus SMPS Maniamas Ngabang). Masters thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.D3.0004-DOMINIKUS DEDY SABEMAYONO-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
18.D3.0004-DOMINIKUS DEDY SABEMAYONO-BAB I_a.pdf

Download (287kB)
[img] Text
18.D3.0004-DOMINIKUS DEDY SABEMAYONO-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
18.D3.0004-DOMINIKUS DEDY SABEMAYONO-BAB III_a.pdf

Download (587kB)
[img] Text
18.D3.0004-DOMINIKUS DEDY SABEMAYONO-BAB IV_a.pdf

Download (910kB)
[img] Text
18.D3.0004-DOMINIKUS DEDY SABEMAYONO-BAB V_a.pdf

Download (196kB)
[img] Text
18.D3.0004-DOMINIKUS DEDY SABEMAYONO-DAPUS_a.pdf

Download (270kB)
[img] Text
18.D3.0004-DOMINIKUS DEDY SABEMAYONO-LAMP_a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tingkat ukuran kinerja suatu organisasi menggambarkan kualitas sistem manajerialnya. Untuk mengetahuinya, diperlukan alat ukur kinerja. Salah satunya adalah balanced scorecard. Dengan BSC, pengukuran kinerja dapat dilakukan secara lebih komprehensif, meliputi aspek keuangan dan non-keuangan, yang terintegrasi dalam keempat perspektif yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal dan pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian ini mencoba menggunakan BSC untuk menganalisis pengukuran kinerja Lembaga Pendidikan Katolik Indonesia. Sebagai sebuah studi kasus, objek penelitian ini adalah SMPS Maniamas Ngabang. Melalui analisis deskriptif-kualitatif, ditekankan dua aspek penting yang perlu diperhatikan dalam pengaplikasian BSC di Lembaga Pedidikan Katolik di Indonesia, yaitu spiritualitas dan kebangsaan. Berdasarkan analisis deskriptif-kuantitatif diketahui kinerja masing-masing perspektif yaitu: perspektif keuangan sangat baik, perspektif pelanggan cukup baik, perspektif proses bisnis internal cukup baik, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan baik. Maka, secara umum, SMPS Maniamas Ngabang berkinerja baik. Berdasarkan wawancara yang mendalam, diketahui juga bahwa aspek spiritualitas dan kebangsaan menjadi perhatian dalam seluruh sistem manajemen sekolah. SMPS Maniamas Ngabang, sebagai bagian dari Lembaga Pendidikan Katolik di Indonesia, telah mengupayakan agar nilai-nilai spiritulitas Kapusin dan kebangsaan dapat tumbuh dan berkembang dalam diri peserta didik. Upaya penanaman nilai-nilai tersebut terintegrasi cukup baik dalam keempat perspektif BSC.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Performance Appraisal
Divisions: Graduate Program in Management
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 12 Jun 2023 00:49
Last Modified: 12 Jun 2023 00:49
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31967

Actions (login required)

View Item View Item